5 Tips Melamar Kerja Tanpa Memiliki Pengalaman Sebelumnya

0-hrd

Hai Sobat ICampus! Jika kamu fresh graduated dan belum memiliki pengalaman kerja, apa yang akan kamu isi pada CV? Pertanyaan ini kerap kali menghantui pelamar kerja yang notabene masih baru lulus dan belum pernah bekerja sama sekali. Di sisi lain, daftar riwayat hidup jadi syarat administrasi pertama yang akan dilihat HRD saat rekrutmen. Tentunya, pengalaman kerja adalah aspek penting yang diprioritaskan rekruter, karena itu dapat menunjukkan kecakapan seseorang dalam bekerja.

Lantas, apa saja yang harus diisi di CV dan bagaimana kamu meyakinkan perusahaan yang kamu lamar meski belum punya pengalaman kerja? Jika kamu termasuk salah satu yang masih bingung untuk mengisi kolom pengalaman kerja di CV, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Baca Juga : Jangan Abaikan 5 Hal Penting ini Saat Melamar Pekerjaan 

1. Katakan jujur saja kalau kamu belum pernah bekerja, ganti dengan pengalaman organisasi yang kamu punya

Kamu barangkali seperti para lulusan baru lain yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Namun, kamu masih bisa mengisi CV dengan pengalaman kerja sukarela, kegiatan di kampus, atau bahkan hobi yang menunjukkan prestasi. Ini akan membuat para HRD melirik karena ternyata meski belum berpengalaman, kamu aktif di organisasi kampus.

Para rekruter akan menilai itu dari pencapaian kamu terhadap hasil kerja, seperti misalnya tepat waktu menyerahkan deadline di acara organisasi. Sampaikan hasil kerjamu atau ceritakan tentang kerja sama tim yang pernah kamu lakukan saat mengikuti acara atau kegiatan tertentu. Pengalaman yang cocok dengan posisi yang kamu lamar ini yang akan menjadi tolak ukur bagi rekruter untuk memilihmu.

2. Tampilkan kemampuan atau keterampilan khusus yang kamu miliki di satu bidang tertentu

Keterampilan khusus atau kemampuan tertentu yang kamu miliki akan menjadi nilai tambah para rekruter saat hiring. Pasalnya, kamu bisa mempresentasikan diri kamu melalui keterampilan khusus yang spesifik misalnya kamu yang punya sertifikasi dan tahu bagaimana memberi pelatihan tentang K3 perusahaan, bagaimana mengoperasikan media sosial, atau paham bagaimana jadi auditor proyek tertentu. Biasanya perusahaan akan menyukai pelamar yang memiliki kemampuan spesifik yang dibutuhkan.

Pada CV, jelaskan kalau kamu memahami kemampuan tersebut. Kamu bisa menguraikan kalau dahulu pernah menjalani saat magang atau mengikuti satu proyek.

3. Sortir perusahaan mana saja yang sekiranya bisa kamu lamar

Banyak dari pelamar yang gagal hanya karena melamar pada posisi atau perusahaan yang tidak sejalan dengan jurusan, keahlian, atau pengalaman organisasi mereka. Untuk itu, kamu seharusnya memperhatikan apakah perusahaan memiliki kualikasi tertentu atau tidak. Bagi beberapa perusahaan, ada yang memprioritaskan pengalaman kerja di bidang yang sama atau harus memiliki keterampilan khusus. Setiap perusahaan memiliki karakter berbeda.

Kalau kamu sering melamar melalui online, pakai penyaring yang kerap dipakai di halaman website pencari kerja. Apabila ada tab untuk tidak memiliki pekerjaan, centang atau pilih. Cara itu nanti akan memunculkan pekerjaan apa saja yang tidak perlu pengalaman kerja.

Baca Juga : 5 Tips Biar Sukses Magang, Anak Komunikasi Wajib Merapat!

4. Maksimalkan melamar pekerjaan di website atau grup pencari kerja

Salah satu akses paling mudah untuk mencari kerja tanpa memiliki pengalaman adalah grup pencari kerja. Pada grup pencari kerja, kamu bisa bertukar ilmu dan pikiran. Di sisi lain, semakin kamu aktif semakin perusahaan tahu dan mempertimbangkan CV kamu.

Terkadang orang mendapatkan pekerjaan dari hal-hal yang tidak pernah diduga sebelumnya. Makanya, penting untuk perusahaan tahu kalau kamu sedang dalam masa mencari kerja. Ini bukan hal aneh, karena justru dengan ini kamu dapat memiliki banyak relasi yang menuntunmu mendapatkan pekerjaan yang kamu mau.

5. Rajinlah bertanya pada senior atau mungkin dosen perihal pekerjaan yang dapat kamu lamar

Jalinlah relasi seluas mungkin melalui kampus, senior, atau bahkan dosen kamu. Ini akan memperluas pandangan kamu tentang pekerjaan dan perusahaan apa saja yang sepertinya cocok dengan latar belakang pengalaman yang kamu miliki. Rekruter biasanya juga memiliki kriteria terhadap latar belakang pendidikan atau pelamar dengan sertifikasi tertentu. Karena kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu harus mengeluarkan tenaga lebih untuk hal ini.

6. Isi CV dengan pengalaman relevan sesuai perusahaan dan posisi yang kamu lamar

Kamu dapat mengisi CV dengan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Seperti misalnya ketika kamu ingin melamar di bidang desain grafis, sertakan pengalaman magang dan berbagai prestasi  yang pernah kamu peroleh di bidang itu.

Rekruter biasanya lebih menyukai seseorang yang secara konsisten mau menggeluti bidang tertentu. Ada pula tipe perusahaan yang lebih mengutamakan passion , minat, atau bakat kamu di atas segalanya.

Belum memiliki pengalaman kerja bukan berarti kamu harus kalah dengan mereka yang sudah punya banyak pengalaman. Semoga beberapa hal tadi dapat membantumu ya!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar