Cepat Dapat Kerja Usai Lulus, Gali 5 Modal Ini Sejak Kamu Masih Kuliah

classroom

Hai Sobat ICampus! Kelulusan seringkali menjadi momen yang ditunggu dan sangat diharapkan oleh mahasiswa. Namun masih banyak yang belum menyadari bagaimana setelah lulus kuliah. Sah-sah saja sih, kalau kamu berharap cepat lulus asal keinginan tersebut juga diikuti dengan rencana matang begitu lulus kuliah.

Untuk kamu yang masih berada di bangku perkuliahan, kamu tidak boleh sia-siakan masa kuliah tersebut. Selain harus fokus menimba ilmu, kesiapan kamu buat bersaing mencari kerja juga bisa dilatih dari sekarang lho.

Berikut ini adalah 5 modal yang bisa kamu gali walau masih berstatus anak kuliahan. Dijamin usai lulus kamu tak bingung cari kerja, malah kemungkinan besar bisa mendapatkannya dengan cepat!

Baca Juga : Kuliah Sambil Kerja, Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapetin 

1. Selain menimba ilmu di perkuliahan, ikut organisasi kemahasiswaan turut mengajari kamu banyak hal

Aktif di organisasi kemahasiswaan adalah salah satu kunci agar kamu makin siap untuk bersaing di dunia kerja. Dengan ikut serta dalam organisasi, secara tak langsung kamu belajar berbagai jenis softskill. Lewat kegiatan-kegiatan yang mengharuskan buat bertanggung jawab, kamu bisa tingkatkan softskill seperti leadership, kerja sama, dan juga pemecahan masalah.

Selain itu, juga kamu juga akan lebih pandai berinteraksi dengan orang lain lho. Berguna banget kan ternyata?

2. Rajin mengikuti berbagai perlombaan saat kamu masih memegang status sebagai mahasiswa dapat menambah poin plusmu

Bukan hanya bikin diri sendiri bangga, turut serta dalam suatu perlombaan dan bisa keluar sebagai pemenang juga menambah poin plus dalam dirimu. Pengalaman-pengalaman ini bisa kamu masukkan ke dalam CV atau resume ketika nanti kamu mencari kerja.

Maka dari itu, kamu tak perlu ragu buat mengikuti berbagai perlombaan yang terkait dengan pekerjaan yang mau kamu tekuni seusai lulus. Jangan pernah merasa sungkan buat ikut serta, ya!

3. Selain bisa menambah uang saku, bekerja part-time atau freelance dapat memberi pengalaman tersendiri untukmu

Kamu merasa ada waktu luang di samping sibuk dengan dunia perkuliahan? Yuk, cari pengalaman lain yang berguna buatmu lewat kegiatan part-time atau freelance. Inisiatif seperti ini akan memberi pengalaman berharga buat kamu, lho. Sekaligus kamu dapat menambah uang saku tanpa minta ke orang tua.

Pilihlah kerjaan paruh waktu atau freelance yang sesuai minat serta tak membebani. Dengan begitu, kegiatan ini pun tak serta merta mengganggu kuliahmu.

4. Jangan asal pilih tempat magang, pilihlah yang benar-benar kamu minati dan sejalur dengan pekerjaan yang ingin kamu geluti usai lulus

Sebelum lulus, sudah pasti kamu diharuskan untuk melakukan magang sebagai syarat kelulusan. Sebaiknya kamu tidak asal-asalan memilih tempat magang dengan tujuan hanya biar cepat lulus. Pertimbangkan juga apakah di sana kamu bisa menimba ilmu lebih dalam. Serta apakah magang di tempat tersebut dapat membantumu memberi gambaran dunia kerja atas pekerjaan yang kamu incar nantinya.

Nah, semasa magang kamu juga perlu aktif dan banyak bertanya ke pegawai di sana agar masa magangmu berguna alias tak sia-sia.

Baca Juga : 9 Perbedaan Kuliah dan Kerja yang Kamu Perlu Ketahui

5. Tak perlu tunggu sampai tiba waktunya kamu lulus, bangun personal branding di media sosial dari sekarang

Mulailah benahi konten media sosialmu dari sekarang, guys. Tak perlu ragu buat menghapus mana yang tidak perlu untuk ditampilkan di halaman medsos. Nanti ketika kamu menjadi job seeker, perusahaan tentunya akan menelusuri informasi tentangmu, termasuk via media sosial. Buatlah dirimu dianggap sebagai calon yang menarik dan layak untuk diterima di perusahaan yang kamu incar.

Masa perkuliahan memang penuh lika-liku. Ada bahagia yang tercipta dari kebersamaan dan ada juga masa di mana kamu pusing tujuh keliling karena tugas. Tapi di samping semua itu, perlu sekali untuk kamu menyiapkan diri. Gali terus potensimu secara perlahan agar menjadi modal cari kerja ketika kamu lulus nanti.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar