5 Tips untuk Bantu Kamu Ambil Keputusan Penting dalam Hidup

portofolio

Hai Sobat ICampus! Setiap orang pasti punya saat-saat di mana ia harus membuat keputusan penting dalam hidup, baik yang berkaitan dengan pendidikan, pekerjaan, keluarga, hingga calon pasangan hidup.

Keputusan seperti itu terkadang membuat seseorang sulit menentukannya karena takut salah memilih. Nah, berikut adalah 5 tips yang bisa kamu lakukan ketika harus memutuskan hal penting dalam hidup. Check it out!

1. Cari semua informasi yang kamu butuhkan sebelum membuat keputusan

Tips pertama adalah mencari informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan. Keputusan yang akan kamu ambil bukanlah hal yang main-main. Jadi, kamu perlu meluangkan waktumu untuk mencari tahu lebih dalam lagi mengenai hal yang akan kamu pilih. Sehingga informasi tersebut dapat membantumu agar tidak ragu dalam memutuskan hal yang penting.

Baca Juga : Manfaat yang Kamu Dapat Saat Kuliah Sambil Bekerja di Layanan Publik

2. Kamu bisa meminta pendapat dari keluarga maupun teman terdekatmu

Jika kamu masih ragu, mintalah pendapat dari orang yang benar-benar memahami diri dan kepribadianmu, baik itu keluarga maupun teman terdekat. Siapa tahu mereka bisa memberikan saran dan masukan yang bisa membantumu memantapkan pilihan.

3. Cobalah meluangkan waktu untuk mendengarkan kata hatimu

Hati nurani merupakan anugerah Tuhan yang dimiliki setiap orang. Hati nurani bahkan bisa menyelamatkan seseorang dari pilihan yang tidak tepat. Cobalah meluangkan waktu untuk mendengarkan kata hatimu, karena kata hati cenderung bisa diandalkan bahkan ketika kamu berada dalam situasi yang membingungkan sekalipun. Jadi, jangan pernah anggap remeh kata hatimu, ya!

Baca Juga : Banyak Manfaatnya! 5 Keuntungan Jadi Anak yang Ambisius di Sekolah

4. Berdoa untuk meminta petunjuk

Tidak selamanya kita bisa mengandalkan kekuatan diri sendiri. Kita tetap membutuhkan pertolongan Tuhan untuk memutuskan hal penting dalam hidup.

Ketika kamu merasa dalam situasi yang buntu sekalipun, berdoa bisa menjadi cara untuk meminta petunjuk dari Tuhan. Dengan berdoa, kamu juga akan merasa lebih tenang dan tenteram, sehingga bisa membantumu mengambil keputusan dengan pikiran yang jernih.

5. Jangan khawatir dengan pilihanmu

Setelah semuanya kamu lakukan dan kamu sudah menentukan pilihan, tips selanjutnya adalah jangan khawatir. Perasaan khawatir hanya akan membuatmu tidak tenang dalam menjalaninya. Kamu harus tetap yakin pada pilihanmu. Tetap berdoa dan serahkan semua pada Tuhan.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa membantumu untuk memutuskan hal-hal penting dalam hidup. Jangan takut memutuskan sesuatu, karena sebingung apapun kamu dalam memilih, pada akhirnya kamu harus tetap mengambil keputusan. Intinya, jangan khawatir dan serahkan semuanya pada Tuhan. Selamat menentukan pilihan!

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar