5 Manfaat Mengasah Skill Menulis di Masa Kuliah, Berguna Saat Skripsi Lho!

hipwee-judul

Hai Sobat ICampus! Kuliah memiliki suhu yang berbeda dengan sekolah. Perbedaannya sangat banyak. Di saat sekolah, kamu bisa bertumpu di nilai akademik. Namun, saat kuliah kemampuan penalaranmu yang lebih banyak dikembangkan. Kemampuan tersebut perlu ditunjang dengan keterampilan menulis.

Sebab, menulis dapat menunjukkan konten pemikiran seseorang. Akan sangat disayangkan jika pemikiran yang dimilikinya sangat brilian tapi tidak bisa dituliskan. Selain itu, terdapat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengasah kemampuan menulis saat masih sebagai mahasiswa.

Apa saja manfaatnya? Yuk, simak!

Baca Juga : Supaya Mudah Berkarier Setelah Lulus, Lakukan 5 Hal Ini Semasa Kuliah

1. Mengasah logika di saat mapping

Mind mapping adalah metode menuliskan gagasan menggunakan peta pemikiran agar lebih luas penampakannya. Kemampuan menulis sangat menunjang aktivitas yang membutuhkan banyak ide agar tugas atau proyek yang kita buat lebih memuaskan.

2. Mempercepat penulisan skripsi

Jika kamu terbiasa menulis sebelum semester akhir, tidak banyak kendala yang kamu temukan untuk menyelesaikan skripsi. Kamu sudah terbiasa untuk mencari ide hingga lihai dalam menuangkan ide menjadi bentuk kata-kata yang enak dibaca.

3. Menemukan ide baru lainnya

Semakin banyak kamu menuliskan isi pikiran, ide-ide baru lainnya akan terdorong keluar. Ini sangat membantu kamu menyempurnakan pekerjaan, misalnya skripsi, karya tulis, cerpen dan sejenisnya.

4. Mengukur dan memperluas pemahaman

Menulis adalah aktivitas mengeluarkan semua isi pemikiranmu dalam sebuah kertas atau media penulisan. Menulis tidak terlepas dari aktivitas membaca. Semakin banyak buku, artikel dan wawasan yang kamu baca, semakin banyak juga yang bisa kamu tulis.

Seberapa banyak pemahamanmu terhadap suatu hal? Dapat diukur dengan isi tulisan yang bisa kamu tunjukkan terkait hal tersebut.

Baca Juga : 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus Kuliah Selain Bekerja 

5. Berkesempatan mengikuti banyak kompetisi

Begitu banyak kompetisi dengan hadiah menggiurkan. Gagasan tertulis, karya tulis ilmiah, essay dan sejenisnya adalah contoh lomba yang menantikan gagasan baru nan segar dari para mahasiswa. Akan sangat disayangkan jika kamu tidak berpartisipasi kanya karena tidak bisa menulis.

Nah, itulah 5 manfaat yang akan kamu rasakan jika mengasah kemampuan menulis sedini mungkin. Pilihlah bidang kepenulisan sesuai kemampuanmu. Selamat mencoba!

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar