6 Profesi Baru yang Fleksibel dan Menjanjikan. Cocok Juga untuk Fresh Graduate yang Mencari Pengalaman

0-ajob

Hai Sobat ICampus! Lulus kuliah dan menjadi sarjana bukan berarti perjuangan berakhir lho. Justru kamu memasuki babak baru dengan perjuangan yang lebih berat, yaitu mencari pekerjaan yang cocok. Kamu akan mengalami dilema, tentang mau kerja sesuai bidang atau coba menekuni hal lain yang lebih menjanjikan.

Dulu, bekerja harus di kantor mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Telat sedikit bisa terancam potong gaji dan gonjang-ganjing ekonomi. Tapi sekarang di era digital ini, profesi pun semakin beragam. Bahkan saat ini semakin banyak profesi baru yang bisa dilakukan di mana saja. Kabar baiknya, pendapatannya pun cukup besar. Nah, untuk kamu fresh graduate yang sedang mencari-cari pekerjaan, mungkin beberapa profesi ini bisa kamu coba dan beberapa kegiatan yang bisa pakai kapasitas smartphone saja.

1. Bila kamu lulusan IT atau paham dunia pemrograman, gaji besar sudah menanti. Seorang web developer nggak perlu datang ke kantor seminggu lima kali

Seiring berjalannya waktu, profesi web developer semakin dibutuhkan karena kini semua-semua serba digital. Nah, menjadi developer nggak mengharuskan kamu masuk kantor kok. Membangun dan memelihara sebuah website bisa dilakukan di mana saja ‘kan. Yang penting kamu selalu terkoneksi dengan internet sehingga siap kapan pun dibutuhkan. Pendapatannya? Nggak perlu diragukan karena satu project saja dihargai sampai jutaan.

Baca Juga : Kalau 6 Kiat ini Sudah Kamu Lakukan, Niscaya Habis Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja

2. Suka nulis sayang banget kalau nggak dimanfaatkan. Jadi content writer juga menjanjikan karena sekarang banyak permintaan konten yang beragam

Belakangan sedang ramai nih jasa pembuatan caption oleh seorang selebtweet dan selebgram. Ini membuktikan kalau permintaan konten juga semakin beragam. Dulu mungkin cuma artikel ataupun berita. Sekarang caption media sosial pun bisa dibisniskan. Nah, kamu yang punya bakat dan senang menulis, nggak mau mencoba nih? Misalkan setiap caption kamu hargai 100-150 ribu, bayangkan bila dalam sebulan kamu menerima order 30 caption.

3. Dunia marketing sekarang semakin luas. Kamu bisa juga jadi seorang digital marketer, orang pemasaran yang nggak harus jago jualan

Kalau mendengar kata marketing, kamu pasti langsung teringat pada jualan. Sebenarnya inti dari pekerjaan digital marketer juga sama, yaitu meningkatkan penjualan melalui berbagai media digital. tapi caranya ada banyak. Salah satunya adalah melalui optimalisasi SEO, targetting iklan di Facebook, membuat konten marketing seperti newsletter, dan advertorial. Meski sama-sama jualan, tapi nggak harus langsung berhadapan dengan customer.

Baca Juga : 5 Langkah Mencari Pekerjaan Bermodal Sertifikat Seminar dan Magang. Fresh Graduate? Aman 

4. Media sosial jadi satu ranah baru yang super menjanjikan untuk promosi. Karena itu, profesi Social Media Strategist juga sangat dibutuhkan

Coba bayangkan kalau kamu bisa main medsos seharian dan dibayar? Pasti seru banget ya. Nah, itulah kurang lebih tugas seorang social media strategist, yaitu mengelola media sosial perusahaan. Nggak cuma asal posting lho, karena mengelola di sini tentunya termasuk memoles nama baik perusahaan, menyampaikan produk-produk baru, dan lain sebagainya melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. Karena itu, menjadi seorang social media strategist kamu dituntut up dateapa yang hits hari ini, komunikatif, dan pastinya kreatif. Nggak perlu datang ke kantor, karena main medsos bisa di mana-mana. Bahkan kalau nggak mau ribet, kamu bisa menggunakan smartphone saja untuk semua kegiatan di media sosial.

5. Dunia kreatif adalah pilihan menjanjikan. Kalau kamu suka gambar dan paham aplikasi desain, kenapa nggak jadi Graphic Designer saja?

Menjadi graphic designer atau desainer grafis juga bisa kerja dari mana saja. Asalkan brief yang dikirim sudah menjelaskan konten yang diinginkan harus gimana, pekerjaan bahkan bisa dilakukan di kamar sambil gegoleranFeedback dan revisi tinggal dikirim via email. Wajar sih kalau sering dikira pengangguran, karena kamu terlihat “nggak pernah ke mana-mana”. Tapi sekalinya satu invoice cair, kamu bisa hura-hura nih.

6. Makin banyak orang sibuk, semakin butuh mentor privat dengan metode praktis. Menjadi guru bahasa asing online juga semakin menjanjikan

Bahasa asing adalah kebutuhan tersendiri di masa kini. Entah itu untuk persiapan tes TOEFL/IELTS, atau sekadar untuk skill berkomunikasi sehari-hari. Tapi seiring perkembangan zaman dan meningkatnya kesibukan, banyak lembaga yang mengembangkan metode les yaitu online, dengan email dan skype. Malah makin praktis bukan? Menjadi tutor online kamu nggak butuh uang transport. Yang penting internet lancar, penghasilan juga lancar.

Nah, gimana? sudah tentukan mau coba yang mana?

 

Sumber : Hipwee.com

Komentar