5 Hal yang Harus Kamu Ingat Soal Etika dalam Kehidupan

23d154f4220db4c0faf25e8251f451ab

Hai Sobat ICampus! Hidup memang tentang baik, buruk hingga benar dan salah. Bagaimana seorang manusia memilihnya tentu itu menjadi sebuah pilihan yang akan menentukan apakah dirinya beretika atau tidak. Etika dalam kehidupan punya peran yang sangat besar. Seberapa pun hebatnya dirimu, jika etika nol, semuanya tidak akan pernah berarti apa-apa.

Bicara etika tentu tidak hanya sekadar sikap yang menunjang kebenaran, etika nyatanya lebih dalam dari itu. Di kehidupan kita yang semakin maju inilah, ada beberapa hal yang harus kita ingat menyoal etika dalam kehidupan kita. Apa saja?

1. Tingginya pendidikan tidak menjamin baiknya etika seseorang

Pendidikan memang menjadi dasar kesadaran seseorang untuk lebih beretika. Tapi nyatanya pendidikan bukanlah penjamin seseorang beretika. Etika lahir dari banyak faktor dan akan pudar juga dengan berbagai faktor.

Ketika pendidikan dijadikan patokan bahwa seseorang pasti punya etika yang baik. Sebenarnya itu salah, etika punya tempat universal yang tentunya tidak memandang sepintar apa dan sebodoh apa seseorang.

Baca Juga : Kamu Harus Coba! 5 Ciri dan Kebiasaan Produktif Mahasiswa Jurnalistik

2. Etika adalah gambaran pribadi

Bagaimana kamu bersikap, berperilaku hingga berkehidupan. Gambaran besarnya dapat dilihat dari etikamu. Sejauh apa etika yang kamu tunjukkan terhadap orang lain, itulah yang akan kamu tuai.

Etika hadir sebagai simbolisme karakter yang cukup bersinggungan dengan konsep pribadi individu. Jika etikamu buruk maka bisa ditebak, kamu bukanlah pribadi yang baik. Begitu juga sebaliknya.

3. Etika penting dalam berbagai segi kehidupan

Etika akan selalu muncul di berbagai segi kehidupan. Bahkan hingga ke bagian paling privat. Kita semua harus menyadari bahwa pentingnya menjaga etika dalam hal apa pun. Tindakan kita baiknya selalu diawali dengan sebuah etika yang positif. Ketika kita sudah mampu menjaga etika kita, tentunya kita bisa menyadari bahwa etika itu memang benar-benar penting.

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Kamu Pahami Kalau Mau Kuliah Arsitektur 

4. Sehebat apa pun seseorang, jika etika nol maka tidak akan berarti kehebatannya

Kaya, sukses hingga punya bisnis mengular, namun etika sangat buruk. Memang hebat, tapi apa? Hebat hanyalah hebat, sedangkan jika etika buruk ini urusannya soal bagaimana cara manusia memandang satu sama lain.

Etika punya peran penting bagaimana interaksi yang terjadi antar manusia bisa menjadi hangat dan bersahabat. Kehebatan seseorang tidak akan pernah abadi, etikalah yang akan terus abadi.

5. Jangan pernah melupakan etika

Kita semua punya tanggung jawab moral dan adab antar sesama manusia. Jangan pernah melupakan etika dalam kehidupanmu. Ketika etika bisa hadir dalam berbagai ranah privat seorang manusia. Tentu itu menjadi gambaran bahwa sebagai manusia yang berakal kita tentunya punya tanggung jawab untuk menjaga etika tersebut. Jadi, jangan pernah melupakan etika dalam kehidupan sehari-hari.

Bicara etika tentu bicara moral, norma dan hal-hal yang sebaiknya dan sepatutnya dilakukan. Ketika etika selalu dijunjung dalam perilaku sehari-hari. Mungkin terkikisnya toleransi di negeri ini tidak akan terjadi.

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar