5 Cara Jitu untuk Lebih Percaya Diri dalam Mengambil Keputusan Penting

jo-npr-04b9b7f708f4e82ef95003033acc5276_850x350

5 Tips Sukses Kuliah yang Bisa Diterapkan untuk Para Mahasiswa Baru! Hai Sobat ICampus! Membuat keputusan sering menjadi sebuah hal yang menakutkan. Beberapa orang masih diliputi oleh rasa tidak percaya diri saat harus dihadapkan pada sebuah keputusan. Pengalaman masa lalu yang buruk sering menjadi penyebabnya.

Sikap seperti ini jelas kurang baik dan wajib dikikis secara perlahan sehingga kita bisa lebih percaya diri saat membuat keputusan. Berikut lima cara jitu untuk meningkatkan kepercayaan diri saat mengambil keputusan.

1. Catat kesuksesan yang telah kamu raih

Biasanya, orang akan takut untuk mengambil keputusan karena masih dibayangi oleh kegagalan masa lalu. Sebelum mengambil keputusan, pikiran negatif seperti ini jelas harus ditinggalkan.

Daripada terus berkutat pada pengalaman buruk, ada baiknya mulai mengingat pencapaian-pencapaian di masa lalu. Jika perlu, catat kesuksesan yang telah diraih untuk mengingatkan bahwa kadang keputusan yang dibuat juga bisa berakhir dengan baik.

2. Jangan batasi diri dan buang rasa takutmu

Rasa kurang percaya diri saat mengambil keputusan juga sering terjadi karena orang-orang masih membatasi diri untuk mengeluarkan kemampuan mereka secara maksimal. Hal ini perlu menjadi refleksi pribadi untuk bisa melibat kelebihan yang ada pada diri sendiri.

Perlahan-lahan, mulai buang rasa takut yang menyelimuti dan beranilah untuk menabrak batasan diri. Cara ini diperlukan agar kita bisa selalu berkembang menjadi manusia yang lebih baik.

3. Membiasakan untuk membuat keputusan-keputusan kecil setiap harinya

Membuat keputusan yang baik perlu dilatih dari kebiasaan untuk menentukan pilihan pada hal-hal kecil. Untuk itu, seringlah membuat keputusan minimal satu kali sehari. Latihan ini akan membuat kita lebih tenang saat harus membuat keputusan yang lebih besar dan penting. Dari yang awalnya terbiasa, lama-lama akan bisa dengan percaya diri membuat keputusan penting.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Kuliah yang Bisa Diterapkan untuk Para Mahasiswa Baru! 

4. Belajar dari kesalahan masa lalu

Membuat kesalahan di masa lalu adalah sebuah hal yang wajar. Kesalahan di masa lalu seharusnya tidak dijadikan sebagai sebuah trauma saat ingin membuat keputusan baru.

Kesalahan di masa lalu seharusnya bisa memberikan pelajaran saat akan membuat keputusan baru. Dengan belajar dari kesalahan masa lalu, membuat keputusan baru pun tidak akan menjadi sesuatu yang sulit.

5. Langsung ambil tindakan setelah membuat keputusan

Rasa kurang percaya diri saat hendak mengambil keputusan juga bisa disebabkan oleh ketakutan kita tidak bisa melakukan hal yang dipilih. Untuk itu, segera ambil tindakan begitu selesai menentukan sebuah keputusan.

Satu langkah kecil ini akan berguna untuk mengurangi rasa cemas yang muncul setelah mengambil keputusan. Jika keputusan diikuti dengan tindakan nyata, maka rencana akan berjalan lebih lancar.

Setelah tahu tips-tips jitu ini, jadi semakin percaya diri untuk ambil keputusan, kan?

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar