Gak Cuma Jadi Wartawan, Ini 5 Prospek Karier Mahasiswa Jurnalistik

0-askill

Hai Sobat ICampus! Bagi kamu mahasiswa jurnalistik, kalimat tersebut pasti sering banget kamu dengar. Memang benar, para mahasiswa jurnalistik dipersiapkan untuk menjadi jurnalis atau wartawan andal. Meskipun begitu, ilmu-ilmu yang mereka pelajari di perkuliahan mereka ternyata bisa juga lho untuk menempati posisi kerja berikut! Simak yuk, apa saja prospek karier bagi mahasiswa jurnalistik.

1. Content Writer

Mahasiswa jurnalistik memiliki bekal kemampuan menulis yang andal. Oleh karena itu, mereka cocok banget untuk jadi content writer. Tugas para penulis konten ini adalah membuat tulisan yang berkaitan dengan identitas dan branding perusahaan tempatnya bekerja. Setiap harinya, para content writer ditargetkan untuk membuat sejumlah tulisan untuk dipublikasikan.

Hampir semua perusahaan membutuhkan jasa penulis konten ini, terlebih di perusahaan yang bergerak di bidang digital. Oleh karena itu, content writer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari di era digital ini!

Baca Juga : Sama-sama Kuliah 4 Tahun, Inilah 5 Perbedaan Jenjang D4 dengan S1

2. Media Researcher and Analyst

Mahasiswa jurnalistik belajar tentang macam-macam dan perkembangan media. Mulai dari media cetak, elektronik, hingga kini muncul media digital. Oleh karena itu, mahasiswa jurnalistik bisa banget bekerja sebagai media researcher and analyst.

Peneliti media ini bekerja di berbagai sektor industri media, termasuk televisi, radio, film, dan digital. Tugasnya adalah merencanakan, mengatur, dan melaksanakan produksi program dan hasil lainnya dalam berbagai bentuk. Menjadi peneliti media, berarti kamu menjadi penghubung antara eksekutif, kreatif, dan publik di media. Hebat!

3. Social Media Specialist

Social Media Specialist adalah pekerjaan yang banyak diincar generasi millenial. Sebagai generasi yang lahir saat internet berkembang, millenial saat ini gak bisa lepas dari media sosial. Setiap hari, para spesialis media sosial ini mengelola akun media sosial perusahaan dan juga melakukan pengecekan dan evaluasi rutin.

Mahasiswa jurnalistik berbekal ilmu terkait media sosial dan konten multi-platform. Oleh karena itu, pekerjaan ini juga bisa banget kamu jajaki.

4. Creative Production

Media yang bergerak di sektor hiburan pasti memiliki tim kreatif. Tugas para tim kreatif ini sangat vital! Mereka merancang, menyusun, dan menjalankan program acara dalam media. Ketika konsep acara menarik, program acara populer, media tempatnya bekerja juga ikut untung.

Mahasiswa jurnalistik belajar proses produksi suatu media termasuk perancangan program. Dalam tugas kuliah mereka, mahasiswa jurnalistik pasti pernah merancang ide-ide kreatif dalam suatu program. Nah, karena itu kamu bisa banget jadi tim kreatif media!

Baca Juga : 5 Penyebab Mengapa Mahasiswa Masih Salah Ambil Jurusan Kuliah

5. Floor Director

Floor director adalah pekerjaan khusus di media televisi. Floor director menjadi perpanjangan tangan produser dan direktur dalam mengarahkan crew dan audiens di lapangan.

Untuk menjadi floor director handal, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang jelas dan tepat, bergerak cepat, juga koordinasi. Mahasiswa jurnalistik dilatih untuk melakukan reportase dan bekerja di bawah tenggat deadline. Jadi, floor director juga pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa jurnalistik.

Nah, itu 5 prospek kerja mahasiswa jurnalistik selain wartawan. Kira-kira, mana yang paling menarik?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar