5 Tips Menghadapi Wawancara Kerja dengan Baik, Perhatikan Ya!

hadapi-tantangan-global-mahasiswa-dituntut-peka-perkembangan-informasi-gmdbml1otk

Hai Sobat ICampus! Melamar pekerjaan sudah menjadi agenda wajib bagi kita yang telah selesai menempuh pendidikan tinggi. Rutinitas berburu lowongan pekerjaan, baik melalui situs kerja ataupun mengikuti job fair, akan menjadi hal yang sering dilakukan. Rangkaian tes kerja akan semakin banyak dilalui, mulai dari psikotes sampai dengan wawancara kerja.

Sering kali proses saat menjalani wawancara kerja membuat para job seeker merasakan ketegangan dan menjadi gugup. Oleh sebab itu, kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya saat akan menghadapi wawancara kerja. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan saat melakukan wawancara kerja di sebuah perusahaan.

Baca Juga : 6 Jurusan Kuliah Nggak Terkenal yang Punya Prospek Cemerlang di Dunia Kerja. Berani Coba? 

1. Perhatikan penampilan saat datang wawancara

Meski penampilan bukan menjadi penentu utama agar diterima bekerja, tapi ini dapat menjadi salah satu poin penting yang perlu dipersiapkan dengan baik. Karena penampilan merupakan cara awal perusahaan melihat para calon karyawan. Penampilan yang sopan, rapi, dan wangi, akan memberi kesan pertama yang positif.

Hal ini semacam nilai plus yang sudah dapat kita dimiliki di awal. Selain itu, faktor penampilan bisa saja meningkatkan subjektivitas, di samping kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

2. Datang tepat waktu

Faktor eksternal yang patut diperhatikan oleh pelamar kerja adalah masalah waktu. Ketika mendapat panggilan wawancara kerja, ada waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Dengan datang tepat waktu, perusahaan akan mempunyai gambaran bahwa kita memiliki kedisiplinan.

Selain efek positif yang akan kita dapat, dengan datang tepat waktu atau malah lebih awal, kita juga dapat mengatasi kegugupan yang mungkin saja menyerang. Dua keuntungan sekaligus yang kita dapat dari memperhatikan masalah waktu.

3. Tunjukkan sikap yang baik

Sebagai pelamar kerja yang ingin memiliki kesempatan bergabung di perusahaan itu, sudah sepantasnya kita menunjukkan sikap yang baik. Sopan santun merupakan attitude wajib yang harus kita jaga.

Mengucap salam, berjabat tangan, serta berbicara dengan kalimat yang santun, akan turut mempengaruhi penilaian perusahaan pada kita. Sikap yang baik di awal saat wawancara akan menjadi cerminan keseharian kita andai diterima nantinya.

Baca Juga : 5 Tips Biar Sukses Magang, Anak Komunikasi Wajib Merapat! 

4. Jawab pertanyaan dengan tegas dan penuh percaya diri

Sering kali rasa gugup yang muncul akan membuat fokus kita berantakan. Hal ini akan semakin terlihat dari cara kita menjawab setiap pertanyaan. Jawaban yang terbata-bata, ketidakyakinan, dan gestur serta mimik wajah yang kurang percaya diri akan terlihat dengan jelas. Percayalah, tidak ada yang perlu ditakutkan atau dicemaskan dari wawancara kerja. Cukup jawab setiap pertanyaan dengan tegas, yakin, dan penuh percaya diri.

5. Perlihatkan antusias untuk bergabung

Poin akhir yang menjadi penilaian  saat wawancara kerja sering kali malah tidak berkaitan dengan keahlian dan pengalaman kerja sebelumnya. Bukan pula fisik yang menarik atau jawaban yang sempurna, tapi seberapa ingin kita untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Keinginan kuat untuk diterima dan dapat bekerja juga akan memberi penilaian tersendiri. Jadi, jangan sampai kita memperlihatkan kepasrahan sekalipun kita merasa tidak sebaik yang lain.

Nah, itu tadi beberapa tips menghadapi wawancara kerja dengan baik agar dapat diterima. Para pencari kerja, yuk tunjukkan kepercayaan dirimu.

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar