5 Cara Praktis untuk Tingkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

images

Hai Sobat ICampus! Banyak orang yang sebenarnya menguasai pokok-pokok tata bahasa Inggris dengan baik tetapi merasa bingung ketika harus berbicara menggunakan bahasa Inggris. Pada kenyataannya, selain melalui pemahaman teori, percakapan adalah hal yang tidak kalah penting untuk dipelajari dengan serius oleh kamu yang benar-benar ingin menguasai bahasa Inggris.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang sangat praktis dan efektif yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

1. Temukan partner untuk berlatih percakapan

Pertama-tama, penting untuk menemukan penutur asli atau native speaker untuk berlatih bersama. Selain melalui kursus, kamu juga bisa menemukan partner melalui bergabung dengan klub bahasa Inggris atau organisasi sukarelawan.

Baca Juga : Mengenal Tes Bahasa dari Berbagai Negara, Gak Cuma TOEFL lho! 

2. Pastikan kamu juga mendengarkan lawan bicaramu dengan baik

Saat berlatih, cobalah untuk menyeimbangkan fokus antara mendengarkan dan berbicara. Sebaiknya siapkan pertanyaan terlebih dahulu sehingga percakapan akan mengalir bolak-balik. Jadi, ketika mitra percakapan mengajukan pertanyaan dan kamu menjawabnya, kamu selalu dapat mengembalikan pertanyaan itu dengan bertanya kepadanya. Sehingga, percakapan akan berlangsung dua arah.

3. Rekam latihan percakapanmu

Merekam adalah cara yang bagus untuk mengoptimalkan kemampuan berbicaramu. Ketika kamu mendengarkan percakapanmu dengan seorang penutur asli, kamu bisa mengevaluasi dan membandingkan pelafalanmu sendiri dengan penutur asli kemudian memperhatikan area-area yang perlu ditingkatkan.

4. Membaca dengan keras

Membaca dengan keras adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan speaking ketika kamu tidak menemukan mitra untuk berlatih. Membaca dengan keras juga memberi kamu kesempatan untuk fokus pada pelafalan.

Baca Juga : Ingin Skor TOEFL Bagus Tanpa Kursus? Lakukan 4 Hal Mudah Ini! 

5. Berbicara pada diri sendiri

Mengungkapkan apa yang ada di pikiranmu ke dalam kata-kata berbahasa Inggris dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk berlatih berbicara bahasa Inggris. Dengan berbicara kepada diri sendiri, kamu bisa lebih fasih menerjemahkan pikiranmu menjadi kata-kata yang diucapkan. Berlatih sendiri juga merupakan cara bertekanan rendah untuk berlatih, karena tidak ada yang akan mendengar kesalahan. Sehingga cara ini cocok untuk kamu yang cenderung pemalu.

Walaupun sederhana, tapi tips di atas sangat cocok dipraktikkan dalam keseharian dan efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu lho.

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar