5 Cara Cepat Adaptasi Pada Pekerjaan yang Tak Sesuai Jurusan Kuliah

jam-kerja-pns-bulan-puasa-dikurangi-2-jam

Hai Sobat ICampus! Setelah 4 tahun berjuang susah payah untuk menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah, kamu pasti ingin segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusanmu. Namun, terkadang kenyataan tidak selalu sesuai dengan harapan.

Akhirnya kamu malah mendapatkan pekerjaan di bidang yang tidak sesuai dengan ilmu yang didapat saat kuliah. Kekhawatiran pasti ada, karena kamu masih awam dengan dunia yang akan digeluti di tempat kerja.

Namun, jangan terus larut dalam ketakutan. Kamu juga bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan barumu selama melakukan 5 hal di bawah ini.

Baca Juga : 5 Tips Kurangi Tekanan pada Diri dalam Meraih Kebahagiaan

1. Stop merasa malu

Kebanyakan sarjana merasa gengsi saat harus bekerja di bidang yang berbeda dengan jurusan kuliahnya. Jika kamu juga merasa demikian, segera buang jauh-jauh rasa gengsimu.

Keadaanmu masih lebih beruntung dibandingkan para pengangguran yang belum mendapatkan pekerjaan. Daripada merasa malu, lebih baik kamu mengingat kembali motivasimu untuk bekerja.

Motivasi yang kuat akan menggiringmu untuk lebih semangat menekuni pekerjaanmu. Selain itu, berpikirlah positif bahwa mempelajari hal baru itu menyenangkan, wawasanmu meluas, dan keahlianmu semakin banyak.

2. Rajin bertanya pangkal pandai

Bersiaplah, karena kamu akan dijejali dengan berbagai ilmu baru dari bidang yang belum kamu pahami. Jika tempatmu bekerja tidak menyediakan fasilitas training untuk karyawan baru, mintalah atasan langsungmu untuk menjadi mentor.

Serap dan catat semua pelajaran yang disampaikan oleh mentormu. Jangan ragu untuk bertanya saat ada hal yang tidak kamu mengerti.

Akan lebih bagus kalau kamu memiliki pola pikir yang kritis. Sehingga, pertanyaanmu semakin berbobot dan ilmu yang kamu dapat lebih mendalam.

3. Lebih giat dari yang lain

Ingatlah bahwa kamu memulai pekerjaan dengan pengetahuan yang masih nol, berbeda dari rekan kerja lainnya yang sudah pernah mempelajari bidang tersebut saat kuliah. Tapi, jangan segera berkecil hati.

Faktanya, orang yang lebih tekun akan mengalahkan orang pandai yang malas. Jadi, kamu wajib belajar dan bekerja lebih giat agar bisa sejajar atau bahkan melebihi keahlian yang dimiliki rekan kerjamu.

Percaya saja, bahwa kerja kerasmu akan menuai keberhasilan di kemudian hari.

4. Bertemanlah dengan rekan kerjamu

Melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan impian dan passion memang akan membuatmu cepat bosan dan lelah. Solusinya, carilah cara yang bisa membuatmu lebih mencintai pekerjaan dan semangat bekerja.

Salah satu cara yang bisa kamu tiru adalah dengan memiliki teman di kantor. Berteman akrab dengan rekan kerja cukup ampuh untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di kantor.

Kamu jadi lebih nyaman dan betah berada di tempat kerja karena dikelilingi oleh teman-temanmu sendiri. Memiliki relasi yang erat dengan rekan kerja juga berguna bila sewaktu-waktu kamu memerlukan bantuan mereka.

Baca Juga : 5 Langkah Sederhana Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Perubahan Diri 

5. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan kantor

Mungkin sedikit ada perasaan kecewa karena kamu tidak bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dari dunia kuliah. Namun, kemampuan softskill yang kamu peroleh dari pengalaman berorganisasi saat menjadi mahasiswa bisa tetap kamu praktikkan di dunia kerja, lho.

Caranya, coba ikutlah berpartisipasi menjadi panitia dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh kantormu. Selain kemampuan berorganisasimu dapat tersalurkan, kamu juga akan mendapatkan nilai lebih karena menjadi karyawan yang aktif.

Jadi, tidak usah merasa malu atau takut karena pekerjaanmu tidak sesuai dengan jurusan kuliah. Lakukan 5 cara di atas dan kamu pasti akan bisa beradaptasi dengan lingkungan barumu.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar