Sah Jadi Mahasiswa Baru, 10 Info Seputar Kampus Ini Wajib Kamu Tahu

8

Hai Sobat ICampus! Setelah SNMPTN-SBMPTN selesai digelar, kini beberapa universitas yang membuka penerimaan jalur mandiri mulai mengumumkan hasil akhir. Para peserta yang lolos seleksi akhirnya sah menyandang status mahasiswa baru. Selamat, ya!

Eits, jangan lama-lama larut dalam euforia status baru. Kamu harus segera mempersiapkan kegiatan perkuliahan yang sebentar lagi akan dimulai.

Selain urusan administrasi, perlengkapan alat tulis, dan tempat tinggal bagi mahasiswa rantau, sepuluh informasi dasar seputar kampus di bawah ini wajib segera kamu cari tahu. Bekal buat para mahasiswa baru, nih biar lebih cepat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Yuk, simak dan masukkan dalam agenda utamamu!

1. Mengumpulkan info tentang prodi yang kamu ambil

Saat memilih prodi, kamu pasti sudah punya gambaran singkat seputar bidang ilmu, peluang kerja, atau hal-hal yang pernah dibahas sewaktu SMA. Nah, setelah dinyatakan lolos seleksi, saatnya menggali lebih dalam tentang program studi yang kamu ambil.

Cari tahu mata kuliah dasar yang akan dipelajari, juga penelitian dan kegiatan ilmiah yang sudah dipublikasikan. Informasi ini bisa menjadi modal agar kamu lebih mudah di awal mengikuti perkuliahan.

Baca Juga : Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia 

2. Letak gedung perkuliahan

Meski perkuliahan belum dimulai, gak ada larangan kok untuk main-main ke kampus sambil mengenali lingkungan belajarmu kelak. Di sana kamu bisa banyak bertanya pada petugas keamanan atau mahasiswa yang sedang berkegiatan.

Gedung pertama yang harus kamu cari adalah ruang kelas atau ruang kuliah. Biasanya dalam satu fakultas terbagi menjadi beberapa area sesuai prodi. Ada juga ruang kelas yang bisa dipakai bergantian oleh beberapa prodi. Tapi biasanya ada sederet ruang kelas khusus milik prodi tertentu.

Sambil mengenali ruang kelasmu nanti, kamu bisa mengamati kegiatan beberapa mahasiswa yang tetap di kampus saat musim liburan. Gak ada salahnya, lho basi-basi sambil bertanya tentang apa yang sedang mereka kerjakan.

3. Lokasi perpustakaan

Setelah mengetahui di mana gedung kuliahmu, jangan lupa mencari tahu lokasi perpustakaan pusat dan milik fakultas. Beberapa diktat kuliah yang sulit dicari atau mahal harganya, bisa diakali dengan meminjam di perpustakaan.

Tiap prodi dan fakultas biasanya memiliki gedung perpustakaan masing-masing. Tapi kalau ingin membaca buku dengan cakupan keilmuan lebih luas, main-main ke perpustakaan pusat gak akan membuatmu dicap kutu buku, kok.

4. Ruang petugas akademik dan kemahasiswaan

Gedung lain yang gak kalah penting untuk kamu ketahui sejak awal adalah ruang petugas akademik dan kemahasiswaan. Fungsinya hampir mirip dengan bagian Tata Usaha di SMA.

Kelak jika membutuhkan surat pengantar, stempel resmi untuk legalisir, hingga informasi seputar beasiswa, ruang kemahasiswaan adalah tempat yang harus kamu tuju.

5. Lokasi kantin

Jangan lupakan urusan perut, lokasi kantin juga sebaiknya kamu cari tahu sejak awal. Beberapa kampus sudah memiliki kantin yang terpusat di satu area tertentu. Namun ada juga kampus yang membiarkan lokasi kantin tersebar di banyak titik.

6. Nomor Induk Mahasiswa (NIM)

Setelah melakukan registrasi ulang dan verifikasi mahasiswa baru, kamu akan mendapatkan nomor induk mahasiswa. Biasanya langsung disertai dengan KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa. Identitas ini penting, lho untuk kamu jaga sampai lulus nanti.

7. Dosen wali/pembimbing akademik

Informasi soal dosen wali atau pembimbing akademik biasanya disampaikan saat orientasi mahasiswa baru oleh staf program studi. Dosen wali ini bertindak seperti wali kelas di SMA. Bedanya, dosen wali berlaku selama kamu berstatus mahasiswa atau sampai dinyatakan lulus.

Dosen wali bertugas membimbing mahasiswa saat memilih mata kuliah, mengesahkan KRS (Kartu Rencana Studi) dan KHS (Kartu Hasil Studi), serta memantau perkembangan kegiatan akademik.

Dosen wali bisa dijadikan teman curhat juga, lho saat kamu mengalami kesulitan dalam kegiatan akademik.

Baca Juga : 5 Cara Mengisi Waktu Luang Sambil Menunggu Wisuda, Biar Gak Gabut!

8. Jadwal kuliah

Setelah berkenalan dengan dosen wali, mencari tahu jadwal kuliah adalah agenda penting berikutnya. Bisa dilihat di laman resmi milik program studimu, atau melihat pengumuman resmi dari staf akademik.

9. Berkenalan dengan teman satu angkatan dan satu prodi

Sambil beradaptasi dengan suasana baru, perbanyak berkenalan dengan teman-teman satu angkatan dan satu prodi. Mereka adalah rekan seperjuanganmu hingga lulus nanti, lho.

Di sini bagian serunya, kamu bisa bertemu dengan teman-teman yang berasal dari banyak daerah. Gak cuma menjadi teman belajar, kalian bisa bertukar cerita, pengalaman, serta merintis kegiatan positif bersama dan cari jodoh sekaligus.

10. Mencari kenalan kakak tingkat

Lupakan soal senioritas yang beberapa kali masih memunculkan berita gak sedap di media. Tiap universitas kini lebih ketat memantau kegiatan masa orientasi mahasiswa baru agar terhindar dari praktik senioritas.

Peran kakak tingkat sebenarnya gak kalah penting dalam perjalanan kuliahmu, lho. Mereka bisa dijadikan teman sharing, berbagi pengalaman, membimbingmu yang masih beradaptasi dengan suasana baru, hingga meminjamkan diktat atau kumpulan soal latihan.

Jika sepuluh info dasar seputar kampus di atas sudah kamu kuasai, dijamin proses adaptasi sebagai mahasiswa baru bakal terasa lebih menyenangkan. Selamat menjalani status baru dan semangat belajar, ya!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar