6 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea Tanpa Ribet & Keluar Biaya Mahal

hangeul

Hai Sobat ICampus! Daya tarik masyarakat terhadap bahasa Korea kini semakin meningkat. Selain menjadi tempat asal para idol bermunculan, Korea juga punya banyak budaya seru yang menarik untuk dipelajari. Alhasil banyak orang berbondong-bondong belajar bahasa Korea agar lebih mudah mengenali negeri ginseng tersebut.

Nah, buat kamu yang lagi mencari tahu tips belajar bahasa Korea dengan mudah, tanpa ribet dan bikin pusing berikut tips yang akan membantu kalian!

Baca Juga : 5 Langkah Mendapat Nilai Bagus Tanpa Pusing Menjelang Ujian 

1. Pahami dua bagian dasar huruf hangeul

Korea memiliki huruf sendiri sebagai sistem tata bahasa, huruf-huruf tersebut bernama hangeul. Untuk para pemula sebaiknya kuasai dulu huruf hangeul dasar yang hanya terdiri dari 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan. Kedua bagian dasar ini harus dipahami dengan saksama agar ke depannya lebih mudah.

2. Pelajari kalimat sapaan dan kata dasar

Kamu pasti sudah sering banget mendengar sapaan “Annyeonghasseyo” yang memiliki arti “Hai” dalam bahasa indonesia. Kata sapaan seperti tadi bisa menjadi pembelajaran pertama yang memudahkan proses belajar.

Coba tulis kalimat sapaan dalam huruf hangeul lalu amati bagaimana susunan hurufnya. Dengan kalimat sederhana, kemampuan mengingat dan memahami huruf hangeul akan cepat tersimpan ke dalam memori.

3. Rajin mendengar kalimat dalam bahasa Korea

Jika ingin mantap belajar bahasa Korea maka tekadkan niat dan maksimalkan kesempatan yang bisa kamu ambil. Karena huruf hangeul cukup berbeda dari huruf alfabet maka rajin mendengar percakapan dalam bahasa Korea bisa jadi solusi tepat agar kita lebih cepat beradaptasi dan memahami. Kalian dapat memanfaatkan lagu-lagu KPop atau menonton drama, acara ragam dan lain sebagainya.

4. Berlatih menulis dalam huruf hangeul

Mempelajari bahasa tidak lengkap bila melewatkan bagian penulisan. Setelah melakukan 3 tahapan sebelumnya, kini saatnya untuk berlatih menulis cerita dalam huruf hangeul. Tidak perlu satu cerita panjang yang bikin tangan capek, cukup mulai dengan potongan lagu favoritmu, kutipan-kutipan menginspirasi atau bahkan puisi.

5. Buat catatan yang lengkap dengan terjemahnya

Kunci dari keberhasilan belajar bahasa adalah seberapa besar usaha yang dilakukan. Membeli buku panduan mahal nan tebal tidak bisa menjamin kemahiran kalian berbahasa dalam waktu cepat. Akan lebih efektif bila kamu membuat catatan buatan tangan sendiri yang lengkap dengan terjemahannya. Kamu juga bisa menambahkan keterangan cara membaca yang benar agar lebih mudah memahami.

Baca Juga : 5 Tips Ampuh Agar Semangat Kuliahmu Tidak Hanya Ada di Awal Saja

6. Manfaatkan aplikasi atau website untuk belajar online

Yang terakhir adalah memanfaatkan aplikasi atau website untuk belajar online. Di zaman serba canggih kaya gini berbagai fasilitas modern bermunculan, tidak terkecuali untuk ilmu pembelajaran. Jika ada waktu luang kamu bisa mengunduh aplikasi belajar bahasa Korea di smartphone. Dengan cara yang praktis proses belajar pun akan terasa lebih menyenangkan.

Kalau kamu sangat ingin bisa fasih berbahasa Korea, banyak banget, lho cara untuk bisa mewujudkannya. Asal ada niat dan usaha, semua pasti bisa dilakukan. Hwaiting!

Sumber: Idntimes.com

Komentar