Supaya Mudah Berkarier Setelah Lulus, Lakukan 5 Hal Ini Semasa Kuliah

0-acv

Hai Sobat ICampus! Agar peluangmu memasuki dunia kerja semakin besar setelah lulus nanti, maka kamu harus mulai mempersiapkan diri sedini mungkin. Bahkan walaupun saat ini kamu masih duduk di bangku kuliah.

Daripada melakukan hal-hal yang tidak jelas sebagai seorang mahasiswa, lebih baik lakukanlah 5 hal berikut ini untuk mendukung kelancaran kariermu kelak.

1. Tidak sembarangan melakukan posting di media sosial

Di masa kini media sosial merupakan suatu hal yang penting. Melalui media sosial kamu bisa berinteraksi dengan banyak orang, dan bisa mendapatkan beragam informasi. Namun bijaklah menggunakan media sosial, bahkan walaupun saat ini kamu masih berstatus mahasiswa.

Baca Juga : Mahasiswa Wajib Tahu, 5 Cara Mendapatkan Nilai Plus dari Dosenmu

Hal ini bisa membantumu di masa depan nanti, ketika kamu mulai terjun ke dunia kerja. Sekarang ini, banyak HRD perusahaan yang mencari tahu karakter para calon karyawan di perusahaannya melalui media sosial sang pelamar kerja.

2. Rajin bersosialisasi

Selama menjadi mahasiswa, jangan cuma menjadi mahasiswa pasif dan kurang bergaul. Malah sebaliknya kamu harus rajin-rajin bersosialisasi. Bertemanlah dengan banyak orang, bahkan walaupun mereka berasal dari fakultas yang berbeda.

Hal ini bisa melatih kamu dalam membangun networking saat tiba waktunya kamu memasuki dunia kerja nanti. Lagipula punya banyak teman bukanlah hal yang merugikan. Siapa tahu kamu membutuhkan bantuan mereka suatu hari nanti.

3. Ikut aktif berorganisasi di kampus

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan selama menjadi mahasiswa adalah mengikuti organisasi di kampus. Namun tentu saja pilihlah organisasi yang baik dan positif. Dengan ikut aktif dalam suatu organisasi di kampus, kamu bisa melatih kemampuanmu dalam banyak hal.

Seperti bagaimana berbicara di depan publik, bagaimana memecahkan suatu masalah, bagaimana menyusun rencana dalam satu proyek, dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa kamu pelajari dengan aktif berorganisasi di kampus.

4. Manfaatkan waktu luang dengan bekerja part time

Mahasiswa di tingkat awal biasanya masih memiliki banyak sekali waktu luang, berbeda dengan mereka yang sudah ada di tingkat akhir. Karena itu selagi kamu memiliki banyak waktu luang, manfaatkan hal itu dengan sebaik-baiknya.

Daripada hanya membuang-buang waktu percuma, lebih baik mencari pekerjaan part time. Dengan begitu kamu akan dapat memahami dunia kerja yang sebenarnya. Dan kamu bisa memasukkan pengalaman kerja part time ini ke dalam CV kamu, sehingga kamu punya nilai lebih dibandingkan para fresh graduate lainnya.

Baca Juga : 5 Motivasi buat Kamu yang Gap Tahun Kuliah agar Tetap Semangat! 

5. Rajin upgrade dirimu sendiri

Sebagai mahasiswa, memang banyak hal yang bisa kamu pelajari di kampus. Namun jangan terpaku hanya mendapatkan pengetahuan seputar bidang kuliah pilihanmu saja. Misalnya saja kamu kuliah di jurusan akuntansi, jangan terfokus hanya mempelajari seputar akuntansi saja.

Tapi kamu bisa upgrade dirimu dengan mempelajari Bahasa Inggris, belajar mengenai perpajakan, belajar memakai aplikasi atau belajar memakai software akuntansi yang banyak digunakan di perusahaan-perusahaan saat ini.

Sebagai mahasiswa, bukan berarti kamu bisa bersantai-santai dan membuang-buang waktu. Malah inilah saatnya kamu mempersiapkan dirimu, supaya kamu siap memasuki dunia kerja ketika kamu lulus nanti. Karena itulah manfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya.

 

Sumber: Idntimes.com

Komentar