5 Tips Mengatasi Rasa Takut Saat Ujian, Dijamin Tenang!

entrepreneur-593358_640-750x496

Hai Sobat ICampus! Rasa takut yang muncul ketika ujian adalah salah satu hal umum yang dapat ditemukan pada setiap siswa yang akan menghadiri ujian. Jika kamu takut ketika menghadapi ujian, kamu tidak akan dapat berprestasi. Ketakutan biasanya mengarah pada stres, sehingga dapat mengembangkan rasa kecemasan dan depresi pada diri kamu. Dan pada akhirnya akan menghasilkan prestasi yang buruk dalam ujian.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa takut saat ujian agar kamu bisa lebih tenang saat menghadapi ujian.

1. Mulailah merevisi lebih awal

Lakukanlah revisi dan peninjauan terhadap bahan-bahan materi ujian yang akan berlangsung. Disarankan untuk memulai revisi dua hari sebelum ujian atau satu malam sebelum ujian agar diri kamu bisa lebih relaks dan tenang.

Baca Juga : 8 Tips Praktis Meningkatkan Fokus Saat Belajar, Mudah Banget!

2. Buatlah jadwal kamu sendiri

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk membuat jadwal belajarnya sendiri. Buatlah jadwal belajar kamu sendiri dan jangan mengikuti orang lain agar kamu bisa lebih fokus. Penting untuk dipahami bahwa setiap individu berbeda dan seseorang harus membuat jadwal atau rutinitas belajar mereka sendiri untuk menjaga potensi mereka tetap terlihat.

3. Menyusun rencana

Merencanakan sesuatu merupakan suatu hal yang baik. Susunlah rencana pembelajaran kamu agar kamu bisa lebih memahami materi-materi ujian secara tepat sasaran. Dahulukan materi ujian mana yang harus kamu pelajari lebih dahulu, lakukanlah dari materi yang paling mudah untuk diingat dan dipelajari terlebih dahulu.

Baca Juga : 6 Tips Note-Taking Agar Tak Tersiksa Saat Belajar dari Catatan

4. Alokasikan waktu untuk istirahat

Belajar terus menerus selama berjam-jam tidak hanya melelahkan tetapi juga buruk bagi kesehatan kamu. Penting untuk beristirahat setelah kamu merasa lelah akibat belajar untuk merilekskan tubuh kamu. Cobalah untuk meregangkan tubuh kamu, minum segelas air atau jus selama istirahat untuk meremajakan tubuh. Menurut para ahli kesehatan, peregangan membantu dalam meningkatkan sirkulasi tubuh.

5. Tidur yang nyenyak

Tidur sangat diperlukan untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Walaupun waktu ujian sudah di depan mata, janganlah kamu memaksakan diri kamu untuk terus-terusan belajar sampai lupa waktunya beristirahat dan tidur. Jika kamu begadang semalaman, saat ujian nanti kamu akan merasa ngantuk dan semua jerih payah belajar kamu akan sia-sia.

Munculnya rasa takut menjelang ujian merupakan hal yang wajar dan sering dialami setiap orang. Yang terpenting di sini adalah bagaimana kamu bisa menghilangkan rasa takut itu dan merubahnya menjadi sebuah kekuatan kamu untuk menghadapi ujian. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk menghilangkan rasa takut kamu ketika ujian.

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar