5 Metode Belajar Bahasa Asing Seperti Layaknya Main Game, Cobain Yuk!

reading

Hai Sobat ICampus! Mempelajari bahasa asing yang tidak familiar kita gunakan sehari-hari tentu merupakan tantangan tersendiri. Bahasa apapun yang ingin kamu pelajari, haruslah kamu sukai terlebih dahulu. Tak kenal, maka tak sayang dong pastinya.

Namun, ada satu cara mempelajari bahasa asing agar mudah kita aplikasikan sehari-hari, lo. Yaitu, dengan menganggap bahwa pembelajaran bahasa yang sedang kita lakukan, ibarat sebuah game yang harus kita menangkan.

Bagaimana sih pola pikir yang tepat dalam mempelajari bahasa agar seperti sedang bermain game ini?

Baca Juga : 5 Tips Menghilangkan Rasa Jenuh Saat Belajar, Jangan Dipaksakan! 

1. Semua orang mulai dari level satu dan selalu mau belajar

Ketika mulai memainkan game tertentu, pasti kamu mulai dari level satu kan? Biasanya, dalam level pertama ini, kamu diberikan arahan-arahan oleh aplikasi gamenya tentang apa-apa yang harus dilakukan. Ibaratkan lah pembelajaran bahasa asing ini seperti level pertama tersebut. Kamu harus bersedia diarahkan dan jangan lelah mencari tau apa-apa yang terdapat dalam unsur bahasa tersebut.

Jangan merasa sok bisa dan enggan melihat petunjuk dan arahan yang diberikan.

2. Gak mudah menyerah untuk terus meningkatkan level

Saat bermain game, tujuanmu tentu untuk meningkatkan level kan? Nah, tujuan ini harus kamu terapkan juga dalam mempelajari sebuah bahasa baru. Ketika berhasil menguasai satu tensesatau satu bagian dari bahasa asing, maka kamu harus lebih termotivasi untuk menguasai bagian yang lain.

Terus tingkatkan kemampuanmu, hingga levelmu yang pada mulanya adalah beginner, bisa naik dan meningkat terus sampai menjadi advance, oke?

3. Gak malu dan gak takut untuk mencoba, meskipun berkali-kali gagal

Ketika bermain game, pernahkah kamu merasa malu karena kalah atau harus mengulang di level yang sama? Tentunya gak dong. Nah, terapkan perasaan ini pada saat kamu sedang mempelajari bahasa asing. Gak perlu malu apalagi takut jika masih berada di level yang rendah, semua orang juga berawal dari bawah. So, kamu harus pandai memanfaatkan berbagai situasi untuk melatih kemampuan berbahasamu ya.

Baca Juga : 8 Tips Praktis Meningkatkan Fokus Saat Belajar, Mudah Banget! 

4. Tidak pernah khawatir akan disalahkan oleh orang lain

Dihakimi, dinilai, atau disalahkan orang lain dalam penggunaan bahasa tertentu, pastinya jadi momok yang menakutkan. Gak jarang, kita jadi malas mempraktikkan bahasa tersebut apalagi dengan orang yang lebih mahir. Rasa-rasanya seolah kita sedang dinilai dan akan dijudge. Coba deh tengok kembali saat kita sedang bermain game, pasti cuek aja kan kalaupun disalahkan oleh orang lain?

Tanamkan perasaan cuek seperti ini ketika kamu sedang belajar bahasa. Gak perlu merasa takut akan disalahkan oleh orang lain. Namanya juga masih belajar, ya wajar dong kalau melakukan kesalahan.

5. Nikmati setiap prosesnya dan terus belajar

Bermain game adalah hal yang menyenangkan, selalu bikin ketagihan, dan kita jadi ingin terus meningkatkan level agar lebih baik dari orang lain. Lalu, kenapa gak coba pelajari suatu bahasa dengan perasaan yang sama seperti ketika kita bermain game? Gak rugi, justru kita akan jadi lebih mahir dan lebih lancar serta lebih percaya diri saat harus menggunakan bahasa tersebut di suatu momen

Nikmati setiap tahapan yang sedang kita jalani, terus mencoba dan gak gampang menyerah. Gak cuma game yang bisa kamu taklukan, bahasa asing pun juga. Berani mulai belajar bahasa asing dengan metode ini dari sekarang?

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar