9 Manfaat Mengikuti Program Double Degree, Bagus untuk Masa Depanmu!

scholarship

Hai Sobat ICampus! Double degree adalah suatu program dari beberapa universitas tertentu yang dibuka bagi mahasiswa yang mengambil dua jurusan di dua kampus. Program tersebut melakukan kerjasama antar kampus baik di dalam maupun dengan di luar negeri yang dapat memudahkan pergerakan mahasiswa, sehingga dapat diakui kelulusan dari kedua jurusannya. Aktivitas perkuliahan mahasiswa tersebut tentunya akan lebih padat dan berlipat ganda dari mahasiswa pada umumnya.

Walau begitu, tidak banyak dari mahasiswa yang mampu mengambil keputusan mengikuti program tersebut karena terkesan berat dan membutuhkan tenaga yang ekstra. Namun bukan berarti tidak dapat dilakukan bagi mahasiswa yang merasa mampu dalam segi keuangan, fisik yang kuat dan aspek kognitif yang mendukung karena tergolong mahasiswa yang ‘cerdas’. Meskipun tergolong aktivitas yang berat, ada banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika mampu dalam menjalani dan menyelesaikan kuliah dengan program double degree tersebut.

Berikut sembilan manfaat yang dapat dirasakan ketika mampu dalam menjalani perkuliahan dengan program double degree.

Baca Juga : Biar Gak Malas, Yuk Terapkan 4 Langkah Metode WOOP dalam Belajarmu!

1. Memiliki 2 bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan tambahan yang relevan

Sudah tidak diragukan lagi, ketika mengambil program double degree tentunya mahasiswa dianjurkan memilih dua bidang ilmu yang saling berkaitan. Misalnya jurusan ekonomi dengan matematika, manajemen dengan ilmu lingkungan maupun ekonomi dengan IT.

Dua bidang ilmu tersebut dapat dipelajari secara mendalam sehingga produk dari hasil belajar dua bidang yang konsisten dan relevan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah kehidupan yang lebih kompleks.

2. Mampu menjaring relasi yang lebih luas dan melatih kemampuan beradaptasi dengan cepat

Lingkungan satu kampus dengan kampus lainnya pastilah berbeda. Semakin banyak manusia bertemu dan mengenal orang lain, maka akan semakin memahami tipe-tipe perbedaan setiap manusia dalam satu lingkungan.

Mahasiswa tersebut juga dapat melatih kemampuan beradaptasi dengan cepat. Hal ini dapat berguna ketika akan memilih partner yang cocok untuk berdiskusi dalam rangka penyelesaian tugas.

3. Memiliki pandangan yang lebih objektif

Aktivitas perkuliahan biasanya menuntut mahasiswa untuk berpikir secara kritis. Untuk dapat melatih kemampuan tersebut, mahasiswa harus sering bertanya dan mencari jawaban serta solusi tersebut dari berbagai sumber yang tepat. Menurut Hadi dalam bukunya yang berjudul “Metodologi Research” memaparkan bahwa bertanya adalah awal dari kebijaksanaan. Mengembangkan sikap kritis dalam membaca dan mendengarkan adalah salah satu cara mendapatkan sumber yang tepat.

Sikap kritis mahasiswa sangat banyak membantu dalam pemecahan masalah dan pengembangan riset. Sikap kritis juga dapat diperoleh jika sering mendengarkan perdebatan dan menyimpulkan beberapa pendapat dari berbagai persepsi orang lain, khususnya di dua tempat perkuliahan yang berbeda dengan tipe pemikiran manusia dalam penyelesaian masalah yang berbeda pula. Hal tersebut yang menyebabkan mahasiswa dapat melihat dan menilai permasalahan dari sudut pandang yang objektif.

4. Lebih pandai me-management waktu

Aktivitas perkuliahan yang dobel seringkali menguras waktu yang tidak sedikit, belum dengan pengerjaan tugas yang diberikan oleh dosen di setiap mata kuliah. Oleh karena itu, tidak heran mahasiswa yang mengambil program double degree tersebut harus pandai dalam mengatur waktu.

5. Menambah kecakapan kualifikasi kompetensi saat melamar kerja

Curriculum vitae atau yang biasa disingkat CV tentunya sering dipakai oleh perusahaan dalam perekrutan pekerjaan sebagai syarat pemenuhan kualifikasi calon tenaga kerja. Bagi perusahaan yang berpedoman pada nilai efektifitas dan efisiensi penggunaan tenaga kerja, maka semakin sedikit pekerja akan semakin baik. Sedikit pekerja yang dimaksud adalah pekerja yang kompeten dan memiliki keterampilan yang beragam sesuai kebutuhan perusahaan serta mampu menyelesaikan pekerjaan dengan optimal.

Maka dari itu, mahasiswa yang memiliki basic ilmu pengetahuan yang beragam akan terbuka luas peluang diterimanya dalam perusahaan. Contohnya pada pelamar yang memiliki gelar dua jurusan ekonomi dan matematika, sedangkan pelamar lain memiliki gelar ekonomi atau matematika saja, maka kemungkinan besar perusahaan lebih melirik pelamar dengan gelar dua jurusan tersebut.

Baca Juga : Lakukan 5 Cara Ini untuk Merintis Kesuksesanmu di Masa Depan 

6. Melatih kemampuan multitasking

Multitasking merupakan suatu kegiatan yang melibatkan dua jenis pekerjaan yang dituntut untuk menyelesaikannya sekaligus dalam satu waktu. Multitasking dianggap dapat mempercepat penyelesaian pekerjaan secara efektif dan efisien. Multitasking dapat diaplikasikan sehari-hari namun disarankan untuk tidak berlebihan.

Berdasarkan Studi dari Adcock, Constable, Gore dan Goldman Rakic yang memaparkan bahwa terdapat adanya aktivitas gelombang pada otak pada pengerjaan tugas double lebih keras dalam bekerja daripada pengerjaan satu tugas saja. Hal tersebut akan menjadikan mahasiswa berpikir lebih kompleks dan rumit. Akan tetapi hal itu akan menurunkan tingkat konsentrasi mahasiswa jika dilakukan terus menerus.

7. Memiliki pengalaman ‘belajar’ yang lebih banyak

Setiap kurikulum jurusan yang ada di dua kampus tersebut tentunya berbeda-beda, mulai dari aktivitas pembelajaran di kelas, kerja kelompok dan diskusi, praktek, isu lingkungan kampus dan materi yang diajarkan oleh berbagai tipe dosen. Ada banyak sekali hal dan pengalaman serta pembelajaran yang dapat diambil.

8. Mendapatkan pembelajaran bahwa tidak ada waktu untuk bermalas-malasan

Bermalas-bermalasan membuat mahasiswa semakin malas, mereka sadar bahwa ada waktu tersendiri untuk bermalas-malasan dan waktu tersendiri ketika harus produktif.

9. Semakin tertekan, semakin produktif dan kreatif

Mahasiswa tersebut sadar bahwa dunia kerja nantinya akan lebih susah daripada dunia kuliah yang sedang di jalani saat ini. Dunia kuliah saat ini bisa mereka ambil pelajaran dan dapat dijadikan sebagai pelatihan sebelum terjun dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Mau menjalani kuliah double degree?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar