Menabung ala Anak Kuliah Buat Beli HP dalam Waktu 6 Bulan

biaya-yag-sering-dilupakan-saat-beli-rumah-original

Hai Sobat ICampus! Gadget tentu sudah jadi salah satu piranti yang harus dimiliki setiap orang, khususnya anak muda. Kebutuhan membeli pulsa sudah sejajar sama dengan membeli makan. Bahkan karena perkembangan teknologi sekarang ini, banyak gadget canggih yang kemudian bermunculan dan merangsang konsumen membelinya.

Kamu juga pingin beli HP baru? Jangan buru-buru minta orangtua, dengan trik menabung ini kamu bisa membeli gadget dalam waktu 6 bulan.

Baca Juga : Gunakan 7 Cara Ini Agar Orangtua Yakin Sama Pilihan Kariermu!

1. Tetapkan dulu gadget yang sesuai kebutuhan, gak perlu harga mahal atau merek yang muluk-muluk.

Langkah pertama adalah cari ponsel yang sesuai kebutuhan. Ingat ya, yang sesuai kebutuhan dan bukan keinginan. Cari dengan harga paling terjangkau dan gak perlu merek yang bonafit tapi jangan juga yang terlalu murahan karena bakal cepat rusak. Kamu bisa tanya teman dan baca-baca dulu review di media sosial.

2. Bandingkan banyak toko supaya dapat harga termurah.

Setelah tahu merek dan seri ponsel yang ingin kamu beli, sekarang saatnya bandingkan harga. Jangan malas untuk cari info di internet dan juga kelilingi pusat hp di kotamu. Dari sini kamu bisa mendapatkan ponsel dengan harga terendah.

3. Sediakan toples khusus untuk menyimpan uangmu dan tempel dengan kata penyemangat.

Sediakan toples untuk menyisihkan uang. Jangan campur uangmu karena kemungkinan bakal terpakai untuk kebutuhan lainnya. Masukkan ke toples sendiri jika perlu beri gembok supaya gak kamu buka sesuka hati.

4. Komitmen pada diri sendiri dalam seminggu kamu harus bisa menyisihkan minimal Rp 70 ribu.

Kamu harus pasang target berapa jumlah uang yang harus disisihkan untuk membeli hp impian. Misalnya saja komitmen pada diri sendiri untuk mengumpulkan minimal Rp 70 ribu dalam seminggu.

Simulasinya :

Sebulan : 4 x 70.000 = Rp 280.000

6 bulan : 6 x 280.000 = Rp 1.680.000

5. Tiap punya pecahan 10 ribu langsung masukkan ke toples.

Ini juga bisa jadi cara jitu lainnya untuk menabung. Selain komitmen pada diri sendiri untuk menyisihkan nominal tertentu setiap minggunya, kamu juga bisa berjanji menabung pecahan uang tertentu. Misalnya saja, setiap kali menemukan pecahan 10 ribu di dompet atau kantong celana langsung dimasukkan ke dalam toples.

Baca Juga : Dengan 9 Tips Ini, Masa Kuliahmu Dijamin Bakal Nikmat!

6. Pangkas kebutuhan yang tak begitu perlu, seperti dana hiburan dan jajan camilan.

Untuk mendapatkan apa yang diinginkan memang butuh perjuangan. Kamu bisa memangkas kebutuhan yang gak begitu perlu untuk mengatasinya. Misalnya saja dana hiburan seperti nongkrong bareng teman, nonton ke bioskop, makan di kafe.

Kamu bisa mengurangi frekuensinya atau bahkan menggantinya dengan kegiatan lain yang lebih hemat. Misalnya saja ngopi film di warnet, nongkrong cukup di kos teman atau tempat lain yang lebih murah hingga manfaatkan wifi gratis supaya kamu gak perlu beli kuota.

7. Biasanya banyak provider yang menawarkan kredit ponsel dengan cara membeli pulsa tiap bulan.

Kredit bisa jadi salah satu cara supaya kamu memiliki ponsel baru. Meski kamu sudah sangat ingin, tapi kamu perlu selektif juga. Daripada kredit ke toko ponsel yang tentunya bakal memberikan bunga yang lumayan besar, kamu bisa mencoba kredit di provider tertentu.

Cara kreditnya pun terbilang aman. Kamu hanya harus membayarkan uang pulsa sebesar Rp 200-500 ribu tiap bulan selama 6 bulan atau 12 bulan. Selain untuk mengangsur hp, uang yang kamu bayarkan juga merupakan nominal pulsa yang bakal kamu dapatkan. Asik kan?

Sudah siap nabung?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar