5 Pilihan Jurusan yang Menjadi Primadona di Era Revolusi Industri 4.0

0-ain

Hai Sobat ICampus! Revolusi industri secara sederhana merupakan perubahan besar dan radikal terhadap cara manusia memproduksi barang. Perubahan dalam bidang ekonomi, politik, militer dan budaya ini sudah berlangsung selama tiga kali, sekarang memasuki revolusi industri 4.0, yang kerap kali menjadi perhatian oleh berbagai pihak.

Konsep “Industri 4.0” bermula dari pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman tahun 2011. Dari kejadian ini sebenarnya ide “Industri 2.0” dan “Industri 3.0” yang dikenal Revolusi Teknologi dan Revolusi Digital baru muncul. Erat kaitannya dengan penggunaan komputer dan robot sebagai dasar, kemajuan yang sangat terasa dalam mempersiapkan Revolusi Industri 4.0 adalah adanya internet.

Kamu yang sekarang sedang memilih jurusan kuliah, tentu perlu menyesuaikan dengan situasi ini sebagai pertimbangan prospek kerja setelah lulus nanti. Nah, berikut adalah beberapa jurusan yang lulusannya bakal dibutuhkan untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Apa saja? Yuk, simak pada artikel di bawah ini!

Baca Juga : 5 Tips Sukses Mengikuti Ujian di Kampus dengan Sistem Close Book

1. Jurusan Sistem Informasi dengan peminatan Business Intelligence

Salah satu dari empat prinsip perusahaan dalam mengimplementasikan Industri 4.0 adalah Transparansi Informasi, di mana ini merupakan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia secara fisik dan virtual dengan memperkaya model pabrik digital dengan data sensor.

Sekarang semakin banyak perusahaan yang membutuhkan banyak data pada operasi bisnisnya. Misalnya seperti perusahaan e-commerce yang membutuhkan data pelanggan untuk mengetahui pola tingkah laku kebiasaan belanja.

Perusahaan yang mengumpulkan banyak data membutuhkan profesi data scentist untuk mengolah data tersebut, dan mereka harus tahu bagaimana menganalisis secara mendalam serta punya kemampuan berpikir kritis. Jika ingin menjadi data scientist, kemampuan tersebut akan didapat saat kuliah dengan memilih peminatan Business Intelligence pada jurusan Sistem Informasi.

2. Jurusan Sistem Informasi dengan peminatan Software Engineering

Salah satu instrumen penting dalam Revolusi Industri 4.0 adalah penggunaan smartphone yang senantiasan membuat orang terhubung dengan dunia luar. Katakanlah ketika orang melakukan berbagai aktivitas mulai dari berbelanja, perbankan, transportasi, sampai makanan dan hiburan; semuanya begitu mudah dilakukan melalui smartphone.  

Aplikasi yang selama ini disediakan oleh Android dan IOS developver tersebut memiliki ciri masing-masing dan dikembangkan oleh para developer aplikasi. Mereka harus memiliki kemampuan algoritma dan logika yang kuat. Jika kamu ingin menjadi seorang developer aplikasi, ambil kuliah jurusan Sistem Informasi dengan peminatan Software Engineering. Mahasiswa akan dibekali cara untuk membuat aplikasi guna mempermudah masyarakat dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

3. Jurusan IT in Business

Kamu barangkali sudah tidak asing dengan berbagai pilihan aplikasi yang memudahkan dalam rutinitas sehari-hari. Selain dibutuhkan developer dan data scientist yang handal, beberapa perusahaan yang sekarang dijuluki unicorn juga butuh didukung dengan kemampuan bisnis dalam bentuk digital yang mumpuni.

Pemerintah sendiri juga turut mendukung pembangunan startup melalui 1000 startup digital yang akan dicapai pada 2020. Mereka yang terlibat di dalamnya harus memiliki kemampuan berbisnis yang dipadukan dengan teknologi, dan itu bisa kamu peroleh jika memilih jurusan Sistem Informasi dengan peminatan IT in Business.

4. Jurusan Matematika

Masih dalam cakupan profesi sebagai data scientist, jurusan Matematika adalah salah satu yang paling dibutuhkan menjelang Industri 4.0. Perusahaan akan banyak membutuhkan lulusan jurusan Matematika yang punya kemampuan seperti menghitung tabel, diagram, dan grafik dengan jeli. Mereka akan membantu dalam pengelolaan dan menganalisis segala kebutuhan perusahaan yang berhubungan dengan data.

Baca Juga : 5 Perbedaan Antara Sekolah dan Kuliah yang Dirasakan Mahasiswa Baru

5. Jurusan Statiska

Beberapa pekerjaan di masa depan diproyeksikan bakal mengalami peningkatan hingga 33 persen pada tahun 2022. World Economic Forum mencatat dan telah melakukan survei untuk beberapa pekerjaan baru yang bakal terus tumbuh seperti Analis Data, Spesialis Kecerdasan Buatan, Spesialis Big Data, Pengembang dan Analisis Perangkat Lunak serta Aplikasi, Profesional Inovasi, Analis Informasi Keamanan dan Analis lainnya yang berhubungan dengan sistem informasi secara digital.

Tentunya pekerjaan baru yang terus berkembang ini membutuhkan kemampuan statistik deskriptif, peluang, analisis varian, regresi, korelasi, analisis kuantitatif yang dipelajari melalui jurusan statistik.

Itulah tadi beberapa jurusan yang lulusannya bakal sangat dibutuhkan menjelang Revolusi Industri 4.0. Jika kamu berminat untuk ikut terlihat langsung, kamu bisa mempersiapkan untuk memilih kampus yang menyediakan jurusan ini mulai sekarang.

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar