5 Motivasi Masuk Akal Biar Semangat Menulismu Gak Luntur

0-askill

Hai Sobat ICampus! Menulis bukan hanya sebuah kegiatan yang umum dilakukan oleh semua orang. Tapi juga berfungsi sebagai alat komunikasi antara kita dengan orang lain. Beberapa bahkan menjadikan menulis sebagai sebuah hobi hingga profesi yang cukup menjanjikan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sebab di era modern dan serba digital seperti saat ini, menulis menjadi aktivitas yang sangat membantu bidang manapun untuk menyampaikan informasi.

Tapi tetap saja ada kalanya kita merasa bosan untuk menulis. Baik yang sudah menjadi hobi, passion maupun profesi. Ada kalanya kita merasa tidak menemukan ide yang menarik atau tulisan kita semakin membosankan. Tapi, tenang aja karena ada cara untuk kembali memunculkan minat menulis meski kita merasa ide kita tidak berkembang.

Baca Juga : 5 Momen Ketika Kuliah yang Tidak Didapatkan Saat Bekerja

1. Menulis melepaskan semua emosi dalam hatimu

Menulis memang menjadi cara bagi kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, bahkan dengan diri kita sendiri. Ada kalanya kita sulit mengutarakan apa yang kita pikirkan dan rasakan kepada orang lain, sehingga semua menumpuk menjadi emosi negatif.

Hingga kita menemukan cara lain untuk menyampaikannya, yaitu dengan menulis. Bahkan menulis menjadi salah satu cara penyembuhan bagi orang-orang yang terlalu banyak memendam emosi negatif dalam hatinya.

Dengan menulis mereka seolah tidak memiliki batasan untuk mengungkapkan apa yang dipikirkan dan dirasakan. Tak perlu juga merasa takut ada yang menyela apalagi mengadili perasaan mereka. Kamu pun bisa menjadikan menulis sebagai kegiatan yang membantu meluapkan emosi dalam hatimu.

2. Membagi ilmu & pengalaman jadi lebih mudah

Setiap manusia yang sudah merasa mampu menghasilkan sesuatu dalam hidupnya akan selalu merasa kurang jika ia tidak membagikan kepada orang lain. Baik itu ilmu atau pengalaman yang dimilikinya.

Meski sedikit tetap saja harus dibagikan kepada orang lain. Banyak cara yang bisa dilakukan, tak hanya melalui pengajaran seperti seorang guru. Tapi bisa juga melalui tulisan yang kita buat dan dibaca oleh orang lain.

Jika kamu suka menulis, jadikan tulisanmu sebagai sarana untuk berbagi informasi kepada orang lain. Ilmu dan pengalaman yang pernah kamu miliki pun bisa kamu bagikan. Bisa dari blog yang kamu miliki ataupun dari artikel yang kamu buat di platform tertentu.

3. Membantu orang lain pun tak akan sulit

Kamu mungkin bingung apakah kegiatan menulismu ini bermanfaat untuk orang lain. Terkadang bukan hanya ide yang membatasi gerakmu, tapi juga interaksi yang ada di dalamnya, seperti viewerlike ataupun mereka yang mengomentarinya. Kamu seolah tak memiliki tempat untuk bermanfaat bagi orang lain.

Tak mengapa, yakinlah saja jika setiap kegiatan tulis menulis adalah caramu untuk membantu orang lain. Dari informasi yang kamu tulis sampai dengan respon yang kamu berikan saat orang lain merespon tulisanmu. Bantuanmu memang berbeda dari orang lain. Tapi, dari balik layar kamu ternyata cukup bermanfaat bagi orang lain.

Baca Juga : Bahaya! Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Menghambatmu Meraih Kesuksesan 

4. Memiliki lebih banyak teman baru

Siapa bilang menulis hanya untuk kamu dan semua ide dalam laptopmu? Dengan menulis kamu pun bisa bertemu dan mendapatkan banyak teman baru. Salah satunya dengan ikut komunitas menulis yang ada di berbagai kota. Kamu bahkan bisa bertemu dan melakukan banyak kegiatan seru bersama.

Bahkan memiliki teman baru bukan hanya tentang jumlah tapi juga membantumu untuk mendapatkan ide baru. Terlebih saat kamu bingung dengan ide untuk menulis. Bertemu mereka bisa membantumu menemukan ide baru, memperluas pengetahuan dan teknik menulis, hingga membantumu menemukan media baru untuk mem-posting tulisanmu.

5. Menambah pemasukan

de menjadi hal yang paling berharga dari sebuah tulisan. Tapi tetap saja kita akan menemui saat di mana kita sulit mengutarakan apa yang kita pikirkan dan rasakan. Bisa jadi kita kehilangan motivasi untuk kembali menulis. Tidak ada salahnya jika memang kita mencari sumber motivasi lain seperti menambah pemasukan bulanan.

Ya, dengan menulis kita bukan hanya bisa mendapatkan pekerjaan utama. Tapi banyak juga pekerjaan sampingan yang bisa kita kerjakan. Misalnya saja menulis di sebuah platform menulis.  Selain menyalurkan hobi dan passion, menulis di sini juga bisa membuat kita mendapatkan tambahan uang saku. Pastinya ini akan semakin meningkatkan motivasi untuk kembali menulis.

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar