9 Cara Kerja Sambil Kuliah Supaya Bisa Atur Waktu untuk Tugasmu!

work-for-it

Hai Sobat ICampus! Kamu mahasiswa yang tergoda gaji lumayan dari job sampingan? Pastinya kamu harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin supaya kuliahmu tetap lancar dan job sampinganmu sukses. Gak mau kan tugas kuliahmu keteteran dan dapat nilai jeblok? Langsung saja deh, kamu simak beberapa tips penting ini! Cocok banget buat kamu yang kerja part time sambil kuliah.

1. Atur planning harian secara rutin. Konsistensinya harus kamu jaga!

Melakukan kewajiban kuliah sekaligus kerja tentu membuat waktu luangmu berkurang. Karena keterbatasan itulah, kamu perlu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Membuat planningharian dengan cara mencatat apa saja yang akan kamu kerjakan besok, dapat membuat tubuh dan pikiranmu selangkah lebih siap.

Cukup luangkan waktu 5 menit untuk menyusun planning yang dapat meminimalisir pemborosan waktumu esok hari. Jadwal yang terkontrol akan membuatmu menghadapi aktifitas dengan lebih rileks dan pede. Percaya, deh!

Baca Juga : Ini 5 Tips Skripsi yang Bisa Bikin Kamu Cepat Wisuda!

2. Berani menolak ajakan diluar prioritasmu, kecuali kamu memang benar-benar punya waktu luang

Menjaga konsistensi agar aktifitas harianmu sesuai planning, bukan tanpa kendala. Kamu akan disuguhi berbagai ajakan yang bisa memalingkanmu dari tujuan awal. Jika ajakan itu memang tak terlalu penting, ketegasanmu untuk menolak sangat diperlukan. Sebagai orang yang terbilang sibuk, kamu memang harus punya prioritas dalam memilah mana kegiatan yang mendesak dan mana yang kurang.

3. Karena waktumu terbatas, kerjakanlah tugas kuliah di tempat yang membuatmu khusyuk tanpa gangguan

Job sampingan tentu membuatmu gak punya waktu sebanyak temanmu yang fokus kuliah. Waktu yang kamu gunakan untuk merampungkan tugas harus benar-benar terpakai efektif tanpa gangguan. Kamu bisa mematikan gadget sementara agar gak ada chattingan atau  notif medsos yang mencuri waktu. Saat kamu rasa rumah kos kurang kondusif, kamu bisa beralih ke tempat yang lebih tenang seperti perpustakaan kampus atau taman. Konsentrasi mengerjakan tugas tentu membuatnya selesai lebih cepat, kan?

4. Jangan sungkan meminta bantuan teman kampus jika kamu kurang paham tugas kuliahmu

Daripada kamu menghabiskan waktu menekuni satu tugas yang kamu sendiri kurang paham, cobalah untuk tidak sungkan bertanya atau mendatangi teman dan meminta bantuannya. Ingat, cuma dibantu, ya! Bukan dikerjakan teman secara utuh. Sebab yang terpenting itu bukan hanya tugas kuliahmu selesai, tapi kamu pun paham ilmunya.

Mempunyai teman sebagai partner belajar sangat penting, lho! Dia tak hanya akan membantu tugasmu, tapi juga mengingatkanmu seandainya kesibukkan kerja membuatmu lalai atau lupa pada tugas kuliah. Jadi, milikilah partner belajarmu dari sekarang!

Baca Juga : 5 Hal yang akan Kamu Pelajari Saat Mengambil Jurusan Teknik Lingkungan

5. Saat kamu didera lelah, berbanggalah sebab waktu mudamu tak terbuang percuma

Adakalanya kamu pasti merasa lelah dan keteteran saat tugas kuliahmu menumpuk, sedang waktu yang kamu punya tak banyak! Kamu lantas mempergunakan setiap detikmu dengan kerja keras sampai kurang tidur. Momen perjuangan ini tak perlu kamu keluhkan berlebihan.

Kamu justru harus bangga karena bisa selangkah lebih maju dari mereka yang tidak bekerja. Bersyukurlah, sebab waktumu lebih bernilai dan tak terbuang percuma.  Tuhan telah memberimu kesehatan dan kekuatan, itu artinya kamu memang sanggup melewati perjuangan ini.

Tak sedikit temanmu yang justru terjerumus pada hal negatif karena kesenggangan waktu mereka, kan?

6. Manfaatkan waktu senggangmu sebaik-baiknya untuk rileks tanpa gadget, tubuhmu butuh istirahat

Membuka medsos atau informasi di internet saat waktu senggang memang sudah menjadi kebiasaan generasi milenial. Boleh-boleh saja kamu bermedsos, tapi batasi waktunya! Lebih baik kamu rilekskan badan, tidur-tiduran atau istirahat sekejap agar tubuh lelahmu kembali segar.

Kuliah dan job sampingan tentu sudah menguras energimu, kan? Karena itu sayangilah tubuhmu dengan memberinya waktu beristirahat.

7. Menyicil tugas sebelum deadline dan hilangkan kebiasaan menunda

Kamu pasti sering mendapat tugas besar dari dosen dengan deadline tertentu, kan? Menyicil pengerjaannya adalah kunci buat kamu yang sibuk dengan job sampingan. Kamu bisa memecah perampungan tugas ke dalam bagian-bagian kecil setiap harinya. Hilangkan kebiasaan menunda karena waktumu tak banyak!

Dengan mengerjakan tugas secara bertahap, kamu bisa tetap menghemat energi dan tugasmu gak keteteran saat deadline datang. Bahkan kamu mungkin masih punya waktu untuk mengevaluasi hasil kerjamu. Coba bayangkan jika kamu malah menunda tugas sampai akhir deadline sedang waktumu sempit? Kamu pasti stres sendiri!

8. Pas weekend datang, lakukanlah kegiatan menyenangkan! Gak cuma belajar dan kerja, kamu juga perlu hiburan!

Kamu punya hak untuk tetap bahagia. Hanya saja, orang sibuk sepertimu punya waktu tertentu untuk bergembira. Kapan lagi kalau bukan hari libur? Simpanlah buku-buku kuliahmu dan job sampingan itu. Lakukanlah kegiatan ringan yang kamu suka. Mau pergi sendiri atau bersama teman, sesuaikan saja dengan ritme hatimu.

Melakukan sesuatu yang berbeda dari rutinitas bisa merefresh pikiranmu. Dengan menghibur diri, kamu justru akan mendapat energi baru untuk kembali menekuni kuliah dan segala kesibukannya.

9. Kerja boleh, tapi kuliah tetap harus dinomorsatukan. Ingat, orangtuamu ingin kamu cepat lulus!

Peluang job dengan gaji lumayan memang seringkali menggoda mahasiswa untuk menduakan tujuan. Pastikan kamu tetap fokus pada kuliah sebagai prioritas utama, sedangkan bekerja part time sebagai aktifitas sampingan. Jangan sampai kesibukkan mencari untung, membuatmu lebih memilih bolos kuliah.

Kamu punya tanggung jawab pada almamater dan harapan orangtuamu di rumah. Saat ini kewajiban utamamu adalah belajar dan lulus dengan nilai yang baik. Orangtuamu juga pasti akan merasa lebih lega jika kamu tak melalaikan kewajiban kuliah.

Itu dia beberapa cara mengatur waktu buatmu yang sibuk kerja sambil kuliah. Semoga bermanfaat dan tetap semangat, ya!

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar