5 Manfaat Ini Bakal Kamu Dapat Bila Rutin Menerapkan Mind Mapping

1417473shutterstock-153929321780x390

Hai Sobat ICampus! Pernahkah kamu mengalami kesulitan dalam memahami suatu informasi atau materi di bangku sekolah? Rasanya hampir semua orang pernah mengalaminya. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan menerapkan Mind Mapping.

Mind mapping sendiri merupakan proses memetakan pikiran untuk menghubungkan informasi-informasi yang memiliki korelasi. Umumnya, mind map dibuat di atas lembaran kertas atau papan tulis berdasarkan kreasi serta informasi yang diperoleh si pembuat. Membuat mind mapmemberikan berbagai benefit buat kita dan berikut ini adalah lima di antaranya.

1. Meningkatkan kemampuan untuk mengingat sesuatu yang penting

Membuat mind map akan memudahkan kita dalam mengingat serta menemukan gambaran utuh dari informasi yang telah didapat. Materi-materi yang telah didapat dari membaca buku atau sumber-sumber lain dikumpulkan menjadi satu menggunakan metode mind mapping.

Dengan begitu, kamu tidak perlu resah jika tiba-tiba lupa pada informasi yang sudah ditelusuri sebelumnya. Kamu akan dengan mudah kembali mengingat hal-hal penting cukup dengan membuka kembali mind map yang sudah dibuat.

2. Melatih manajemen informasi, konsentrasi serta ketelitian

Menyusun sebuah mind map melatih kita dalam mengatur informasi yang telah didapat. Kita akan semakin terbiasa mengelompokkan materi-materi yang sesuai dengan suatu tema bahasan. Ini juga menuntut kejelian serta konsentrasi dari si pembuat sehingga jika rutin dilakukan akan semakin terasah kemampuan tersebut.

3. Mengasah kreativitas dan imajinasi dalam proses merangkai informasi yang telah diperoleh

Mind mapping juga dapat menjadi ajang melatih kreativitas kita dalam menciptakan rangkuman yang menarik. Dengan tampilan yang enak dilihat tentu akan mendorong kita semakin sering membacanya kembali sehingga meningkatkan ingatan pada sebuah pokok bahasan. Proses ini juga melibatkan daya imajinasi dalam menghadirkan visualisasi untuk kemudahan mencerna materi.

4. Menghemat waktu dalam mempelajari dan memahami informasi. Tak ada waktu yang terbuang percuma

Membiasakan diri membuat mind map juga berdampak pada waktu yang disisihkan dalam memahami sebuah materi. Kita akan dengan cepat mempelajari sebuah pelajaran di sekolah atau kuliah. Aktivitas membaca pun takkan jadi sia-sia karena bantuan mind map. Ini menjadi keuntungan karena dapat mempelajari pokok bahasan lain dalam jangka waktu yang cukup singkat.

Baca Juga : 5 Hal yang Bisa Membuatmu Ceria Walau Salah Masuk Jurusan Kuliah 

5. Dapat diaplikasikan pada beberapa hal. Tak hanya melulu untuk materi di sekolah saja

Penerapan mind mapping tidak melulu di dunia pendidikan saja. Kita juga dapat mengaplikasikan metode ini dalam pekerjaan atau rencana bisnis. Mind map akan membantu kita dalam menyusun strategi agar efektivitas kerja dapat terjaga. Pada prosesnya, hal tersebut akan berpengaruh pada hasil akhir dari tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Metode mind mapping begitu kaya akan manfaat. Tak ada salah bila kita menerapkannya mulai dari sekarang. Ini semata demi memudahkan kita mencerna sebuah informasi. Selamat mencoba dan berkreasi ya!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar