10 Barang yang Harus Dibawa Saat KKN di Desa Terpencil

2946893494

Hai Sobat ICampus! Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler yang biasanya dilakukan oleh kampus. Biasanya, ia dijalani oleh mahasiswa tingkat akhir. Bisa terdapat lima hingga delapan orang dalam satu kelompok KKN. Lokasinya pun, dipilih sesuai dengan kebutuhan penelitian yang akan dilakukan.

Dengan waktu yang mencapai satu hingga tiga bulan, apa saja sih barang yang harus dibawa saat KKN di desa terpencil? Yuk, kita cari tahu agar programmu lebih lancar!

1. Bawa beberapa potong pakaian

Saat memutuskan KKN di desa terpencil, sebaiknya kamu membawa beberapa potong pakaian. Jika akan melakukan KKN selama satu sampai tiga bulan, kamu bisa membawa empat potong kaos, dua kemeja, dua potong baju batik, dua celana bahan, dua celana tidur, dan almamater.

2. Alas kaki

Mengingat kondisi lokasi KKN yang jauh dari kota, ada baiknya kamu mempersiapkan dua alas kaki sekaligus seperti sandal dan sepatu. Kamu bisa membawa sepatu jenis outdoor untuk melindungi kaki dari segala medan.

3. Perlengkapan mandi

Membawa kebutuhan pribadi merupakan antisipasi yang paling baik, termasuk perlengkapan mandi. Misalnya saja, sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, dan handuk. Pindahkan dalam wadah yang mudah dibawa dan tidak memakan ruang di tas maupun koper yang akan digunakan.

Baca Juga : Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar Semangat 

4. Peralatan makan

Kita memang belum mengetahui kondisi dan situasi yang terjadi di lokasi KKN. Oleh sebab itu, bawalah piring plastik kecil, sendok, dan garpu sendiri. Pilihlah satu set travel kit peralatan makan yang bisa kamu jumpai di pasaran.

5. Perlengkapan tidur

Terkadang, banyak orang yang menganggap remeh aktivitas tidur. Padahal, tidur menjadi aktivitas penentu tubuh untuk menjalani kegiatan sepanjang hari. Ada baiknya, kamu mempersiapkan perlengkapan tidur sendiri. Misalnya selimut, dua potong baju tidur, dan sarung. Kamu juga perlu membawa anti nyamuk agar tidur bebas dari serangan nyamuk.

6. Perlengkapan mencuci

Mempersiapkan deterjen, pelembut, dan dua hanger saat KKN, sepertinya menjadi pilihan yang tepat. Mengingat pakaian yang dibawa terbatas, kamu bisa langsung mencucinya usai digunakan. Gak perlu malu karena pakaianmu itu-itu saja. Yang terpenting, pakaian tetap bersih dan nyaman selama KKN.

7. Peralatan kebutuhan KKN

Sebagai tujuan utama, kamu harus membawa barang-barang yang dibutuhkan untuk mengerjakan penelitian. Di antaranya adalah buku catatan, pulpen, laptop,charger, dan flashdisk. Kamu juga bisa berkoordinasi dengan teman-teman sekelompok untuk berbagai barang bawaan terkait kebutuhan KKN.

Baca Juga : 5 Alasan yang Membuat Ambisimu Dengan Teman Berbeda Ketika Kuliah 

8. Bekal makanan kering

Bawalah perbekalan berupa amakanan kering seperti mie instan, rendang, sereal dan susu. Makanan jenis ini akan sangat membantumu selama tinggal di lokasi terpencil. Lagipula meski tidak ada lemari pendingin, bahan makanan tersebut akan tetap terjaga kualitasnya.

9. Obat-obatan

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit, sebaiknya membawa obat-obatan sendiri. Misalnya, paracetamol, minyak aromaterapi, vitamin, obat alergi, dan obat lainnya. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

10. Terminal listrik

Keberadaan aliran listrik tentu sangat penting untuk mendukung kegiatan KKN. Bawalah kabel roll untuk mengantisipasi keterbatasan stop kontak di lokasimu. Kamu juga bisa membawa peralatan pendukung seperti senter dan kantong plastik.

Nah, itulah berbagai barang yang harus dibawa saat KKN di desa terpencil! Jangan sampai lupa ya! Atau, kamu harus bolak-balik ke kota untuk mendapatkannya. Program pun lebih lancar. Selamat mencoba!

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar