5 Hal yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Sebelum Masuk Kuliah

0-amaba

Hai Sobat ICampus! Dunia perkuliahan menjadi salah satu bagian yang paling ditunggu para pelajar yang baru saja resmi lulus dari seragam putih abu-abu. Pelajaran yang lebih mendalam, pertemanan yang luas dan peraturan baru membuat para calon mahasiswa gak sabar untuk segera mencicipi bangku perkuliahan.

Eits, tapi tahan dulu guys karena sebaiknya sebelum masuk kuliah kamu perlu mengetahui hal-hal penting seperti di bawah ini. Penasaran? Langsung simak penjelasannya di bawah!

Baca Juga : 6 Jurusan Kuliah Nggak Terkenal yang Punya Prospek Cemerlang di Dunia Kerja. Berani Coba?

1. Banyak mengggali informasi tentang jurusan

Mencari informasi lebih detail tentang jurusan yang akan kalian pelajari selama di bangku perkuliahan itu penting dilakukan. Meskipun kamu sudah mantap memilihnya sejak jauh-jauh hari namun memperdalam informasi gak akan merugikan lho. Kamu bisa mencari tahu bagaimana jurusan yang ada di kampusmu nanti agar lebih mudah beradaptasi saat perkuliahan dimulai.

2. Perbanyak kenalan dengan sesama mahasiswa baru

Sampingkan dulu sifat pemalu atau malas berinteraksi dengan orang lain di saat seperti ini. Memperbanyak kenalan antar sesama mahasiswa baru bukan cuma seru karena pertemananmu bertambah luas tapi ini juga bisa jadi jembatan informasi yang banyak membantu kalian.

Di zaman serba canggih ini sosial media berperan penting menjadi salah satu sarana edukasi yang membuat para calon mahasiswa bisa berkenalan secara online meskipun belum pernah bertemu sebelumnya.

3. Aktif selama kegiatan pengenalan kampus

Ketika masa pengenalan kampus tiba jangan sungkan untuk menjadi maba yang aktif. Kamu bisa mengeksplorasi banyak hal baru dan mendapat pengalaman seru jika menikmati proses pengenalan kampus. Berani aktif sama dengan membuat dirimu maju selangkah lebih cepat dibanding mereka yang pasif. Kalian mudah dikenal dan mendapat kemudahan ketika proses belajar secara resmi dimulai.

Baca Juga : 5 Kunci Persiapkan Kesuksesan yang Sering Terlewatkan

4. Mencari bimbingan dasar dengan kakak tingkat

Bukan berarti kamu harus PDKT dengan kakak tingkat di masa awal masuk kuliah guys. Namun cari kakak tingkat yang bisa memberi bimbingan yang tepat untuk mahasiswa baru seperti kalian, mereka yang dapat memotivasi dan memberi sudut pandang baiknya tentang suka duka berkuliah di tempat yang kalian pilih. Melakukan hal seperti ini bisa membuatmu jadi lebih paham dan nyaman untuk memulai dunia perkuliahan.

5. Harus tetap fokus pada tujuan berkuliah

Dan hal yang paling penting dilakukan oleh mahasiswa baru sebelum berkuliah itu adalah memfokuskan diri terhadap tujuan yang dipunya. Untuk apa kalian berkuliah? Apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan itu? Apa hal yang seharusnya dihindari dan tidak dilakukan? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus kalian rumuskan dan ingat baik-baik agar ketika perkuliahan dimulai kamu tetap berada di jalur yang seharusnya.

Menjadi mahasiswa baru sering bikin deg-degan karena dunia perkuliahan menyimpan banyak teka-teki dan keseruan yang tidak diduga. Sejauh ini sudah seberapa mantap persiapan kalian untuk mulai berkuliah guys?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar