5 Hal yang Bisa Membuatmu Ceria Walau Salah Masuk Jurusan Kuliah

membaca

Hai Sobat ICampus! Karena berbagai hal yang terjadi dalam hidup, bisa jadi jurusan yang kini kamu ambil sebenarnya tidaklah sesuai dengan minat dan keinginan yang kamu pendam-pendam selama ini. Bisa jadi karena harapan orang tua, bisa jadi pula karena tidak diterima di jurusan idaman.

Apapun itu, kalau sekarang ini kamu sedang menjalani suatu momen dalam hidup di mana jurusan kuliah yang kamu ambil ternyata tidaklah sejalan dengan harapan, tetap harus ada yang kamu lakukan agar masa mudamu tidak berlalu sia-sia dan kamu juga tetap bisa menjadi ceria.

Apa saja ya yang sekiranya bisa kamu lakukan? Simak ya di sini!

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Kuliah Kelas Malam Justru Menguntungkan Bagi Kamu

1. Biar semangat, coba deh cari keterkaitan antara jurusan yang sedang ditekuni dengan yang diimpikan

Tidak ada satu jurusan pun yang berdiri sendiri. Ia pasti disokong oleh berbagai disiplin ilmu yang lain. Nah, jika saat ini kamu sedang “terjerumus” di jurusan yang tidak kamu harapkan itu, daripada hanya menyesal, kenapa tidak kamu tekuri secara mendalam jurusan tersebut lalu cari tahu berbagai hubungan terkait dengan jurusan yang kamu inginkan? Hal itu gak cuma akan menambah mood-mu dalam belajar, tetapi juga membuatmu bisa mencintai jurusanmu yang sekarang.

2. Menjalin persahabatan lintas jurusan, terutama dengan jurusan yang ingin kamu masuki

Dengan memiliki sahabat dari jurusan yang kamu inginkan, kini kamu juga bisa mengetahui tentang berbagai topik dan ilmu yang ditawarkan oleh jurusan tersebut. Di saat itulah, walau tidak terdaftar sebagai mahasiswa di jurusan impianmu itu, tetapi kamu tidak kalah kerennya lho dibandingkan mereka yang bisa masuk ke jurusan itu.

3. Ikuti perkembangan topik jurusanmu, lalu coba selesaikan masalahnya dari sudut pandang keilmuanmu yang sekarang

Kegiatan ini tidak hanya akan menantang intelektualmu semata-mata, tetapi juga bisa meningkatkan gairah keilmuanmu dalam jurusan yang sedang kamu tekuni. Di satu sisi, kamu tetap selalu bisa up to date dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan jurusan yang diharapkan. Tetapi di sisi lain, kamu juga bisa tumbuh hebat dengan keilmuan dari jurusan yang mungkin pada awalnya tidak kamu sukai itu.

4. Di sela-sela waktu, tetaplah baca buku mengenai jurusan yang kamu idamkan itu

Walau kamu tidak berhasil masuk jurusan favoritmu itu, jangan patah arang dengan berhenti belajar tentang jurusan itu ya. Justru agar minat belajar dan keceriaanmu tidak hilang, kamu bisa mengembangkannya dengan membaca berbagai buku yang menyinggung permasalahan jurusan tersebut. Kalau bisa, sih buku-buku ilmiah populer terlebih dahulu ya, agar kamunya juga tidak kesusahan dalam memahami istilah-istilah yang khas.

Baca Juga : Berbanggalah, Ini 6 Keuntungan Melakoni Kuliah Sambil Kerja

5. Kalau kamu memang benar-benar tidak tahan dan ingin pindah jurusan, kenapa tidak kamu coba saja masuk kelas jurusan lain

Kalau ternyata setelah sekian lama kamu mencoba cara-cara di atas tetapi tidak mempan juga untuk membuatmu betah di jurusan yang sekarang, jangan buru-buru untuk langsung berhenti kuliah ya. Cobalah dulu untuk masuk ke ruang-ruang kelas jurusan yang kamu idamkan itu.

Nikmati dulu setiap sesi dari jurusan tersebut. Reguk dulu semua atmosfer kemeriahaan dari jurusan yang kamu harapkan itu. Jangan lupa juga untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan. Dari sanalah nanti kamu bisa punya bayangan dan pilihan, apakah kamu akan tetap bertahan atau sebaiknya pindah saja?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar