7 Trik Agar Presentasimu Dilirik Dosen, Lebih Gampang Menjelaskan Pun Bisa Nambah Nilai

0-apresentasi

Hai Sobat ICampus! Sebagai mahasiswa, aktivitas presentasi pastinya nggak jauh-jauh darimu. Biasanya, powerpoint menjadi software yang diambil mahasiswa untuk melakukan presentasi. Presentasi yang menarik akan membuat mahasiswa bahkan dosen tidak akan bosan mendengarkan penjelasanmu.

Selain teknik public speaking yang bagus, isi dari slide presentasi tersebut juga menentukan agar presentasimu sukses. Namun, apakah kamu sudah tahu bagaimana agar slide dalam presentasimu menarik?

1. Buatlah template yang futuristik atau colorful. Pastikan template ini tidak terlalu ramai dan menyakiti mata

Tidak perlu terlalu ramai, yang penting menarik. Sebab slide pertama desain presentasimu menentukan sikap audiensmu berikutnya. Jadi, santai saja.

2. Pilihlah gambar-gambar yang mendukung presentasimu. Jangan keluar dari tema pembicaraan, agar gambar tersebut tidak merusak isi penjelasan

Gambar menjadi salah satu pendukung dalam penjelasamu. Dengan gambar, audiens akan lebih mudah mengerti maksud penjelasanmu. Selain itu, gambar juga menjadi sesuatu yang dapat mencairkan suasana presentasimu agar terkesan tidak kaku.

Baca Juga : 5 Cara Agar Tidak Mengecewakan Saat dapat Rekomendasi Kerja

3.  Supaya audiensmu nggak bosan, coba tulis penjelasan di presentasimu dengan kalimat yang sederhana aja

Tujuan presentasi adalah mempresentasikan bukan membacakan, jadi usahakan hindari untuk menggunakan kalimat-kalimat yang terlalu panjang. Hal itu dapat menghilangkan fokus audeiensmu sebab mereka menjadi bosan karena membaca bacaan yang terlalu panjang.

4. Buatlah template yang simpel, supaya pikiran audiens tetap fokus ke penjelasanmu bukan ke desain presentasinya

Tidak perlu membuat template yang terlalu banyak hiasan atau pendukung warna lainnya. Mungkin hal itu boleh kamu lakukan di slide pembuka, namun ketika sudah masuk dalam inti penjelasanmu, hindari template yang berlebihan, sebab hal tersebut dapat menghilangkan fokus audiens terhadap penjelasan dan isi dari materimu

5. Atur kesesuaian warna font dan tempalate-mu supaya serasi dan menarik ketika dilihat

Keserasian warna sangat penting dalam mendesai presentasi. Sebab warna yang tidak saling mendukung selain merusak mata juga tidak menarik untuk dipandang. Gunakan warna yang saling mendukung, atau kamu bisa mempelajari teori warna dalam pemilihan warna presentasi.

Baca Juga : Sudahi Galau SBMPTN, 6 Alasan Ini Bisa Mantapkan Niatmu untuk Gap Year 

6. Hindari format yang berlebihan. Yang harus kamu perhatikan adalah  setiap kata tidak harus dicetak bold atau kapital

Pilah mana kata yang menurutmu penting sehingga perlu di-bold, mana kata yang hanya sebagai penjelas. Jangan membuat semua kata di-bold, sebab hal itu menjadikan audiens bingung mana yang harus dijadikan poin sebagai isi presentasimu.

7. Perhatikan konten! Pastikan konten presentasimu berupa poin-poin dan bukan banyak paragraf yang membuat orang harus membaca ketimbang mendengar penjelasanmu

Pastikan isi penjelasanmu berupa poin-poin dan bukan paragraf. Satu slide harus terdiri dari satu saja ide, dan maksimalkan jumlah kata dalam satu poinmu adalah sebanyak enam kata.

Kalau kamu sudah menerapkan aturan-aturan di atas saat membuat presentasi, yakin deh bakal lebih mudah bagimu untuk menjelaskan, dosen pun nggak akan segan kasih kamu nilai tambahan. Semoga berhasil, ya!

 

 

 

 

Sumber : Hipwee.com

 

 

Komentar