Ada Jeda di Antara Kelas Kuliahmu? Ini 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan!

Hai Sobat ICampus! Pastinya tidak sedikit dari kamu yang sering mengalami kelas kosong karena apapun sebabnya, yang bisa membuat kamu kebingungan harus berbuat apa jika tidak diberikan tugas. Rasa bingung itu juga kadang melanda di jeda antara kelas kuliah. Kamu masih sering kebingungan mengisi waktumu di jeda antar kelas kuliah? Berikut adalah 7 hal yang bisa kamu lakukan!

Baca Juga : 5 Langkah Lewati Ujian Hidup Agar Kamu Naik ke Level Selanjutnya

1. Mencicil tugas pengganti kelas kuliah ataupun tugas mata kuliah lainnya, atau bisa juga belajar materi jika tidak ada tugas

Kelas kosong atau jeda antara kuliah? jangan senang dulu. Lebih baik kamu benar-benar menjadwalkan waktu untuk bersenang-senang misalnya di akhir pekan. Jika itu masih di hari kuliah, ibaratkan berlatih menyikapi jam kerja, kamu tetap perlu mengerjakan sesuatu ketika salah satu pekerjaan ditunda daripada pekerjaannya nanti menumpuk.

2. Mencari informasi soal kegiatan yang bisa kamu lakukan saat akhir pekan ataupun organisasi yang bisa kamu ikuti

Ada banyak situs dan akun media sosial yang menyediakan informasi acara saat akhir pekan, mulai dari seminar, workshop, pelatihan dan masih banyak lagi. Kadang acara ini membutuhkan reservasi, cari sebanyak-banyaknya untuk menambah ilmu dan pengalamanmu. Organisasi juga banyak menyediakan pendaftaran anggota/pengurus terbuka di media sosial atau situs mereka, baik organisasi kampus, nasional maupun internasional. Cari saja!

3. Berburu lomba, konferensi, program khusus dan mempersiapkan diri untuk itu

Untuk jurusan apapun, ada banyak lomba dan program khusus yang tersedia lho! Terkadang meskipun tidak sampe juara dan hanya sebagai partisipan, itu sudah bisa diperhitungkan sebagai pengalaman. Kamu juga akan mendapatkan banyak pembelajaran dari momen lombamu itu.

4. Merancang ide bisnis yang sespektakuler mungkin

Memulai bisnis itu sebaiknya sedini mungkin, tapi paling optimal di masa kuliah. Karena pertimbangannya, tanggung jawab utamamu masih hanya menyelesaikan studi dan banyak sekali program yang mampu memfasilitasi/membiayai bisnis mahasiswa, baik itu dari pemerintah maupun swasta.

5. Mengenal teman-teman kuliahmu lebih dekat lagi

Jika kelasmu kosong atau ada jeda, pastinya ada beberapa temanmu yang berada di sekitaran lingkungan kampus. Dekati mereka dan kenal diri mereka lebih dalam lagi. Hubungan dan koneksi yang kamu bangun saat kuliah akan sangat berguna setelah lulus nanti, jadi jalinlah sebanyak mungkin kedekatan dengan teman-temanmu di kampus, termasuk yang berbeda angkatan dan jurusan.

6. Menghubungi orang-orang tersayangmu atau mempererat silaturahmi dengan orang yang sudah lama tidak kamu hubungi

Pasti banyak kan temanmu semasa SD, SMP, SMA atau bahkan teman sepermainan saat TK yang sudah lama tidak kamu hubungi. Jika memang tidak ada hal mendesak lain yang perlu kamu lakukan, ini adalah saat yang tepat untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan mereka, via apapun. Ingat bahwa koneksi cepat atau lambat akan sangat mempermudah keseharianmu, jadi jaga itu dengan baik.

Baca Juga : Keren, 7 Dampak Positif yang Didapat Saat Memilih Kuliah Sambil Kerja

7. Mencari ketenangan atau mencari hiburan untukmu sendiri

Ketika kamu memang benar-benar penat, lakukan saja hal yang benar-benar kamu senangi tapi tidak membuatmu cepat lelah. Hibur dirimu sendiri agar kembali semangat lagi. Ketika kamu benar-benar lelah, sempatkan waktu untuk tidur sebentar, itu akan efektif untuk mengembalikan energimu kok.

Dengan begini, kamu tidak akan mati gaya lagi ketika sedang ada waktu di senggang di hari-hari perkuliahanmu. Yang jelas, enyahkan segala alasan untuk melakukan apa yang seharusnya bisa kamu lakukan. Karena kuliah adalah kesempatan terbaik bagimu untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar