Gak Hanya Kreatif, Ini 5 Manfaat Jika Kamu Rajin Menulis Puisi

529a881edbfb18714b65a5d7e1409720

Hai Sobat ICampus! Puisi tak lain adalah bagian dari jenis karya sastra yang digandrungi banyak orang.  Saat seseorang menulis puisi, ia sedang menuangkan isi pikirannya menjadi kalimat yang apik. Jika kamu suka dan rajin menulis puisi, maka kamu dapat meraih sejumlah manfaat. Salah satunya kamu akan semakin lihai meramu kata menjadi kalimat yang penuh arti. Berikut ini 5 manfaat jika kamu rajin menulis puisi. Yuk disimak!

1. Kamu jadi kaya akan diksi

Saat kamu terbiasa menulis puisi, maka perlahan-lahan rangkaian kata yang kamu susun akan semakin berwarna, dan ujungnya kamu jadi kaya akan diksi atau pilihan kata. Puisi akan semakin bagus jika banyak diksi-diksi yang tepat dan selaras dalam setiap kalimatnya. Makanya gak heran, seseorang yang jago nulis puisi memiliki segudang kalimat puitis yang mampu menghipnotis orang lain saat puisi itu dibacakan.

Baca Juga : 6 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea Tanpa Ribet & Keluar Biaya Mahal 

2. Kreativitasmu mengolah kata semakin terasah

Untuk menjadi penulis puisi handal, tentu butuh kerja keras dan terus latihan. Jika kamu rajin menulis puisi, manfaat yang kamu dapatkan akan sangat beragam. Salah satunya kreativitasmu mengolah kata akan semakin terasah. Ingat, orang-orang yang ahli atau memiliki skill terhadap sesuatu pada awalnya melakukan latihan yang rutin dan terus belajar, hingga akhirnya kemampuan mereka menjadi terasah. Demikian juga jika kamu rajin menulis puisi, kamu akan semakin kreatif menuangkan ide tulisan dan semakin jago memadukan kata demi kata menjadi kalimat sarat makna.

3. Bikin perasaanmu lega

Seseorang bebas untuk menentukan tema ketika ingin menulis puisi. Ini karena tema  dalam puisi selalu beragam dan tidak terpusat pada satu tema saja. Makanya ada yang namanya puisi tentang keluarga, percintaan, hingga puisi tentang mengagungkan Sang Maha Pencipta.

Saat menulis puisi, kamu mencoba untuk mengeluarkan segala pemikiran yang ada di benak menjadi kalimat-kalimat sastra yang indah. Alhasil, saat puisimu telah jadi, ada perasaan lega dalam hati lantaran kamu berhasil menuangkan idemu menjadi bait-bait yang menyentuh.

4. Bisa dapat tambahan pemasukan

Menulis puisi gak hanya sekedar menyalurkan minat dan bakatmu ke dalam kalimat-kalimat puitis di lembaran notes pribadi saja, namun lebih dari itu, kamu bisa mengirimkan puisimu ke media seperti itu media cetak atau online.

Jika kamu rajin mengirimkan karya terbaikmu ke media, karya sastramu memiliki peluang untuk bisa diterbitkan. Apalagi jika semakin hari puisi yang kamu tulis semakin bagus dan sarat makna, maka kamu bisa menjadi salah satu penulis puisi yang karyanya paling ditunggu untuk tampil di media cetak seperti koran atau media daring. Selain karyamu bisa dinikmati pembaca, kamu pun mendapatkan tambahan pemasukan sebagai bentuk penghargaan atas karyamu itu.

Baca Juga : Lakukan 5 Cara Ini untuk Merintis Kesuksesanmu di Masa Depan

5. Kamu makin percaya diri

Salah satu manfaat positif lainnya yang bisa kamu rasakan dengan menulis puisi adalah munculnya rasa percaya diri. Hal ini terjadi karena kamu berani mengungkapkan ide-ide yang ada di benakmu menjadi puisi yang kaya akan makna. Rasa percaya dirimu akan terus tumbuh jika kamu semakin rajin menulis puisi. Dengan begitu, kamu akan mudah menuangkan gagasan yang ada di kepalamu menjadi karya sastra yang enak dibaca.

Demikian 5 manfaat jika kamu rajin menulis puisi. Sebagai anak muda, kamu punya kesempatan untuk menjadi seorang penulis puisi yang handal asal rajin berlatih dan gak menyerah. Seorang penulis terkenal asal Indonesia Pramoedya Ananta Toer pernah berkata, “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.” Jadi, jangan ragu lagi untuk angkat penamu dan menulis ya.

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar