Takut Salah Pilih Kampus? Pastikan Punya 5 Poin Ini Ya!

0-amaba

Hai Sobat ICampus! Ujian Nasional sudah selesai, pengumuman kelulusan juga sudah didapat, terus apa nih selanjutnya? Yap bener banget, sekarang saatnya kamu memilih kampus mana yang ingin kamu masuki. Nggak jarang sih, kebingungan menghampiri saat kamu mulai berpikir tentang mengambil keputusan soal kampus mana yang dipilih.

Tenang, nggak usah bingung, kamu bisa langsung cek poin-poin di bawah ini guys. Jangan sampai kamu salah pilih kampus. Yuk, simak!

Baca Juga : Sudahi Galau SBMPTN, 6 Alasan Ini Bisa Mantapkan Niatmu untuk Gap Year

1. Akreditasi kampus yang jelas dan bagus

Akreditasi adalah suatu bentuk pengakuan Pemerintah terhadap sebuah lembaga pendidikan. Jadi akreditasi sebuah kampus itu penting banget untuk para mahasiswa. Dengan memiliki akreditasi yang jelas dan bagus, otomatis kampus tersebut memiliki nilai yang baik. So, sebelum mendaftar, buru-buru mencari informasi seputar kampus yang kamu tuju ya.

2. Reputasi kampus yang bagus

Pastinya kamu nggak ingin salah pilih dong saat masuk kampus. Nah, selain mencari informasi seputar akreditasi kampus, pastikan reputasi kampus yang kamu tuju juga baik. Reputasi kampus dilihat dari alumni kampus itu bagaimana hasilnya dan prestasi mahasiswa di kampus saat kuliah apa sudah pernah menghasilkan sesuatu yg berprestasi. Dengan reputasi dan akreditasi kampus yang bagus, bisa menjamin pendidikanmu di universitas nanti terjamin. Apalagi dalam memilih kampus bakal berhubungan dengan masa depan kamu.

3. Kualitas para pengajarnya dan fasilitas kampus

Tujuan kamu kuliah pastinya ingin menuntut ilmu setinggi mungkin ‘kan? Nah, kamu juga harus mencari tahu tentang kualitas para pengajar di kampusmu nanti, seperti siapa saja para pengajarnya, dengan metode apa hingga fasilitas apa saja sih yang disediakan di kampus tersebut. Dengan fasilitas yang bagus, tentunya akan membuat kamu semakin nyaman dalam menuntut ilmu.

4. Memiliki program pendidikan yang unggul

Pastinya dilema yang satu ini tengah dirasakan kamu-kamu yang mau memulai pendidikan di bangku universitas. Kira-kira mau ambil jurusan dan program apa ya? Nggak ada salahnya menjajal program atau bidang yang punya prospek masa depan yang cerah. Dengan program pendidikan unggul, bisa menjamin masa depan kamu nanti.

Baca Juga : 7 Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa Baru agar Lulus Tepat Waktu

5. Biaya kuliah yang sesuai dengan kantongmu

Terakhir nih, kamu juga perlu menyesuaikan biaya kuliah di kampus yang kamu mau dengan keuangan keluarga kamu. Kalau kamu ingin kuliah di kampus A, namun biaya di kampus B lebih sesuai dengan kantong, dan di kampus B punya kualitas yang tak jauh berbeda dengan kampus A, lebih baik kamu pilih kampus B.

Jadi, sudah ada bayangan belum mau masuk kampus mana? Share di bawah ya!

 

Sumber : IDNTimes.com

Komentar