5 Tips Memilih Program Kuliah Online dengan Benar

shutterstock_270706154

Hai Sobat ICampus! Kuliah online telah merevolusi pendidikan konvensional karena telah membuka genre baru yang jangkauan lebih luas. Kuliah online memberikan serangkaian pelajaran yang mudah diakses oleh pengguna internet kapan saja dan bisa di mana saja.

Namun kerap para calon siswa masih bingung dalam menentukan program mana yang lebih baik untuk bisa diambil dan diikuti. Agar kamu tidak salah pilih, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu memilih program dan situs kuliah online dengan benar.

Baca Juga : 5 Kiat Jitu Hadapi Dosen Pembimbing Skripsi Killer Biar Cepat ACC 

1. Identifikasi keterampilan yang kamu butuhkan untuk membantu karier kamu

Dalam dunia yang kompetitif ini kamu dituntut untuk memiliki banyak keterampilan. Semakin banyak keterampilan yang kamu miliki, semakin tinggi pula peluang kamu untuk bisa sukses.

Pikirkan dan identifikasi keterampilan apa yang kira-kira kamu butuhkan untuk bisa membantu karier kamu. Cari bidang-bidang yang menurut kamu perlu kamu bangun dan pelajari untuk meningkatkan diri dan menambah nilai pada kemampuan profesional kamu.

2. Carilah situs kuliah online terbaik yang dapat membantu kamu membangun keterampilan kamu

Setelah kamu mengidentifikasi keterampilan yang kamu butuhkan, luangkanlah waktu untuk mencari situs kuliah online yang paling memenuhi persyaratan untuk meningkatkan kemampuan kamu. Baca setiap situs kuliah online secara terperinci dan pilihlah program-program kuliah yang sesuai kebutuhan kamu untuk meningkatkan karier kamu.

Carilah kursus dari institut terkenal yang memiliki kerjasama dengan kampus kampus ternama dunia dan memiliki pakar-pakar ahli, seperti Indonesiax, Coursera, EdX. Selain itu, pilihlah situs yang memiliki kelas secara live agar lebih interaktif, sehingga cara belajar kamu menjadi lebih efektif dibandingkan dengan sesi rekaman pasif dan terisolasi.

3. Ikuti kuliah yang memiliki metode pembelajaran dengan teknologi canggih

Ikutilah kuliah dengan konten yang relevan dengan industri dan memiliki platform pembelajaran lanjutan yang membantu kamu berinteraksi secara langsung dengan staf pengajar agar lebih efektif untuk peningkatan belajar kamu.

Saat kamu meneliti jalur yang tepat untuk karier kamu, cari tahu sumber daya apa yang mereka tawarkan. Baca juga tentang bagaimana metode pengiriman dan platform pembelajaran mereka. Situs yang memiliki platform berteknologi canggih dan dilakukan secara live akan memberikan pengalaman belajar interaktif.

Baca Juga : 6 Tips Jitu Buat Kamu yang Lagi Galau dengan Topik Skripsi 

4. Cari tahu dengan lembaga mana saja situs kuliah online itu berafiliasi dan periksa kredibilitasnya

Tidak semua situs kuliah online memiliki kerjasama dengan universitas ternama. Namun, sebagian besar situs kuliah online besar memiliki afiliasi dengan institut atau universitas dalam negeri dan internasional untuk gelar dan sertifikasi program kuliah mereka masing-masing dan kredibilitasnya lebih terjamin.

Dengan menambahkan institut atau universitas terkenal ke dalam resume kamu akan memberi kamu keunggulan dibandingkan kompetitor kamu dan akan berdampak positif pada karier kamu, jadi bijaklah saat memilih situs kuliah online yang akan kamu ikuti.

5. Periksa kesesuaian biaya, durasi, dan fleksibilitas waktu

Meskipun banyak situs online yang menawarkan pembelajaran secara gratis, tapi untuk pemberian gelar dan sertifikat kamu harus mengeluarkan biaya tertentu. Selain itu, setiap situs kuliah online juga memiliki fleksibilits dan durasi pembelajaran yang tidak sama.

Lakukanlah perhitungan agar kamu dapat mengelola waktu kamu antara pekerjaan dan pendidikan agar tidak saling bentrok. Berapa banyak waktu yang akan kamu dedikasikan untuk mengikuti kuliah online dan pastikan kamu mengambil semua kelas yang kamu butuhkan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan kamu.

Mengambil dan mengikuti kuliah online memang bisa membantu kamu untuk berkembang, tapi jangan sampai kamu salah pilih program.

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar