Jadi Murid Baru? Ini 5 Tips untuk Membangun Rasa Percaya Diri

img_3558-web-ppa

Hai Sobat ICampus! Tahun ajaran baru sudah akan dimulai. Ini adalah masa saat para murid mulai ketar-ketir mempersiapkan segala kebutuhan sekolah, baik yang naik kelas maupun yang baru masuk ke jenjang lebih tinggi.

Buat kamu yang mudah berbaur bersama orang baru, tentu lingkungan sekolah tidak akan menjadi masalah besar. Akan tetapi, jika kamu termasuk orang yang belum terbiasa dengan perubahan, ada tips supaya kamu tetap percaya diri. Apa saja? Simak, yuk!

Baca Juga : Kesuksesan Itu Bukan Diukur Dari Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah

1. Banyak tersenyum

Salah satu faktor seseorang urung mendekati kita adalah mimik wajah. Jika dari luar sudah kelihatan gampang bete dan jutek, kebanyakan dari mereka akan angkat tangan dan memilih untuk mencari teman lain yang jauh lebih ramah. Itu sebabnya, biasakan untuk tersenyum saat kontak mata atau sedang berpapasan dengan seseorang, ya!

2. Berbagi

Di masa-masa pengenalan sekolah, selalu ada sesi saat kita harus membawa peralatan tulis atau barang-barang tertentu sesuai kebijakan sekolah. Dalam hal ini, jadilah orang baik yang mau berbagi, meski itu sekadar membagi tempat duduk atau memberi informasi.

3. Bertanya

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan percaya diri dengan bertanya. Mengapa demikian? Sebab, dengan bertanya pada seseorang yang belum dikenal, secara tidak langsung kamu sudah mengalahkan rasa takut dan menjadi orang yang berani. Kamu bisa bertanya hal-hal sederhana, seperti asal sekolah teman barumu.

4. Menyapa lebih dulu

Tidak salah, kok, untuk menegur seseorang dengan kata halo dan bertanya nama. Jangan takut untuk menjadi orang pertama. Sebab, mungkin saja mereka ingin berkenalan dengan kamu, tapi mereka sama-sama tidak percaya diri.

Baca Juga : 7 Tindakan Bikin Mahasiswa Tingkat Akhir Menyesal, Maba Jangan Tiru 

5. Diskusi

Libatkan dirimu dalam bentuk diskusi apa pun yang sedang berlangsung. Jika kamu bukan seseorang yang suka menuangkan ide atau memberi pendapat di muka umum, paling tidak kamu bisa memberi komentar pada sebuah usulan tersebut dengan kata-kata sederhana.

Yuk, terapkan tips di atas. Semoga sukses di hari pertama masuk sekolah, ya! Kamu pun bisa tuangkan pengalaman pertamamu masuk sekolah di kolom komentar.

 

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar