Untuk Mahasiswa Skripsi, Ini 5 Cara Jitu Mengatasi Dosen yang Sulit Ditemui

entrepreneur-593358_640-750x496

Hai Sobat ICampus! Untuk mahasiswa semester akhir skripsi adalah momen yang paling krusial. Ketika skripsi akan banyak tantangan yang datang silih berganti. Salah satunya adalah bimbingan dengan dosen. Ada berbagai macam karakter dosen yang akan muncul saat bimbingan skripsi, dari dosen killer, dosen baik hati, dosen disiplin, hingga dosen yang sangat sulit sekali ditemui, sampai membuat mahasiswa putus asa.

Untuk memuluskan bimbingan skripsimu, ada 5 cara jitu mengatasi dosen yang sulit ditemui untuk bimbingan skripsi.

1. Kadang dosen hanya butuh diingatkan. Jadi mulai sekarang jangan sungkan buat chat berulang. Yang penting catat aturannya!

Mungkin bisa dibilang meneror. Tapi yang dimaksud meneror dosen adalah hubungilah dosen setiap hari, minimal 2 kali dalam sehari saat pagi dan siang hari. Karena kebanyakan dosen tidak suka ditelpon maka lakukan dengan WA atau SMS dosen. Gunakan bahasa yang sopan dan to the point. Jangan tanya hari atau jam untuk dapat bertemu, karena dosen tak suka ditanyai tentang waktu. Karena bosan dengan WA atau SMS mu, sapa tahu dosen akan membalas dan mau bimbingan denganmu.

Baca Juga : 5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Salah Jurusan, Hati-hati!

2. Manfaatkan media sosial

Dari pada membuat status atau PM yang alay-alay, lebih baik buatlah status atau PM yang bermanfaat untuk memperlancar skripsimu. Buatlah PM atau status di media sosial yang kalian punya seperti: BBM atau Line. “Mohon info ya kalau ada yang lihat dosen X di kampus tolong PM (Ping Me)” .

Hal tersebut lebih efisiensi waktu daripada harus menunggu berlama-lama tanpa kepastian di kampus, sehingga kamu tetap bisa santai di kos saja. Jadi kalau ada info kedatangan dosenmu di kampus, kamu bisa langsung cusss gas ke kampus.

3. Sekali-sekali berilah surprise pada dosen. Bukan gratifikasi lho

Ketika SMS/WA/Line yang kamu kirim ke dosen tidak kunjung dibalas berjam-jam atau, selama seminggu kamu gak ketemu dosen, ajaklah rekan-rekan sebimbinganmu untuk memberikan surprise ke dosenmu dengan mendatangi rumah beliau secara mendadak pada sore atau petang hari, biasanya waktu itu dosen sudah ada di rumah. Di saat kamu datang ke rumah beliau tidak mungkin akan mengusirmu. Dan manfaatkan momen itu untuk bimbingan skripsi. Tak usah bawa bingkisan nanti dikira KKN, cukup senyum dan berbincang santai saja layaknya tamu.

Baca Juga : Biar Gak Malas, Yuk Terapkan 4 Langkah Metode WOOP dalam Belajarmu! 

4. Gak ada salahnya kamu jadi stalker media sosial sang dosen. Tapi hati-hati ya. Pahami etikanya.

Rajinlah stalking semua media sosial yang digunakan dosen pembimbingmu. Dengan stalking media sosial beliau, kamu akan tahu semua kegiatan yang dilakukan beliau setiap waktu. Saat dosenmu meng-upload foto di media sosial, berilah komentar yang bernada ngode/modus pada uplod-an beliau dengan bahasa layaknya candaan di media sosial. “Pak/Bu kami kangen nih, kapan Bapak/Ibu ke kampus?”. Sapa tahu dengan komenmu beliau jadi ke kampus karena kangen sama mahasiswanya.

5. Rajinlah berdoa. Saat semua jalan tak lagi bisa ditempuh, cuma Tuhan yang bisa menyadarkan hatinya.

Ketika semua usaha maksimal telah kamu kerahkan tapi masih sulit untuk bimbingan skripsi dengan dosenmu maka cara yang terakhir adalah berdoa kepada Tuhan. Rajinlah berdoa kepada Tuhan untuk mempermudah jalan skrispsimu. Karena hanya Tuhan yang dapat mengubah hati seseorang.

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar