5 Tips Penting untuk Fresh Graduate yang Baru Masuk ke Dunia Kerja

0-acv

Hai Sobat ICampus! Dunia kerja adalah suatu dunia yang baru untuk para fresh graduate. Karena itu tidak heran, kalau masih banyak di antara mereka yang bingung harus melakukan apa ketika masuk ke dunia kerja. Apalagi ada yang bilang kalau dunia kerja itu sangat ketat persaingannya. Hal ini tentu saja bisa membuat para fresh graduate menjadi semakin takut memasuki dunia kerja.

Padahal nih dunia kerja tidak seseram yang kamu pikirkan. Memang persaingan di sana sangat ketat, namun tidak ada yang perlu kamu takuti. Hal itu malah bisa kamu jadikan tantangan untuk meningkatkan kemampuan dirimu. Untuk kamu para fresh graduate, jangan bingung lagi deh. Inilah lima tips yang bisa kamu terapkan ketika masuk ke dunia kerja.

Baca Juga : Harus Mengerjakan Tugas Tapi Malas? Ini 5 Cara untuk Tetap Produktif! 

1. Berani keluar dari zona nyaman

Dunia kerja memang dunia yang baru dan penuh tantangan. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan dirimu dengan baik ketika mulai masuk ke dalam dunia kerja. Beranikan dirimu untuk keluar dari zona nyaman saat memasuki dunia kerja.

Kesuksesan tidak akan bisa kamu raih, kalau kamu takut untuk memulai. Satu langkah kecil yang kamu buat, jauh lebih baik daripada kamu diam di tempat tanpa melakukan apa-apa.

2. Pilihlah pekerjaan sesuai dengan bidang keahlian kamu

Sekarang ini memang banyak sekali orang yang bekerja diluar bidang, seperti sarjana lulusan sastra ada yang bekerja di bidang akuntansi atau seorang arsitek ada yang bekerja di bidang perbankan. Mungkin kelihatan aneh, namun bukanlah masalah kalau mereka bisa beradaptasi dan mampu melakukan pekerjaannya dengan baik.

Sebagai seorang fresh graduate tentu saja kamu boleh saja melakukan hal itu. Saat mulai memasuki dunia kerja, yang terpenting adalah pilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan dunia kerja yang merupakan dunia baru untuk kamu.

3. Berusaha untuk bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja di kantor

Ketika baru masuk kerja, tentu kamu masih merasa sangat asing dengan lingkungan di tempat kerjamu yang baru. Salah satu cara untuk membuatmu mudah beradaptasi adalah dengan berusaha untuk mengenal rekan-rekan kerjamu, dan menjalin hubungan yang baik dengan mereka.

Di dalam dunia kerja, suasana lingkungan kerja bisa sangat mempengaruhi kinerja kerjamu. Dengan menjaga hubungan baik antar sesama rekan kerja, kamu bisa menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan nyaman.

Baca Juga : 5 Jenis Rasa Takut yang Perlu Dimiliki oleh Kamu yang Ingin Sukses

4. Fokus untuk mengerjakan pekerjaan penting di jam-jam awal masuk kantor

Para fresh graduate seringkali tidak tahu, betapa pentingnya jam-jam awal masuk kantor. Saat baru datang ke kantor, pikiran masih fresh dan stamina masih banyak. Oleh karena itu manfaatkanlah jam-jam awal masuk kantor ini untuk menyelesaikan pekerjaan penting, atau pekerjaan yang memerlukan konsentrasi penuh.

Pekerjaan lainnya yang tergolong ringan, bisa kamu kerjakan setelah makan siang. Di jam-jam ini biasanya stamina tubuh mulai menurun, bahkan ada juga yang mulai merasa mengantuk. Hal ini bisa menyebabkan konsentrasi berkurang. Namun masih cukup aman untuk mengerjakan pekerjaan yang ringan.

5. Jangan ragu untuk menunjukkan kemampuan dirimu

Dalam dunia kerja yang ketat dan penuh persaingan, kamu harus mampu beradaptasi dan menunjukkan kemampuan dirimu untuk dapat bertahan. Menjadi orang yang pasif di dunia kerja, sangatlah tidak menguntungkan.

Walaupun tidak bermaksud pamer, namun jangan pernah ragu untuk menunjukkan potensi dan kemampuan dirimu dalam menyelesaikan pekerjaanmu. Bukan tidak mungkin, hal ini bisa menjadi batu loncatanmu untuk menuju ke posisi atau jabatan yang kamu inginkan.

Itulah lima tips yang bisa diterapkan oleh para fresh graduate yang baru saja memasuki dunia kerja. Tenang saja, dunia kerja tidaklah seseram kelihatannya. Walaupun banyak persaingan, namun yakinlah kamu juga punya kemampuan untuk bertahan di dalam sana.

 

Sumber: Idntimes.com

Komentar