5 Tips Bangun Tidur Agar Tubuh Tetap Bugar Walau Ada Kuliah Pagi

1747384thinkstockphotos-495923566780x390

Hai Sobat ICampus! Siapa nih dari kalian yang susah bangun tidur di pagi hari yang ternyata juga ada kuliah pagi? bangun pagi menjadi tantangan terberatmu apalagi bertepatan dengan kelas jam 7. Rasanya hanya ingin rebahan di kasur dan melanjutkan mimpi saja. Sampai-sampai bunyi alarm yang sudah kamu atur tidak mempan membangunkanmu.

Kebiasaanmu yang satu ini jika kamu biarkan terus pasti akan merugikan, maka dari itu penting kiranya kamu biasakan perlahan-lahan agar bisa bangun tepat waktu walau ada kelas pagi. Nah, oleh karena itu agar kamu bisa bangun tepat waktu di saat ada kelas pagi, baca tipsnya di bawah ini.

1. Hindari begadang jika sudah tidak ada tugas yang harus di selesaikan

Tips pertama yaitu hindari untuk begadang jika sudah tidak ada tugas yang harus di selesaikan di malam hari. Walaupun ada anggapan ketika menjadi mahasiswa jam tidur kita akan terpotong untuk mengerjakan tugas kuliah, tapi kamu harus tetap peduli dengan kesehatanmu ya. Karena kita tahu bagaimana dampak negatif dari begadang itu sendiri yang dapat mengganggu kesehatan kita. Untuk itu ketika ada kelas jam 7 pagi pastikan malam harinya untuk tidak tidur larut malam dan sebisa mungkin hindari begadang.

Baca Juga : Mahasiswa Wajib Baca, Ini 5 Tips Hadapi Teman Kelompok yang Pemalas

2. Jauhkan gadget dari tempat tidur

Tips kedua yaitu saat tidur jauhkan gadget dari jangkauanmu. Menjauhkan gawai saat tidur akan membantu membuat tidur lebih nyenyak dan tidak menjadi gelisah. Selain menjauhkan gawai, mematikan lampu, televisi dan barang elektronik lainnya saat tidur akan membuat tidurmu lebih berkualitas. Tidur yang berkualitas di malam hari akan membuatmu bangun tepat waktu di pagi hari sehingga siap untuk menjalankan aktivitas termasuk kuliah pagi.

3. Sayangi tubuhmu dengan tidur 7-8 jam per-hari

Selanjutnya nih tips yang bisa kamu lakukan adalah tidur dengan rata-rata 7-8 jam per-hari. Waktu tersebut merupakan waktu ideal bagi orang dewasa untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan tidur yang berkualitas akan membuat badan lebih segar, lingkaran kantong mata bisa menghilang, dan pikiran akan lebih segar. Dengan tidur yang cukup akan membuatmu bangun pagi dengan mudah, sehingga tidak ada kata malas untuk kuliah pagi.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Keluar Zona Nyaman Bisa Bikin Hidupmu Lebih Baik 

4. Jangan makan berat sebelum tidur

Tips selanjutnya yaitu, sebelum tidur malam hindari untuk makan makanan berat. Makan berat sebelum tidur akan memiliki dampak negatif, mulai dari dampak kesehatan hingga dapat memicu insomnia. Di lain sisi tidur dalam keadaan lapar juga akan membuatmu lemas saat bangun. Sehingga pastikan sebelum tidur kamu dalam keadaan normal, serta hindari minuman yang mengandung kafein agar tidurmu berkualitas.

5. Letakkan alarm di tempat yang agak jauh darimu

Tips terakhir yaitu, kamu bisa meletakkan alarm di tempat yang agak jauh dari tempat tidurmu. Mungkin kebiasaanmu saat ini yang meletakkan alarm di samping tempat tidur dan ketika alarm tersebut berbunyi dengan mudahnya kamu matikan dan berlanjut untuk tidur lagi. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kesia-siaan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa meletakkan alarm yang agak jauh dari tempat tidur, sehingga ketika alarm tersebut berbunyi kamu mempunyai usaha buat bangun untuk mematikannya.

Itulah guys 5 tips bangun tidur agar tubuh tetap bugar walaupun ada kuliah pagi. Tips di atas bisa kamu coba dan hilangkan kata malas untuk kuliah di pagi hari.

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar