Sering Dianggap Sebelah Mata, Ini 7 Manfaat Membaca Karya Sastra

0-sastra

Hai Sobat ICampus! Oleh sebagian orang membaca adalah kegiatan yang amat membosankan. Sehingga tidak heran Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki minat baca terendah. Padahal banyak sekali buku bacaan yang bisa di gali ilmunya, banyak buku yang berkualitas, dan sudah banyak perpustakaan yang berdiri di sekolah, perguruan tinggi, bahkan daerah.

Berbicara tentang membaca, banyak sekali loh buku yang bisa kita baca misalnya membaca buku karya sasta. Membaca karya sastra sering dianggap sebelah mata dibandingkan membaca buku ilmu pengetahuan yang lain.

Sebenarnya, ada banyak manfaat ketika kita membaca karya sastra seperti novel, cerpen, maupun antologi puisi. Penasaran? Yuk simak tujuh manfaat membaca karya sastra di bawah ini.

1. Dapat mengembangkan imajinasi dan kreatvitas dalam berpikir

Manfaat membaca karya sastra yang pertama yaitu dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas kita dalam berpikir. Tidak bisa dipungkiri memang, ketika kita membaca karya sastra seperti novel, pikiran kita dibawa untuk berimajinasi seakan-akan hal itu terjadi secara nyata. Selain itu ketika kita membaca karya sastra dapat membantu meningkatkan kreativitas dalam berpikir sehingga dapat dengan mudah dalam memecahkan masalah.

2. Meningkatkan kemampuan menulis

Menulis seringkali dianggap sebagai kegiatan yang masih sulit dilakukan. Dengan banyak membaca buku termasuk membaca karya sastra, tentunya dapat membantu perbendaharaan kata sehingga lebih mudah untuk menulis. Membaca buku dapat membuat kita memiliki banyak imajinasi dan mengembangkan kreativitas. Semakin banyak kita membaca, kemampuan menulis akan semakin berkembang.

Baca Juga : Ini 6 Cara Mengetahui Keahlian yang Belum Kamu Sadari

3. Menambah wawasan yang beragam

Manfaat selanjutnya dari membaca karya sastra yaitu dapat menambah wawasan. Cerita yang disuguhkan dalam sebuah novel, makna dalam setiap bait puisi, mengandung inti pesan dan moral yang dalam. Sehingga, ketika kita sering membaca karya sastra akan menambah wawasan dan pengalaman yang bisa di ambil dari karya tersebut.

4. Dapat meningkatkan insting dan lebih peka terhadap suatu hal

Alur cerita yang disuguhkan dalam karya sastra akan mempengaruhi pola pikir dan insting kita sehingga kita lebih peka terhadap suatu hal. Semakin banyak karya sastra yang kita baca akan mempengaruhi pola pikir yang bisa kita implementasikan pada kehidupan nyata. Selain itu, Nilai yang terkandung dalam karya sastra yang berisi bermacam problem akan membuat perasaan kita lebih peka.

5. Membaca karya sastra sebagai media penghibur diri

Manfaat kelima yaitu, membaca karya sastra seperti novel atau puisi adalah ajang untuk menghibur diri. Ada banyak cara untuk menghibur diri menurut orang, salah satunya dengan membaca karya sastra. Alur yang disuguhkan dalam setiap lembaran, tokoh yang ditampilkan dalam karya, atau membaca puisi romantis karangan tokoh favorit akan membuat perasaan kita menjadi terhibur dan bahagia saat membacanya.

Baca Juga : 6 Persepsi Keliru terhadap Mahasiswa Sastra, Benarkah pada Menganggur?

6. Dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi

Selain manfaat yang sudah di sebutkan di atas, manfaat selanjutnya dengan membaca karya sastra yaitu dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi. Karya sastra yang kita baca memiliki ragam bahasa dan kekayaan kata yang berlimpah dengan begitu dapat menambah kosa kata baru yang belum kita dapatkan sebelumnya. Semakin banyak perbendaharaan kata yang kita kuasai, tentunya dapat meningkatkan kita dalam berkomunikasi.

7. Meningkatkan daya ingat

Manfaat ketujuh yaitu dengan banyak membaca karya sastra, dapat meningkatkan daya ingat kita. Seseorang yang gemar membaca cenderung memiliki daya ingat yang lebih baik, karena dengan sering membaca otak akan terus aktif bekerja sehingga dapat meningkatkan daya pikir.

Itulah guys tujuh manfaat membaca karya sastra yang sering dianggap sebelah mata. Kalau kamu, karya sastra apa yang menjadi favorit untuk kamu baca?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar