Manfaat yang Kamu Dapat Saat Kuliah Sambil Bekerja di Layanan Publik

pengusaha

Hai Sobat ICampus! Bekerja secara paruh waktu saat kamu sedang menempuh perkuliahan bisa membuatmu memiliki banyak pengalaman baru. Selain menambah pundi-pundi uang, pengalaman tersebut juga nantinya akan menghasilkan keterampilan yang tidak kamu dapat dalam dunia perkuliahan.

Salah satu bidang yang dapat kamu pilih untuk bekerja paruh waktu adalah dalam layanan publik. Bidang layanan publik terdiri dari pekerjaan kasir, sales ritel, barista, pelayan, pengiriman makanan, dan yang lainnya. Inilah keterampilan-keterampilan yang bisa kamu dapatkan jika bekerja paruh waktu dalam bidang layanan publik.

1. Kamu jadi mengerti bagaimana caranya melayani seorang pelanggan

Pelayanan kepada pelanggan merupakan keterampilan terpenting yang bisa dipelajari siapa pun. Hal ini dibutuhkan untuk memasuki dunia profesi yang nantinya akan berhadapan dengan berbagai jenis pelanggan. Jika kamu bekerja di sebuah perusahaan yang menjual produk atau layanan, maka kamu beruntung karena memiliki pengalaman untuk menangani para pelanggan.

Hal ini juga akan membantumu untuk memiliki perasaan bagaimana menyenangkan hati orang dengan pelayanan yang kamu sediakan. Ini sangat berguna ketika bekerja dalam dunia profesional kelak.

Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Inggris Sejak Remaja

2. Bekerja di bidang layanan publik dapat melatih skill komunikasimu

Keterampilan dalam komunikasi bukan hanya terbatas pada keterampilan berbahasa. Jika kamu memiliki kelebihan fasih dalam berbicara secara jelas itu merupakan bonus bagi dirimu. Kamu bisa berlatih untuk berkomunikasi dalam terus memberikan update tugas-tugas yang kamu jalankan kepada anggota tim dan atasan.

Kalau kamu bekerja dalam melayani pelanggan, keterampilan komunikasimu pun akan terlatih karena langsung berhadapan dengan pelanggan yang pasti komunikasimu harus baik. Jika terjadi miskomunikasi maka itu akan menyebabkan kerugian dan masalah operasional, jadi jangan biarkan komunikasimu menyebabkan kesalahan besar yang jika dibiarkan itu akan membuat tidak terkendali.

3. Kamu bisa belajar untuk menjadi orang yang dapat diandalkan

Jika kamu bekerja sebagai penanggung jawab uang tunai dalam penjualan makanan atau minuman maka itu merupakan caramu untuk berlatih menjadi orang yang dapat diandalkan. Kamu akan terbiasa mengelola uang tunai setiap harinya dan memastikan bahwa uang yang ada harus sesuai dengan pemasukan dan pengeluaran.

Berlatihlah keterampilan ini dari hal kecil, jika dalam hal kecil saja kamu sudah jujur maka kemungkinan kesempatan besar akan kamu terima nantinya. Kamu juga harus memberikan kesan kepada atasan bahwa kamu bisa menjadi orang yang selalu diandalkan.

Baca Juga : Mau Sukses Tes IELTS? 7 Hal Ini Sebaiknya Kamu Hindari

4. Bekerja di bawah tekanan pasti akan kamu hadapi pula saat bekerja dalam layanan publik

Sebagai pekerja yang berhadapan dengan para pelanggan pasti membutuhkan kemampuan untuk selalu tenang dalam kondisi apa pun. Kamu harus belajar menguasai diri sendiri ketika suatu masalah muncul secara tiba-tiba. Menghadapi seorang pelanggan yang marah atau menyerang itu merupakan sebuah tantangan.

Namun kamu harus bisa mengatasinya untuk mengembalikan perasaannya karena telah dikecewakan oleh tempatmu bekerja. Situasi yang penuh tekanan ini mungkin membuatmu bingung, tetapi jika sudah terbiasa maka itu akan menjadi kelebihan dirimu yang bisa dibanggakan saat memasuki dunia profesional nantinya.

5. Yang terakhir, kamu juga bisa memiliki kelebihan untuk memecahkan masalah secara kreatif

Saat bekerja dalam layanan publik pasti ada saatnya kamu tidak bahagia dan bingung menghadapi suatu permasalahan. Kamu akan ditekan untuk menuntaskan sebuah masalah yang pastinya secara kreatif dan cepat sehingga menghasilkan solusi yang baik.

Bekerja dalam layanan publik juga menguji kemampuanmu untuk berpikir dan mengasah insting kreatifmu. Bisa saja saat bekerja dalam bidang ini kamu bisa menemukan kelebihan baru dalam diri anda yang pandai untuk menangani situasi sulit dengan kreatif.

Apakah kamu tertarik untuk bekerja paruh waktu dalam bidang lingkungan publik?

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar