5 Kiat Mengisi Waktu Libur Kuliah yang Produktif dan Bermanfaat

perairan

Hai Sobat ICampus! Liburnya mahasiswa bisa dibilang masa libur terpanjang yang pernah dimiliki pelajar. Pasalnya bukan lagi hitungan minggu namun mahasiswa mendapat jatah libur kuliah kurang lebih 1-3 bulan lamanya per semester.

Kalau gak digunakan untuk hal-hal yang berfaedah sayang banget kan waktu senggang ini terbuang begitu saja? Nah, buat para mahasiswa yang masih asyik liburan di rumah berikut ini ada 5 kiat mengisi waktu libur kuliah dengan produktif.

Baca Juga : 5 Kunci Persiapkan Kesuksesan yang Sering Terlewatkan

1. Realisasikan hobi yang bisa bernilai

Kamu bisa mulai fokus dan merealisasikan minat yang selama ini terpendam dalam jiwamu. Beranikan diri untuk mengambil tindakan nyata dari hobi yang sebenarnya bisa menjadi pundi-pundi penghasilan.

Kini ada banyak pekerja lepas yang berawal dari mahasiswa dan bisa sukses menggeluti hobinya. Kembangkan minat berjualan, fotografi, menulis, atau mendesain menjadi sesuatu yang serius dan bisa diperjual belikan. Kalau bukan sekarang mau kapan lagi guys?

2. Turun tangan dalam tugas rumah

Para perantau yang biasa jauh dari orang tua dan menikmati waktu liburan di rumah, saatnya kalian mencicipi tugas rumah. Bukan berarti tersiksa namun membantu tugas rumah bisa membuat jiwa kebersihanmu bertambah dan meringankan beban orangtua.

Meskipun sisi produktif yang satu ini gak menghasilkan uang tapi melihat senyuman dari orangtuamu pasti lebih menyenangkan bukan?

3. Ikut komunitas sosial atau kemanusiaan

Nah, buat kamu yang punya jiwa sosial tinggi coba terlibat dalam komunitas yang sesuai dengan hal yang kamu sukai. Banyak gerakan peduli kemanusiaan atau peduli lingkungan yang siap menerima anggota baru atau para volunteer.

Jangan mengharapkan imbalan dana dari kegiatan seperti ini, tapi rasakan betapa banyaknya pengalaman serta pelajaran hidup yang bisa kamu petik dan secara tidak sadar telah memperkaya dirimu lewat cara lain.

Baca Juga : 5 Tips Biar Sukses Magang, Anak Komunikasi Wajib Merapat!

4. Belajar bahasa asing sambil mengasah otak

Memang terdengar klasik tapi bahasa asing seperti ilmu yang gak pernah mati. Yap, bahasa menjadi salah satu acuan dalam berkomunikasi. Mempelajari bahasa asing sama saja mengasah otak dan membuat skill-mu semakin bertambah. Belajar bahasa asing secara intensif selama waktu libur kuliah bisa bikin daftar kemampuan jadi makin bertambah!

5. Rutin berolahraga bentuk badan ideal

Nah, kalau yang terakhir efeknya bisa kamu rasakan sendiri. Memiliki tubuh yang sehat pastinya membuat hari semakin produktif. Membentuk badan ideal dalam waktu 2-3 bulan itu bukan hal yang mustahil lho.

Waktu libur memang ditujukan untuk beristirahat dari padatnya rutinitas. Namun hal itu gak seharunya bikin kamu jadi bebas bermalas-malasan tanpa melakukan satupun kegiatan berfaedah. Sayang banget kalau waktu libur terbuang padahal kamu bisa bebas melakukan kegiatan mudah nan bermanfaat seperti lima di atas tadi.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar