6 Hal Positif Saat Menjadi Seorang Bendahara

hipwee-pexels-photo-210990-1-640x480

Hai Sobat ICampus! Bendahara, salah satu tugas yang erat kaitannya dengan masalah keuangan. Banyak orang yang enggan menjalani tugas ini, beragam alasan seperti tidak pandai menjaga uang, tidak teliti, bahkan mungkin karena malas menghitung uang milik orang lain.

Meski tampak rumit dan sulit, menjadi bendahara sebenarnya gampang, tidak hanya itu kamu juga bisa belajar banyak hal. Kalau kamu ingin menjadi bendahara atau sudah menjadi bendahara, ini 6 manfaat positif yang bisa kamu dapatkan!

1. Sebagai bendahara, kamu dituntut untuk menjadi sosok yang teliti dan cermat

Menjadi bendahara berarti kamu akan berurusan dengan uang yang dimiliki orang lain. Untuk mengurus keuangan adalah sebuah tanggung jawab yang mengharuskan kamu teliti dalam mengelolah uang yang telah diserahkan kepada kamu. Hal itulah yang membentukmu menjadi sosok yang teliti dan cermat.

Baca Juga : Semangat, 7 Kelebihan Ini Dimiliki Olehmu yang Kuliah Sambil Kerja

2. Karena sudah terbiasa membuat perencanaan keuangan, kamu juga bisa membuat perencanaan tentang hidupmu

Setiap mengelolah keuangan, pastinya kamu akan diminta membuat sebuah proposal perencanaan tentang akan dikemanakan uang yang kamu simpan itu. Setiap perencanaan tersebut wajib dipikirkan sematang mungkin. Kalau mengurus perencanaan keuangan saja kamu sudah bisa, apalagi mengurus rencana hidupmu.

3. Bisa menyampaikan ide dengan baik adalah keahlian yang wajib dimiliki bagi setiap bendahara

Bila kamu hanya diam, terutama saat rapat tentang anggaran. Bisa-bisa kamu malah dianggap sama sekali tidak berminat menjadi bendahara. Sudah saatnya kamu mengeluarkan seluruh ide yang kamu punya, biarkan mereka memberi pendapat. Tunjukan bahwa kamu adalah bendahara yang aktif.

4. Semua keputusan tentang keuangan ada di tanganmu, maka kamu harus bisa memikirkannya dengan matang

Sebagai bendahara, kamu bisa disebut juga sebagai penjaga keuangan. Persetujuan dan pendapatmu adalah suatu keharusan sebelum keputusan dibuat. Karena tanggung jawab yang besar, kamu harus bisa memikirkan semuanya dengan cermat dan matang sebelum mengambil keputusan.

5. Keinginan menjadi seorang bendahara, berarti kamu berani keluar dari zona nyaman dan siap menghadapi tantangan

Sebagian orang lebih memilih hanya menjadi anggota atau partisipan saja. Namun keberanianmu untuk menjadi seorang bendahara patut diacungi jempol. Siap menghadapi tantangan yang tidak semua orang bisa hadapi, itulah sifat yang dimiliki seorang bendahara hebat.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Kuliah yang Bisa Diterapkan untuk Para Mahasiswa Baru! 

6. Bukan bendahara namanya, jika keuangan sendiri belum tertata dengan baik

Kalau keuanganmu saja masih berantakan, bagaimana caranya kamu bisa mengatur keuangan lainnya? Seorang bendahara wajib memiliki keuangannya sendiri yang jelas dan terorganisir dengan rapi.

Itu dia beberapa manfaat ketika kamu menjadi seorang, sekarang saatnya kamu memutuskan, apakah kamu ingin mengambil bagian dalam sejarah atau hanya duduk menonton saja!

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar