5 Hal Ini yang Pasti Selalu Diingat Para Pejuang Skripsi, Memorable!

collegestudent1

Hai Sobat ICampus! Skripsi bisa dibilang suatu hal yang mungkin diimpikan, tapi juga ditakutkan oleh para mahasiswa dan mahasiswi. Bagaimana tidak? Berkuliah selama 4 tahun dan kelulusanmu bisa ditentukan dengan hasil skripsi yang kamu kerjakan.

Cepat atau lambatnya kelulusanmu juga bergantung dengan caramu menyelesaikan skripsi. Tepat waktukah atau justru terbengkalai.

Kalian yang pernah menjadi pejuang skripsi demi bisa lulus tepat waktu, pasti pernah merasakan 5 momen yang tentu akan diingat sampai kapan pun seperti berikut ini.

1. Menentukan judul yang cocok

Mungkin terkesan sepele hanya menentukan sebuah judul, tapi bagi yang sudah merasakannya pasti tahu betapa sulitnya mencari judul yang cocok dan bisa disetujui oleh dosen pembimbing. Harus berulang kali bimbingan hanya untuk menentukan judul karena judulnya tidak boleh sama seperti yang sudah-sudah.

Baca Juga : 5 Kiat Jitu Hadapi Dosen Pembimbing Skripsi Killer Biar Cepat ACC

2. Berjam-jam di perpustakaan untuk cari referensi

Perpustakaan menjadi salah satu tempat favorit bagi para pejuang skripsi. Apalagi tujuannya jika tidak untuk mencari referensi. Siapapun pasti akan dipaksa untuk mendatangi perpustakaan jika sudah mulai menyusun skripsi karena setiap dosen pembimbing pasti akan menyarankan untuk mencari bahan di perpustakaan.

3. Mengatur waktu bertemu dengan dosen pembimbing

Beruntunglah kalian jika tidak mendapat dosen pembimbing yang tidak terlalu sibuk karena bisa dengan mudah menentukan jadwal kapan akan bimbingan skripsi. Begitupun sebaliknya, selamat jika kalian mendapatkan dosen yang sangat sibuk. Dengan begitu, sama saja seperti melatih kesabaran untuk bisa sabar menunggu waktu bimbingan.

4. Revisi berkali-kali

Setiap kali bimbingan, tentunya kalian juga siap akan coretan ‘cinta’ dari sang dosen di kertas skripsimu. Semakin banyak coretan itu, sudah bisa dipastikan semakin banyak juga revisian yang harus kalian kerjakan. Jika sudah banyak revisian seperti ini, biasanya rasa lelah dan berbagai keluhan mulai bermunculan.

Baca Juga : 5 Tips Membuat Skripsimu Dipermudah oleh Sang Dosen Pembimbing 

5. Sidang dan revisi lagi

Saat hari sidang itu tiba, bukan berarti bisa langsung lulus. Justru setelah sidang juga masih banyak yang harus diperbaiki atau direvisi. Untuk kali ini, tentu harus mengikuti arahan dari dosen penguji.

Jangan dilupakan juga momen saat kalian harus mengejar dosen pembimbing dan penguji untuk bisa mendapatkan tanda tangan mereka di skripsimu.

Itulah 5 hal yang sangat memorable bagi para pejuang skripsi. Seperti halnya seseorang yang ingin sukses, prosesnya tidak secara instan namun penuh dengan perjuangan.

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar