12 Alasan Singapura Patut Jadi Negara Tujuan Kuliahmu

scholarship

Hai Sobat ICampus! Selama ini, Singapura mungkin lebih terkenal sebagai destinasi wisata bagi masyarakat Indonesia. Negeri tersebut gak pernah sepi dari turis Indonesia. Bahkan dibandingkan turis dari negara lain, turis asal Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di negara tersebut. Tapi ternyata, Singapura juga memiliki keunggulan di bidang pendidikan, lho!

Berikut ini beberapa alasan yang membuatmu patut mempertimbangkan kuliah di negeri Singa.

1. Kualitas pendidikan berkelas dunia

Singapura merupakan rumah berbagai perguruan tinggi yang memiliki kualitas pendidikan unggulan. Bahkan, beberapa universitas seperti NUS (National University of Singapore) dan NTU (Nanyang Technological University) masuk ke jajaran universitas top dunia. Selain itu, ada banyak perguruan tinggi swasta yang kualitasnya juga gak kalah bagus.

Selain itu, gak sedikit perguruan tinggi asing terkemuka membuka kampus cabang di Singapura, seperti misalnya James Cook University, Chicago Business School, Technische Universität München, dan masih banyak lagi. Selain universitas, terdapat berbagai politeknik di Singapura yang menawarkan program diploma dalam berbagai bidang.

2. Fasilitas lengkap

Gak main-main, mahasiswa yang berkuliah di Singapura umumnya akan mendapatkan akses layanan perpustakaan berkelas dunia. Kamu bisa mengakses banyak referensi seperti buku dan jurnal-jurnal terbaru yang belum tentu ada di Indonesia. Ini tentu sangat berguna untuk mengembangkan ilmu kita.

Gak hanya itu, berbagai perguruan tinggi di Singapura biasanya akan memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai seminar keilmuan, kajian, dan diskusi gratis. Gak jarang pula, pihak universitas mengundang para tokoh dunia untuk hadir di seminar tersebut.

Dengan begitu, peluang untuk berguru atau bertanya langsung pada ilmuwan dunia pun terbuka lebar. Kesempatan seperti ini belum tentu bisa kamu dapatkan di Indonesia, lho!

3. Lingkungan yang kondusif untuk belajar

Berbagai perguruan tinggi di Singapura menawarkan lingkungan belajar yang kondusif bagi mahasiswanya. Selain karena fasilitas yang memadai, kamu juga akan terbawa suasana belajar di sana. Seperti diketahui, semangat belajar orang Singapura sangat tinggi dan ini bisa menjadi positive vibes untukmu.

4. Banyak kesempatan untuk mengasah berbagai skill di luar akademis

Mahasiswa di Singapura umumnya akan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas ko-kurikuler. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, seperti musik, olahraga, seni budaya, dan masih banyak lagi. Selain itu, aktivitas semacam ini juga bisa berguna untuk membangun kualitas kepemimpinanmu.

Baca Juga : 5 Manfaat yang Akan Kamu Rasakan Setelah Belajar Retorika

5. Kesempatan networking dengan mahasiswa internasional

Karena kualitas pendidikannya, gak heran banyak mahasiswa internasional yang memutuskan kuliah di negeri Singa tersebut. Para mahasiswa internasional tersebut datang dari negara bahkan benua yang berbeda. Dengan begitu, kamu akan bisa bertemu dan berteman dengan banyak mahasiswa internasional selama kuliah di Singapura.

Networking dengan teman-teman internasional ini bisa jadi akan berguna untuk kariermu kelak, lho! Selain itu, kamu juga bisa mengenal budaya asing dari temanmu yang berasal berbagai negara.

6. Peluang kerja setelah lulus terbuka lebar

Dengan kualitas pendidikannya yang mumpuni, gak heran lulusan Singapura akan memiliki kesempatan berkarier yang lebar. Selain itu, Singapura merupakan salah satu pusat keuangan dunia, di mana banyak perusahaan besar berada di sana. Sebagai lulusan Singapura, kamu juga tentunya memiliki peluang lebih lebar untuk bekerja di sana.

7. Merupakan negara aman dan bersih

Singapura dikenal sebagai negara dengan tingkat keamanan tinggi. Ini terbukti dengan angka kriminalitasnya yang rendah. Kamu gak perlu khawatir jalan sendiri di malam hari. Polisi selalu siaga dan CCTV pun terpasang di penjuru kota.

Selain itu, warganya terkenal tertib dan disiplin. Aturan kebersihan sudah digalakkan di negara ini, sehingga kondisi lingkungan di Singapura selalu bersih. Kamu pun akan bisa merasa aman dan nyaman di sana selama beberapa waktu untuk menempuh studi.

8. Dekat dengan Indonesia

Secara geografis, Singapura terletak dekat dengan Indonesia. Negara tetangga ini bisa kamu tempuh dalam waktu yang cukup singkat. Dengan begitu, biaya transportasi dari Indonesia ke negara ini pun jauh lebih terjangkau dibandingkan ke negara maju lain yang terletak jauh dari Indonesia.

Karena jaraknya yang dekat, kamu juga bisa pulang lebih sering ke Indonesia. Selama menjadi mahasiswa di Singapura, kamu selalu bisa pulang ketika hari raya atau ketika libur semester.

Baca Juga : Mau Beasiswa S2 ke Luar Negeri? 8 Hal Ini Bisa Disiapkan Sejak Kamu

9. Kondisi Singapura gak terlalu berbeda dengan Indonesia

Memang benar kalau orang Singapura bekerja lebih cepat dan tepat waktu dibanding orang Indonesia, namun dalam beberapa hal, situasi dan kondisi di Singapura gak terlalu berbeda jauh dengan Indonesia. Sama seperti Malaysia, kondisi di Singapura seperti makanan, postur tubuh, budaya, dan iklim ternyata mirip-mirip dengan di Indonesia.

Dengan kondisi yang gak jauh berbeda dengan Indonesia, kamu pun gak akan terlalu mengalami culture shock kalau harus tinggal di Singapura. Coba bandingkan kalau kamu berkuliah ke negara-negara di Eropa atau Amerika Serikat yang memiliki empat musim. Tentu, kondisinya akan sangat berbeda dalam banyak hal seperti iklim, makanan, dan gaya hidup yang bisa membuatmu mengalami culture shock lebih besar daripada di Singapura.

10. Singapura menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi

Di Singapura, bahasa Inggris dipakai sebagai bahasa utama dalam kehidupan warganya sehari-hari. Bahasa ini banyak digunakan sebagai bahasa pengantar di kampus-kampus, lho. Dengan begitu, kamu gak perlu repot belajar bahasa asing baru yang seringkali memakan waktu dan tenaga. Selama tinggal di Singapura, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrismu.

11. Biaya hidup lebih murah dibandingkan di negara maju lainnya

Dari segi finansial, biaya hidup di Singapura memang lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Ini karena kurs mata uang Singapura yang jauh lebih tinggi dibandingkan mata uang Indonesia. Meskipun begitu, kuliah di Singapura ternyata jauh lebih murah dibandingkan kalau kamu kuliah di negara-negara maju lainnya seperti di Amerika, Eropa, atau Australia.

12. Peluang beasiswa terbuka lebar

Tersedia berbagai beasiswa untuk kuliah ke Singapura. Pemerintah Indonesia melalui beasiswa LPDP membuka kesempatan untukmu kuliah gratis ke NUS dan NTU. Selain itu, pemerintah Singapura juga memberikan berbagai beasiswa untuk mahasiswa internasional, seperti misalnya beasiswa SINGA (Singapore International Graduate Award), Lee Kong Chian Scholarships, dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa Singapura layak kamu pilih sebagai negara tujuan studimu di luar negeri. Dengan semua alasan-alasan yang telah dijelaskan di atas, gak ada alasan bagi kamu untuk tidak memilih Singapura, kan? Jadi, masih ragu buat studi ke Singapura gak, nih?

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar