7 Keuntungan Ini Cuma Dirasakan Mahasiswa Jurusan Geografi

0-ageografi

Hai Sobat ICampus! Geografi sering kali menjadi salah satu matapelajaran dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial. Namun, Jurusan Geografi di Indonesia masuk dalam fakultas yang berbeda di setiap universitas. Ada yang berdiri sendiri sebagai Fakultas Geografi, Fakultas Ilmu Sosial maupun Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Meski kadang dianggap sebagai jurusan yang sepi peminat dan tidak termasuk jurusan favorit, tapi tujuh keuntungan berikut ini cuma bisa dirasakan mahasiswa Jurusan Geografi.

1. Pengetahuan lebih luas

Belajar Geografi berarti kamu akan mempelajari berbagai unsur yang ada di Bumi, seperti air, tanah, iklim, batuan, flora, fauna dan manusia. Bahkan kamu juga akan mempelajari berbagai teori tentang terbentuknya Bumi dan bahkan tata surya.

Ketika belajar Hidrologi dan Tanah, kamu akan belajar Kimia juga ketika menentukan kualitas air dan jenis tanah. Berbeda lagi ketika belajar tentang iklim dan batuan, kamu juga akan belajar Fisika.

Selain itu, kamu juga akan belajar Biologi ketika mempelajari persebaran flora dan fauna. Sebab, kondisi geografis akan mempengaruhi jenis flora dan fauna.

Bukan hanya pelajaran IPA, kamu pun bisa belajar statistik dan ekonomi ketika mempelajari tentang manusia. Berarti kamu belajar tentang segala perhitungan terkait penduduk dan bahkan perekonomiannya. Wah, banyak banget kan?

2. Mudah bekerja sama dengan berbagai jurusan lainnya

Pengetahuan yang luas tadi akan membuat mahasiswa Jurusan Geografi lebih mudah untuk bekerja sama dengan jurusan lainnya. Selain pengetahuan, kamu juga akan memiliki skill yang beragam.

Seperti halnya kamu bisa bekerja sama dengan orang dari Jurusan Teknik Pengairan terkait Hidrologi. Bahkan kamu bisa bekerja sama dengan orang dari Jurusan Teknik Informatika untuk pemetaan, lho.

Baca Juga : 8 Langkah Kecil Ini Akan Membuat Harimu Lebih Produktif 

3. Dapat masuk di berbagai bidang pekerjaan

Banyaknya pengetahuan dan skill, tentu memudahkanmu di dunia kerja. Meski mahasiswa Jurusan Geografi identik dengan pemetaan, tapi prospek karier yang cukup menjanjikan tidak melulu di bidang tersebut.

Masih banyak bidang yang bisa kamu pilih sesuai dengan keahlianmu. Kamu bahkan bisa masuk di bidang perencanaan wilayah, perkebunan, kebencanaan, pariwisata, kependudukan dan masih banyak lagi.

4. Lebih mencintai lingkungan

Selama perkuliahan kamu akan mempelajari banyak mata kuliah yang berkaitan dengan lingkungan dan Bumi, baik lingkungan fisik maupun sosial. Kamu akan belajar tentang apa saja yang ada di Bumi beserta prosesnya dan hubungannya dengan manusia.

Seperti adanya kearifan lokal dalam masyarakat yang dapat membantu dalam menjaga lingkungannya. Selain itu, kamu juga akan mengetahui adanya keanekaragaman hayati yang berbeda di setiap daerah dengan keunikannya masing-masing.

Pengetahuanmu mengenai hal tersebut, akan membuatmu lebih memahami lingkungan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

5. Selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Meski kamu mempelajari tentang Bumi dan berbagai unsur di dalamnya, namun peralatan praktikum dan hal yang kamu pelajari akan mengikuti perkembangan zaman. Seperti halnya ketika semester pertama, kamu harus mengerjakannya serba manual, mulai dari perhitungan sampai menggambar peta.

Semester-semester berikutnya kamu akan dikenalkan dengan berbagai perangkat lunak pengolah data yang bisa saja perlu pembaharuan dalam waktu singkat.

Selain itu, kamu juga mempelajari perkembangan suatu negara atau region dari masa ke masa. Bahkan, bisa saja kamu diberi tugas merencanakan suatu wilayah untuk beberapa tahun ke depan.

Baca Juga : 9 Trik Menghadapi Sempro untuk Meyakinkan Dosen, Bahwa Judul Skripsimu Layak Diangkat

6. Serunya traveling sambil belajar

Buat kamu orang-orang eksterovert atau pun yang hobi traveling, Jurusan Geografi bisa menjadi salah satu pilihanmu. Pasalnya, kamu akan melakukan fieldwork, praktikum maupun sekadar observasi di berbagai tempat sesuai dengan matakuliah yang sedang ditempuh.

Teori di kelas hanya perlu beberapa jam, bahkan dosenmu akan sering menyampaikan penjelasan ketika di lapangan. Misalnya saja pada mata kuliah Geologi, Geomorfologi, Oseanografi dan bahkan Penginderaan Jauh, kamu pasti akan ditunjukkan langsung objek di lingkungan sekitarmu. Kamu akan mengkaji karakteristik batuan, bentang alam, sampai hanya survei titik lokasi untuk memvalidasi datamu.

Mungkin traveling sambil belajar atau perjalanan selama fieldwork mu tidak selalu menyenangkan, karena sering di tempat-tempat yang jauh dari permukiman. Namun, kamu yang suka berpetualang atau wisata alam, Jurusan Geografi sangat cocok untukmu.

7. Terbiasa dengan kerja tim

Satu lagi nih keuntungan yang kamu peroleh jika menjadi mahasiswa Jurusan Geografi. Yap, kamu akan terbiasa dengan kerja tim. Selama perkuliahan, kamu akan menempuh banyak matakuliah. Tentu saja beberapa mata kuliah mengharuskanmu melakukan praktikum atau fieldwork.

Kamu harus melakukan survei di beberapa tempat sekaligus atau bahkan melakukan wawancara dalam waktu yang ditentukan. Nah, untuk menyelesaikan tugas tersebut, tentu kamu perlu berkelompok dan berbagi tugas dengan teman-temanmu yang memiliki karakter berbeda.

Nah, itulah ketujuh keuntungan yang cuma dirasakan mahasiswa Jurusan Geografi. Apa kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini? Apa kamu salah satu mahasiswa Geografi atau bahkan sudah jadi alumni?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar