5 Keuntungan Kuliah Online yang Bisa Kamu Nikmati, Bisa Tetap Cerdas!

person-reading-on-ipad

Hai Sobat ICampus! Tingginya biaya kuliah menyebabkan banyak orang mencari alternatif untuk mencari ilmu, salah satunya mengikuti kuliah online. Saat ini sudah mulai banyak orang yang mengambil setidaknya satu kursus online sebagai bagian dari gelar mereka, dan pendidikan online jelas telah menjadi salah satu alternatif pendidikan tinggi yang paling populer saat ini, karena pembelajaran online dapat sama efektifnya dengan pendidikan tatap muka.

Tidak mengherankan jika jutaan siswa dari seluruh dunia saat ini lebih memilih program gelar online atau mengikuti setidaknya satu program kuliah online. Pembelajaran online harus telah membuka peluang besar bagi semua orang yang ingin belajar sesuatu.

Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan dari mengikuti kuliah online yang perlu kamu ketahui.

1. Menawarkan berbagai program studi dan kursus

Banyaknya pilihan studi yang bisa kamu ikuti membuat kamu dapat memilih program impian kamu yang sesuai dengan minat kamu. Kamu dapat menemukan kursus atau program yang kamu butuhkan secara online dan juga kamu dapat memperoleh gelar akademik online, mulai dari sertifikat karir hingga doktor.

Baca Juga : Sama-sama Kuliah 4 Tahun, Inilah 5 Perbedaan Jenjang D4 dengan S1

2. Biaya lebih rendah

Kuliah online memiliki biaya yang lebih terjangkau daripada perguruan tinggi tradisional. Selain gratis, kuliah online tidak ada biaya perjalanan, dan terkadang bahan kursus yang diperlukan, seperti buku pelajaran, tersedia online tanpa biaya.

Selain itu, banyak perguruan tinggi dan universitas ternama dunia telah bekerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan online, serta beberapa universitas ternama dunia juga telah membuka kelas online, seperti MIT opencourseware. Kursus online gratis ini dapat membantu siswa untuk memenuhi persyaratan pendidikan umum untuk meningkatkan kemampuan dan keahliannya untuk meraih karir yang diinginkan.

3. Kenyamanan

Dengan mengikuti kuliah online, kamu bisa mendapatkan lingkungan belajar yang lebih nyaman. Kamu tidak perlu pergi keluar rumah hanya untuk menghadiri kelas. Kamu tidak akan terikat dengan sesi kelas fisik ketika kamu memilih untuk pendidikan online.

Semua kuliah dan materi yang dibutuhkan disediakan melalui platform online, dan kamu bisa mengikuti kelas dan menyelesaikan tugas yang dikirim kepada kamu pun secara online, sehingga kamu lebih mudah mengaksesnya dari rumah kamu tanpa harus pergi ke luar rumah.

Kamu tidak akan menggunakan transportasi umum untuk pergi ke kampus, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk bensin dan parkir kendaraan kamu, kamu tidak harus bangun pagi-pagi hanya untuk pergi ke kampus, dan banyak lagi kenyamanan yang akan kamu dapatkan dari kuliah online.

4. Fleksibilitas dan kemudahan

Kursus online dapat memberi kamu kesempatan untuk merencanakan waktu belajar sesuai dengan kebutuhan kamu, sehingga kamu dapat belajar dan bekerja dengan nyamannya dari mana saja. Selain itu, materi pelajaran juga selalu dapat diakses online tanpa harus pergi ke perpustakaan.

Baca Juga : 5 Penyebab Mengapa Mahasiswa Masih Salah Ambil Jurusan Kuliah 

5. Lebih bisa kosentrasi dan lebih banyak interaksi

Jika kamu termasuk orang yang pemalu, kuliah online menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas lebih mudah daripada dengan tatap muka secara langsung. Kamu bisa lebih banyak berinteraksi dan berdiskusi dengan staf pengajar online. Selain itu, kamu juga dapat lebih berkonsentrasi dalam mengikuti kelas dan pembelajaran karena tidak adanya aktivitas di kelas yang bisa mengganggu konsentrasi belajar kamu, seperti kuliah konvensional pada umumnya.

Semua manfaat dan keuntungan yang diberikan dari kuliah online dapat membantu kamu menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga dengan pendidikan kamu. Kamu tidak perlu ragu dan takut untuk mengambil kuliah online, karena kuliah online juga memberikan gelar dan sertifikat layaknya perguruan tinggi pada umumnya.

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar