6 Rahasia Cepat Mengerjakan Skripsi Tanpa Butuh Banyak Biaya

collegestudent1

Hai Sobat ICampus! Skripsi merupakan tugas ahir kuliah yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa jika ingin segera wisuda. Skripsi juga terbukti ampuh membuat mahasiswa galau tingkat tinggi. Nah, buat kalian yang sedang galau-galaunya dalam mengerjakan skripsi, cara berikut ini akan membantu kalian. Yuk, simak baik-baik.

Baca Juga : Kamu Mahasiswa Baru? Ini 5 Kebutuhan Wajib untuk Perantau Pemula

1. Ajukan beberapa judul yang benar-benar kamu pahami

Pastikan kamu mengajukan judul yang tidak terlalu rumit, dalam artian kamu memahami judul tersebut sehingga pada saat judul diterima, kamu tidak kebingungan harus memulai darimana. Kamu bisa download referensi di wabsite kampus yang menyediakan perpustakaan online atau mencari di perpustakaan kampus. Jika pada tahap ini kamu asal-asalan dalam mengajukan judul, bisa dipastikan skripsi kamu jalan di tempat.

2. Pastikan objek atau tempat penelitian kamu mudah dijangkau

Kamu ingin hemat biaya kan? Pastikan tempat penelitian kamu mudah dijangkau. Jangan sampai penelitian kamu terkendala karena tempat penelitiannya sangat jauh dan memakan biaya yang mahal.

3. Pastikan buku teori judul kamu mudah didapat

Yups, makanya dari pengajuan judul harus judul-judul yang familiar, sehingga bisa dipastikan buku teorinya juga familiar dan mudah didapatkan. Memang tidak semua teori harus ada bukunya dan kamu bisa mengutip dari referensi, tapi untuk Grand Theory kamu wajib mempunyai bukunya. Buku yang langka akan memakan biaya cukup besar untuk mendapatkannya.

4. Pastikan data penelitian kamu ada dan mudah didapat

Inti dari penelitian itu adalah data. Jika tidak memiliki data, apa yang akan kita teliti. Misalnya agar mudah mendapatkan data penelitian terutama data keuangan perusahaan, lebih baik jika kamu ambil objek penelitian perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang datanya tinggal kamu download. Jika objek kamu perusahaan lain, maka pastikan perusahaan tersebut bersedia memberikan datanya atau kamu memiliki kenalan yang bekerja di perusahaan itu.

5. Rajin bimbingan

Dosen pembimbing akan menghargai kamu yang serius dan antusias untuk mengerjakan skripsi, sehingga kamu akan dipermudah dan skripsi kamu cepat di acc.

Baca Juga : Kenapa Jurusan Kuliah & Pekerjaan Pada Akhirnya Bisa Berbeda?

6. Dekati dosen pembimbing kamu

Kamu bisa membelikan makanan kesukaannya, atau membantu jika memang butuh bantuan. Hal semacam ini bukan berarti kamu menyogok, tapi sekedar tanda perhatian kamu sama dosen pembimbingmu.

Nah, sudah tahu kan? Semangat ya!

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar