6 Tips Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri yang Sedang Menurun

Hai Sobat ICampus! Dalam hidup ini ada kalanya ekspektasi yang dimiliki tidak sesuai dengan realita yang ada. Kegagalan yang terjadi bisa menyebabkan kepercayaan diri seseorang menjadi menurun lho. Selain itu, meraih Impian tanpa disertai dengan kepercayaan diri dapat menghambat langkah untuk mewujudkan ekspektasi yang  dimiliki.

Tentu kamu tidak ingin bukan jika impianmu hancur berantakan hanya karena kepercayaan dirimu menurun? Nah, berikut ini enam tips jitu yang bisa kamu terapkan agar kepercayaan dirimu yang sedang menurun bisa meningkat lagi.

1. Memperbaiki kekurangan yang ada dalam diri

Tips pertama yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kepercayaan diri yang sedang menurun adalah dengan memperbaiki kekurangan yang ada dalam diri. Contohnya saja seperti memperbaiki penampilan agar terlihat lebih menarik. Kepercayaan diri umumnya akan lebih cepat timbul saat seseorang mendapatkan pujian dari orang lain atas penampilannya yang lebih menarik.

Selain penampilan, kamu juga bisa memperbaiki kekuranganmu lainnya yang sekiranya dapat memicu kepercayaan dirimu menjadi menurun.

Baca Juga : 6 Cara Jitu Atasi Homesick yang Kerap Dialami Mahasiswa Rantau 

2. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Selain memperbaiki diri, kamu juga harus berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain agar kepercayaan dirimu bisa meningkat lagi. Hargai dirimu dengan tidak membandingkan apa yang kamu miliki dengan orang lain. Bisa jadi kekurangan yang ada pada dirimu, malah bisa jadi sumber kesuksesanmu di kemudian hari. Kita tidak akan pernah tahu bukan bagaimana Tuhan memberikan jalan kesuksesan bagi setiap hamba-Nya?

3. Menghilangkan kebiasaan berpikiran negatif

Tips yang ketiga agar bisa meningkatkan kepercayaan diri yang sedang menurun adalah dengan menghilangkan pikiran negatif. Buang jauh-jauh semua pikiran negatif yang ada dalam dirimu, dan ubah pola pikirmu menjadi lebih positif. Dengan berpikiran positif, maka kamu akan jauh lebih percaya diri dan hidupmu juga akan terasa lebih damai. Berpikiran negatif hanya akan membuat jiwa dan pikiranmu menjadi lelah.

4. Lebih fokus pada tujuan yang ingin dicapai dan abaikan pendapat negatif dari orang lain

Salah satu faktor penyebab kepercayaan diri yang menurun adalah karena adanya pendapat negatif dari orang lain. Meski mendengarkan pendapat dari orang lain juga penting agar kita memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi, namun tidak semua pendapat yang diberikan orang lain kepada kita benar-benar tulus dari dalam hati lho. Ada yang memberikan pendapat negatif hanya karena iri dengan apa yang kita miliki.

Oleh sebab itu, jangan terlalu mendengarkan pendapat negatif dari orang lain dan tetap fokus dengan tujuan yang kamu miliki, dengan catatan bahwa tujuan atau impian yang akan kamu raih tersebut bukan sesuatu hal yang negatif.

Baca Juga : 5 Tanda Tak Terbantahkan Kalau Kamu adalah Tipe Pembelajar Auditori 

5. Asah bakat yang dimiliki

Agar kepercayaan dirimu yang sedang menurun bisa meningkat lagi, kamu harus mengalihkan kesedihan yang kamu alami dengan sesuatu yang bisa meningkatkan semangatmu. Contohnya saja seperti dengan mengasah bakat terpendam yang kamu miliki selama ini.

Dengan sibuk mengasah bakat yang kamu miliki, maka kesedihan yang sedang kamu alami gak hanya akan teralihkan namun kepercayaan dirimu juga akan kembali meningkat secara perlahan.

6. Bersyukur kepada Tuhan

Tips terakhir agar bisa meningkatkan kepercayaan diri yang sedang menurun adalah dengan bersyukur kepada Tuhan. Dengan mensyukuri apa yang telah kamu miliki dan apa yang telah kamu miliki, akan membuat hati dan hidupmu menjadi lebih tenang dan damai.

Tidak ada lagi keraguan dalam dirimu karena dengan bersyukur, itu menunjukkan bahwa kamu mempercayai apa yang telah Tuhan berikan padamu adalah yang terbaik untuk hidupmu.

Nah, itulah ulasan enam tips jitu agar dapat meningkatkan kepercayaan diri yang sedang menurun. Selamat mencoba ya!

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar