5 Alasan Mengapa Kegagalan Itu Perlu Dirasakan Sebelum Raih Kesuksesan

pria-yang-miliki-anak-di-usia-muda-lebih-rentan-alami-depresi

Hai Sobat ICampus! Dalam meraih impian, semua orang pasti tidak asing dan merasakan sebuah kegagalan. Hal itu sangat lumrah terjadi karena inti dari sebuah kesuksesan adalah konsistensi dalam melakukan perjuangan.

Ketika kamu gagal pasti ada rasa sakit hati yang sungguh menyiksa serta menghantui batin yang biasanya menyebabkan dirimu menyerah. Hal itu merupakan kesalahan mutlak jika kita menyerah karena sebuah kegagalan.

Kalian sangat dianjurkan mencontoh semua orang sukses agar bisa sama merasakan keberhasilannya. Oleh karena itu, tetapkan bahwa tidak ada kata menyerah di dalam hidup. Kegagalan merupakan hal yang biasa terjadi. Kalau tidak percaya, simak pemaparannya berikut ini.

1. Paham susahnya perjuangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kegagalan merupakan langkah awal menuju kesuksesan. Kesuksesan yang dimaksud tidak melulu tentang hasil akhir yang didapat, melainkan seberapa kuat kamu berjuang sampai akhir.

Berjuang untuk menggapai mimpi sangatlah berat. Bayangkan saja ketika berjuang kamu tidak hanya membutuhkan stamina yang fit, melainkan hati yang tegar pula. Dalam memperjuangkan sesuatu kamu dituntut untuk tetap konsisten agar perjuanganmu itu bisa menemui hasil akhir yang diinginkan.

Dengan kegagalan maka kamu akan merasakan bagaimana sakit dan perihnya berjuang. Hal tersebut pasti akan memberimu sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.

Baca Juga : Manfaat yang Kamu Dapat Saat Kuliah Sambil Bekerja di Layanan Publik

2. Sukses tanpa gagal akan membuatmu tidak mendapatkan pelajaran hidup

Tidak artinya kesuksesan tanpa kegagalan. Sukses tanpa gagal itu bagaikan nasi goreng tanpa diberi bumbu apa-apa, hambar. Begitu pula kesuksesan, kegagalan akan sangat memberimu banyak pelajaran hidup yang berguna di masa depan.

Ketika kamu berhasil meraih kesuksesan, kamu dapat berbagi pengalaman yang telah kamu lalui semasa memperjuangkan tujuan hidupmu itu. Hal tersebut dapat membantu orang-orang yang hilang harapan karena gagal.

Motivasi-motivasi hidup pasti akan terbangun ketika orang telah mengalami sebuah kegagalan.

3. Perasaan bangga terhadap diri sendiri

Coba bayangkan ketika kamu berjuang sekuat tenaga, hati, perasaan, pikiran, semua kamu korbankan semata-mata hanya untuk meraih kesuksesan. Lalu dengan jerih payah yang kau lakukan tersebut menghasilkan sebuah kesuksesan yang tak ternilai.

Dalam dirimu pasti akan muncul sebuah perasaan bangga serta apresiasi terhadap diri sendiri yang mampu berjuang mati-matian dalam mendapatkannya. Pada saat itu, kamu pasti merasakan kenikmatan sukses yang sebenar-benarnya. Kenikmatan tersebut lebih mengarah pada kepuasan diri.

Baca Juga : Sebelum Ikut Tes IELTS, 5 Hal Ini Wajib Kamu Pahami!

4. Melatih mental tidak mudah menyerah

Dengan meraih sebuah kegagalan sebelum sukses, pasti kamu akan terlatih untuk tidak mudah menyerah. Hal itu pasti didapatkan karena dengan menyerah, kamu tidak akan mendapatkan apa-apa meskipun kamu sudah berjalan terlalu jauh.

Manusia yang bijak itu berani menyelesaikan apa yang telah mereka mulai. Ketika kamu berhenti di jalan, kamu tidak akan paham apa yang akan terjadi setelah kamu berjuang. Rasa penasaran tersebut akan menyelimutimu sepanjang hidup dan mungkin bisa menjadi beban pikiranmu.

5. Belajar untuk menghargai sesuatu

Ketika kamu meraih sebuah kesuksesan, pasti kamu akan menghargai setiap langkah yang kamu ambil menuju kesuksesan tersebut. Kamu akan tersadar bahwa memperjuangkan sesuatu itu bukan perkara yang mudah.

Kamu akan lebih menghargai hal-hal baru yang muncul dalam hidupmu. Meskipun hal itu menyakiti perasaanmu, ketika kamu telah merasakan sebuah kegagalan maka tidak ada kata “makan hati” yang akan terlintas dalam benakmu.

Itulah tadi kelima alasan mengapa kegagalan itu wajib dirasakan terlebih dahulu sebelum meraih kesuksesan. Jadikan kegagalan itu sebagai bumbu-bumbu yang memberi rasa pada hidupmu, jangan dijadikan beban.

Perasaan kecewa pasti ada, tetapi harus selalu ingat bahwa selalu ada pelangi setelah hujan badai. Tetap semangat ya!

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar