Walaupun D3, Jurusan Ini Dapat Langsung Bekerja

img_3558-web-ppa

Hai Sobat ICampus! D3 merupakan jenjang perkuliahan dengan gelar diploma. Walaupun tidak memiliki gelar sarjana, D3 juga dapat mempersiapkan kamu langsung terjun ke dalam dunia pekerjaan. Proses pendidikan D3 pun lebih menerapkan banyak praktik yang mempersiapkan kamu dalam keahlian dan keterampilan lapangan.

Walaupun bergelar diploma, kamu akan diasah untuk siap bersaing dalam dunia kerja dan mampu bersaing dengan mahasiswa yang memiliki gelar sarjana. D3 pun memiliki durasi pendidikan yang lebih pendek daripada sarjana, yaitu selama 3 tahun saja. Salah satu keunggulan D3 adalah kamu bisa memperoleh gelar tanpa perlu mengerjakan skripsi, lho!

Berikut ini beberapa jurusan D3 yang dapat mempersiapkanmu memasuki dunia kerja.

Baca Juga : 5 Kiat Jitu Hadapi Dosen Pembimbing Skripsi Killer Biar Cepat ACC

1. Pariwisata

Ini merupakan jurusan yang cukup luas bagi kalian yang menyukai dunia pariwisata. Jurusan ini mempelajari banyak hal seperti manajemen perhotelan, tour and travel, perhotelan, dunia kuliner, bahkan kalian dapat menjadi pegawai negeri di bawah bidang Kementerian Pariwisata.

Jurusan Pariwisata pun mengajarkan kamu bagaimana cara berkomunikasi, melayani orang lain, dan bahasa yang akan menjadi pegangan kalian untuk bisa langsung memasuki dunia pekerjaan. Bidang pariwisata sedang memiliki pertumbuhan yang baik dan akan terus berkembang.

2. Sekretaris

Jurusan ini pada umumnya identik dengan sosok wanita, karena Sekretaris merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kerapian yang tinggi. Ini salah satu jurusan D3 yang paling dicari karena setiap perusahaan pasti membutuhkan sekretaris. Jurusan ini pun selalu diminati murid untuk meneruskan jenjang pendidikannya setelah SMA.

Proses pendidikan ini pun mengajarkan kamu untuk memahami setiap detail permasalahan, manajemen administrasi, serta memahami teknologi informasi. Kamu juga diajarkan untuk dapat mengatur aktivitas perusahaan dan menjadi perantara pihak-pihak yang berhubungan dengan atasanmu.

Kamu juga akan disiapkan untuk dapat berbahasa asing dan memiliki keahlian komunikasi serta dapat mengoordinasi segala sesuatu. Jurusan ini tidak menutup kemungkinan bagi kamu pria yang ingin berkarya di bidang ini, lho.

3. Perpajakan

Jurusan ini mempersiapkan kamu untuk memahami hal dari segala perspektif mengenai perpajakan, yaitu melalui sisi ekonomi, hukum, dan yang lainnya. Kamu juga akan mempelajari akuntansi untuk menyusun laporan keuangan pajak sesuai hukum yang mengaturnya.

Ketelitian pun sangat dituntut dalam jurusan ini, selain kemampuan menganalisa suatu hal. Peluang pekerjaan dalam jurusan ini pun cukup banyak. Bagi kamu yang ingin menjadi PNS di Direktorat Jenderal Pajak atau Kementerian Keuangan, ini salah satu jurusan yang bisa kamu ambil. Selain itu, kamu juga dapat bekerja di perusahaan konsultan pajak.

Baca Juga : 5 Tips Membuat Skripsimu Dipermudah oleh Sang Dosen Pembimbing 

4. Bahasa Asing

Globalisasi membuka peluang informasi dan kerja sama dengan berbagai negara terbuka lebar. Selain Bahasa Inggris, penguasaan bahasa asing lain menjadi nilai tambah, bahkan penguasaan bahasa asing tertentu sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, khususnya di perusahaan asing. Misalnya saja yang semakin hari semakin banyak dicari, adalah lulusan jurusan Bahasa Jepang, Korea, dan Mandarin.

Peluang pekerjaan yang dapat kamu jadikan sasaran adalah menjadi penerjemah baik itu untuk korporasi sampai pemerintahan, guru bahasa, dan masih banyak peluang lainnya. Di D3 bahasa, kamu dilatih untuk menjadi profesional di bidangnya, tak sekadar fasih berbahasa.

5. Broadcasting

Jurusan penyiaran atau yang biasa dikenal dengan broadcasting juga memiliki program untuk gelar diploma, lho. Sebenarnya, broadcasting juga termasuk dalam studi jurnalistik, tetapi ada beberapa universitas yang memisahkan kedua hal tersebut. Dalam jurusan ini, kamu diajarkan untuk mengemas suatu ide menjadi sesuatu yang menarik dan menjadi konsumsi masyarakat.

Kamu akan semakin memahami apa yang terjadi di belakang layar, terutama di televisi dan radio. Bagi kamu yang sudah bercita-cita untuk bekerja di dunia televisi atau radio, jurusan ini sangat cocok untuk kamu ambil. Nantinya, kamu akan banyak berhubungan dengan penyebaran konten dalam dunia massa.

Menjadi inovatif, kreatif, dan produktif akan kamu pelajari jika masuk dalam jurusan ini. Kamu juga harus memiliki sifat kritis agar dapat menganalisis segala hal, bahkan berlatih untuk menjadi orang yang bisa berbicara di depan layar.

Tertarik menempuh pendidikan dengan gelar diploma? Jurusan mana yang akan kamu pilih?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar