Mahasiswa Baru Harusnya Tak Perlu Mencemaskan 5 Hal Ini!

img_3558-web-ppa

Hai Sobat ICampus! Tahun Ajaran Baru 2019/2020 sudah di depan mata, untuk kalian para mahasiswa baru pasti gak sabar ya mencicipi bangku kuliah yang tentu berbeda dengan bangku sekolah. Ada dari kalian yang mungkin juga sedang mencemaskan banyak hal menjelang awal kuliah, apalagi kalian yang sudah terlanjur nyaman di bangku sekolah mungkin akan terasa asing memasuki dunia perkuliahan yang serba mandiri.

Tapi tenang aja, kuliah itu gak serumit seperti bayanganmu kok. Beberapa hal ini juga mungkin gak perlu kamu cemaskan terlalu berlebihan, cukup dipersiapkan dengan matang dan dipikirkan sewajarnya saja ya.

1. Kamu pasti akan mendapatkan teman baru, gak perlu cemas harus kemana-mana sendirian

Salah satu problem yang biasanya melanda mahasiswa baru adalah takut tidak mendapatkan teman. Padahal saat kuliah gak cuma kamu aja lho yang belum punya teman, banyak dari mereka yang juga merantau dan tinggal sendirian untuk kuliah. So, kalian pasti akan mudah mencari teman, apalagi mereka juga gak mungkin dong menolak kenalan sama kamu, justru kalian akan sama-sama membutuhkan nantinya.

Baca Juga : 5 Tips Biar Sukses Magang, Anak Komunikasi Wajib Merapat! 

2. Jangan takut sama kegiatan ospek mahasiswa baru, anggap saja pesta selamat datang

Tak jarang memang kegiatan ospek menjadi hal yang ditunggu-tunggu sekaligus meresahkan bagi mahasiswa baru. Tapi kamu sebenarnya gak perlu cemas kok sama ospek yang kebanyakan orang bilang menyeramkan. Pada intinya kegiatan ospek ini melatihmu untuk bisa mandiri dan juga mampu bekerja sama dalam kelompok. Kamu sebenernya gak perlu lagi tuh meminta bantuan orang tua untuk mengerjakan tugas ospekmu, karena teman-temanmu bakalan membantu kamu kok. Kamu hanya perlu bersenang-senang pada saat ospek, karena kegiatannya sangat langka dan kamu justru bakal kangen lho nantinya.

3. Kamu juga gak perlu cemas dapat dosen killer

Sebagai calon mahasiswa baru, kamu pasti penasaran banget dosenmu seperti apa nanti, bisa jadi kamu sudah takut duluan kalau kamu bakal dapat dosen killer yang menyusahkan mahasiswa. Nah kalau kamu sudah berpikir negatif bahkan sebelum tahu dan memulai kegiatan kuliahmu, kayaknya kamu bakal sulit deh beradaptasi dengan berbagai macam sifat dosen karena penilaianmu itu. Alangkah baiknya kamu lebih mempersiapkan dirimu untuk melakukan yang terbaik pada saat kuliah pertamamu dan seterusnya, siapa tahu kamu justru langsung jadi mahasiswa favorit dosen kan.

4. Gak usah terlalu memikirkan ikut UKM apa, kalau kamu tahu kegiatan yang kamu sukai, kamu pasti gak akan kebingungan

Kamu juga gak perlu mikir sampai pusing tentang kegiatan UKM apa yang harus kamu ikuti. UKM itu bisa kamu lakukan kapan saja kamu mau dan kamu siap kok. Misalnya, semester pertama kamu ingin beradaptasi dulu dengan kegiatan kuliah dan lingkunganmu, gak masalah. Kamu gak perlu buru-buru untuk ikut UKM, karena kamu juga sebenarnya harus pintar-pintar mencari wadah kegiatan yang memang sesuai sama minat kamu, yang penting kamu gak cuma ikut-ikutan temen aja ya.

Baca Juga : Lakukan 5 Langkah Ini Supaya Persentasimu Brilian di Hadapan Dosen

5. Kamu boleh siapkan mental, tapi jangan berlebihan, nanti kamu bisa stres sendiri

Yang terakhir dan yang terpenting adalah sikapmu saat nanti kamu memulai lembaran baru sebagai mahasiswa. Kuliah memang sangat berbeda dengan kegiatan sekolah yang mungkin sudah nyaman bagimu. Tapi bukan berarti kamu harus takut untuk memulai, kamu boleh siapkan mentalmu agar lebih siap untuk hidup mandiri dan bertanggung jawab, tapi gak usah berlebihan ya, karena kalau kamu berpikir berlebihan bisa jadi hal yang mudah malah kelihatan sulit bagimu karena kamu terlalu cemas jika kamu tidak melakukan yang terbaik.

Gimana? Kamu gak perlu lagi dong terlalu mencemaskan hal-hal tadi. Kamu cukup berpikir positif dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang untuk membuat kegiatan kuliahmu berjalan menyenangkan.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar