Hindari 7 Hal Ini Saat Belajar Biar Nilai Ujianmu Maksimal!

0-asempro

Hai Sobat ICampus! Demi mendapatkan nilai lebih bagus, mungkin kamu rela belajar keras sampai gak tidur semalam suntuk menjelang ujian. Tapi terkadang, hasil yang kamu peroleh gak sesuai harapan. Meski sudah belajar keras, nilai yang kamu peroleh bisa saja di bawah ekspektasimu.

Agar kamu bisa dapat nilai ujian yang memuaskan, yuk hindari 7 hal berikut!

1. Belajar lama, tapi gak rutin

Mungkin kamu memang belajar berjam-jam, tapi gak rutin. Dengan belajar sedikit-sedikit tapi rutin, otak akan lebih mudah mencerna materi yang kamu pelajari dibandingkan langsung mempelajari segudang materi berjam-jam. Kalau kata pepatah sih, sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Yuk, bikin timetable jadwal belajar rutinmu!

Baca Juga : Jangan Menyerah! 5 Hal Ini adalah Bukti Kamu Calon Orang Sukses

2. Membiarkan beberapa materi terlewat

Kamu tentu gak bisa menebak materi apa saja yang akan keluar saat ujian. Bisa saja materi yang gak kamu pelajari justru masuk soal ujian. Sebaliknya, materi yang kamu pelajari malah gak dikeluarkan sebagai pertanyaan tes. Karena itu, pastikan semua topik dari materi yang kamu pelajari telah masuk di timetable belajarmu, ya. Jangan ada yang terlewat!

3. Kamu terlalu sibuk menghafal daripada memahami

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan seseorang ketika akan menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya gak ada yang salah sih, tapi kurang efektif. Alangkah lebih baik kalau kamu memahaminya saja.

Daripada menghafal, kamu bisa menggambar peta konsep (mind-mapping), menggunakan singkatan, atau memakai cara lain yang bisa memudahkanmu memahami materi yang sedang kamu pelajari. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah mengingat materi tersebut.

4. Membiarkan distraksi yang bisa bikin kamu gak fokus belajar

Dengan waktu belajarmu yang berjam-jam itu, mungkin gak sepenuhnya waktumu akan kamu habiskan untuk belajar. Di sela-sela waktu belajar, ada kemungkinan kamu tergoda untuk main gadget dan berbagai distraksi lainnya. Tentu saja ini bisa mengganggu konsentrasi belajarmu.

Untuk mengatasinya, coba deh jangan cuma men-silent gadgetmu karena tanganmu pasti akan ‘gatal’ untuk membukanya. Coba simpan dulu gadget-mu di tempat yang agak jauh dari ruang belajarmu. Selain itu, coba pilih tempat belajar yang tenang seperti perpustakaan untuk meminimalkan distraksi.

Baca Juga : 5 Cara Praktis untuk Tingkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

5. Terlalu meremehkan materi yang kamu pelajari

Kesalahan lain yang mungkin kamu lakukan saat belajar adalah terlalu meremehkan materi yang kamu pelajari. Kamu bisa saja menganggap suatu materi mudah, tapi bagaimana kalau ada hal lain yang belum kamu tahu tentang materi itu?

Sikap ini juga berbahaya karena bisa menyebabkanmu merasa terlalu percaya diri saat ujian. Dengan begitu, kamu merasa gak perlu lagi mengecek ulang jawaban ujianmu. Memangnya, kamu benar-benar yakin jawabanmu sudah benar?

6. Belajarmu terlalu keras sampai lupa waktu istirahat

Belajar boleh keras, asal jangan sampai kamu gak punya waktu istirahat yang cukup. Kalau sering begadang, tubuhmu akan capek. Otak juga pasti akan “lelah” sehingga susah menyerap materi yang sedang kamu pelajari. Nah, percuma kan capek-capek begadang kalau hasilnya gak maksimal?

7. Lupa berdoa

Setelah belajar giat, berdoa juga penting. Bahkan mungkin kamu pernah mendengar istilah, “study hard, pray harder“. So, jangan lupakan hal yang satu ini, ya guys! Berdoalah dengan sungguh-sungguh setiap sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, termasuk ketika belajar dan mengerjakan soal ujian.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang harus kamu hindari untuk mendapatkan nilai ujian memuaskan. Dengan menghindari beberapa hal tadi, apa kamu sudah siap menjemput skor ujian yang lebih tinggi? Tetap semangat!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar