5 Langkah Lewati Ujian Hidup Agar Kamu Naik ke Level Selanjutnya

529a881edbfb18714b65a5d7e1409720

Hai Sobat ICampus! Merasa down karena suatu masalah memang wajar, tapi kamu harus bisa menghadapinya. Yakinlah bahwa sesuatu yang terjadi sudah pasti telah Tuhan atur sedemikian rupa indahnya. Jadi, kamu hanya perlu berusaha dan berdoa.

Hasil dari upaya dan doa yang kamu panjatkan itu, sebetulnya tak perlu kamu pikirkan. Karena sesungguhnya, Tuhan selalu memberikan solusi dari arah yang tidak kita disangka-sangka. Sebab, logika manusia dan logika Tuhan itu berbeda. Logika Tuhan tak terbatas dan logika manusia serba terbatas.

Jadi, daripada membuang waktumu memikirkan masalah yang sedang kamu hadapi, lebih baik lakukan langkah-langkah berikut ini agar masalahmu cepat terselesaikan.

Baca Juga : Selalu Mawas Diri, 6 Hal yang Sering Diterapkan Oleh Orang Mindful

1. Belajar dari pengalaman masa lalu

Berapa usiamu saat ini? Cobalah luangkan waktumu dan merenung. Bayangkan dirimu sejak kecil hingga usiamu saat ini. Telusuri apa saja yang pernah kamu alami seumur hidupmu. Apakah permasalahan yang saat ini sedang kamu hadapi juga pernah kamu alami sebelumnya?

Jika pernah, maka lakukan apa saja yang dulu kamu lakukan saat menyelesaikan masalah tersebut. Atau jika sebelumnya kamu belum pernah mengalami masalah yang tengah menimpamu saat ini, maka cobalah mencari bahan bacaan mengenai masalah yang sedang kamu hadapi.

Dan tidak ada salahnya juga jika kamu bertanya kepada orang tua, kakak atau sahabat yang mungkin pernah mengalami masalah yang kini sedang kamu hadapi. Kamu juga bisa meminta saran, kritik dan nasihat kepada orang-orang yang kamu percayakan tersebut. Dengan begitu pikiranmu pun menjadi lebih terbuka.

2. Kenali dirimu

Kadang suatu masalah menjadi semakin ruwet karena kamu tidak benar-benar mengenali dirimu sendiri. Cobalah mengenali dirimu sendiri.

Sebagai contoh, kamu sedang bermasalah dengan nilai akademismu di sekolah atau kampus. Masalah tersebut terjadi bukan karena sebab. Biasakanlah mengevalusi bukan menghakimi diri sendiri. Bisa jadi nilaimu tak pernah memuaskan karena cara belajarmu yang tidak efektif. Bukan karena dirimu yang bodoh.

Oleh sebab itu, kamu sangat perlu mengenali dirimu sendiri dengan baik. Agar setiap ada masalah yang terjadi dalam hidup, kamu mengerti apa yang seharusnya kamu lakukan.

3. Cintai dirimu

Apapun masalahnya, kamu harus tetap mencintai dirimu sendiri. Laksanakan kewajibanmu atas dirimu sendiri. Dan tunaikan hakmu atas dirimu sendiri.

Sebagai contoh, bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupmu adalah kewajibanmu. Dan memberikan hadiah setelah bekerja keras adalah hakmu.

4. Bijak dalam mengambil keputusan

Jika kamu sudah punya beberapa pilihan untuk menyelesaikan masalahmu, maka bijaklah dalam mengambil keputusan. Setiap keputusan pasti punya konsekuensinya masing-masing.

Kalau kamu bingung harus mengambil keputusan yang mana, cobalah tuliskan di secarik kertas. Apa saja dampak positif dan negatif dari setiap pilihan yang kamu punya. Lalu pilihlah yang paling banyak dampak positifnya dan terimalah dampak negatif dari pilihan yang telah kamu ambil itu sebagai konsekuensinya.

Baca Juga : Semangat, 7 Kelebihan Ini Dimiliki Olehmu yang Kuliah Sambil Kerja

5. Bersyukur adalah kunci kebahagiaan

Bagaimana pun kondisimu saat ini dan permasalahan apapun yang tengah kamu hadapi, semua itu adalah berkah Tuhan. Bersyukurlah karena kamu masih diberikan kesempatan untuk memperbaikinya.

Sebab tanpa syukur, hati pun akan selalu terasa sempit. Dan yakinlah, setiap satu masalah yang berhasil kamu selesaikan akan selalu membawamu ke level kehidupan yang selanjutnya.

Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar