8 Langkah Kecil Ini Akan Membuat Harimu Lebih Produktif

0-aproduktivitas

Hai Sobat ICampus! Kadang waktu berjalan begitu cepat tanpa kamu sadari. Hari yang awalnya masih pagi tiba-tiba menjadi gulita. Sembari membolak-balikkan badan di tempat tidur, kamu mulai bertanya pada dirimu sendiri. “Ke mana saja hariku? Rasanya kok aku nggak ngapa-ngapain hari ini.” Kalau kamu pernah seperti itu, kamu bisa mengikuti delapan langkah ini agar harimu lebih produktif. Nanti, kamu juga akan lebih bahagia loh. Percaya deh!

1. Tulis agenda untuk esok hari

Agar waktumu tidak hilang begitu saja tanpa kamu mengerjakan apa-apa, sebaiknya kamu mulai membuat to do list yang harus kamu lakukan untuk besok. Tulis dengan detail target apa saja yang ingin kamu capai. Hal-hal kecil seperti membuang sampah atau mengganti seprei boleh juga kamu tambahkan. Dengan begitu kegiatanmu akan lebih terarah dan kamu tidak akan merasa waktumu habis sia-sia.

2. Mulailah bangun pagi dan awali harimu dengan berdoa

Jika kamu terbiasa bangun siang, ini saatnya untuk mulai bangun lebih pagi. Bangunlah saat matahari belum terbit. Nikmatilah sunyi senyap dini hari, tarik nafas dalam-dalam, tersenyum dan berdoalah agar nanti harimu indah penuh berkah. Buka jendela kamarmu, rasakan wangi embun yang penuh energi itu. Pergilah ke kamar mandi, basuh wajahmu lalu mulailah aktivitasmu.

Baca Juga : Bukan Favorit Tapi Dibutuhkan, Ini 6 Prospek Kerja Kuliah Teknik Mesin 

3. Bereskan tempat tidurmu, rapikan segala yang berantakan

Tidak diragukan lagi beres-beres adalah salah satu hal yang paling efektif untuk meningkatkan mood. Segera bereskan tempat tidurmu dan rapikan segala sudut yang berantakan. Cuci piring dan baju kotor sebelum kamu berangkat ke kantor. Percayalah, pikiranmu akan semakin freshsetelah kamu menyelesaikan itu semua. Selain itu, rasa bahagiamu akan bertambah ketika nanti sepulang kerja rumahmu sudah bersih dan rapi.

4. Fokus pada agendamu hari ini

Lihat to do list-mu dan kerjakanlah dengan fokus. Kerjakanlah satu hal sampai selesai terlebih dahulu, baru setelah itu kamu boleh beralih ke yang lain. Jangan melakukan semuanya bersamaan karena akan merusak fokusmu dan tugas-tugasmu justru tidak akan terselesaikan. Setelah kamu menyelesaikan satu hal, coret daftar itu dari to do list. Rasakan sensasi kepuasan batin karena berhasil menyelesaikan satu hal pada hari itu. Kamu akan semakin bersemangat mengerjakan tugas berikutnya dan ingin segera mencoret semua daftar tugas yang sudah kamu buat.

5. Makan sehat dan bergizi, agar kamu penuh energi

Sekali-sekali kamu perlu mengabaikan junk food dan minuman bersoda. Mulailah hidup sehat. Belilah buah-buahan sebagai perbekalan. Perutmu tidak akan lapar dan pikiranmu menjadi segar. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi agar kamu selalu penuh energi.

6. Berbuat baik pada orang lain

Berbuat baiklah pada orang lain walaupun hanya dengan senyuman, niscaya Tuhan pun akan tersenyum padamu. Ringankanlah beban orang lain, maka Tuhan akan meringankan bebanmu. Hukum alam itu benar adanya. Apa yang kamu tanam, itu yang akan kamu tuai. Kamu akan merasakan betapa kebaikan hati mampu melembutkan hatimu, meringankan bebanmu dan membuat napasmu lebih hidup.

Baca Juga : 5 Persiapan Kerja yang Bisa Kamu Lakukan Saat Masih di Bangku Kuliah 

7. Beri hadiah dirimu atas semua upayamu hari ini

Akhirnya kamu sudah menyelesaikan tugas-tugasmu. Walaupun ada yang tertunda, kamu cukup puas. Setidaknya waktumu tidak terbuang percuma dan kamu tahu bahwa kamu tidak bermalas-malasan hari itu. Kamu berjuang untuk dirimu. Kini saatnya kamu menerima penghargaan. Beli kue favoritmu atau eskrim kesukaanmu lalu nikmatilah. Beri hadiah untuk dirimu sendiri, tak perlu sesuatu yang besar tapi cukup hal-hal kecil yang mampu membuat senyummu lebih lebar.

8. Bersyukurlah untuk hari ini

Sekarang senja kembali pulang dan malam sudah sejak tadi datang. Sebelum kamu tidur, bersyukurlah untuk hari ini. Bersyukurlah atas apa saja yang telah kamu berikan dan dapatkan. Bersyukurlah karena kamu bahagia. Niatkanlah agar esok lebih baik dari hari ini dan begitu terus setiap hari.

Oya, jangan lupa olahraga ya. Seminggu cukup dua atau tiga kali saja. Yang penting kamu tidak pernah alpa. Kalau nanti kamu sudah merasakan manfaat delapan hal yang sudah kamu lakukan di atas, tularkanlah kepada orang lain. Buat mereka bahagia. Seperti kamu.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar